Monday, 25 February 2013

Berbagi Kebahagiaan Melalui Undangan Pernikahan Online

Berbagi Kebahagiaan Melalui Undangan 
Pernikahan Online


Undangan pernikahan dari waktu ke waktu selalu mengalami perubahan. Zaman baheula, sebelum ada tulisan, cara mengundang dilakukan secara lisan, dari mulut ke mulut #bukan denotasi. Setelah orang Tionghoa menemukan kertas, pergeseran mulai terjadi. Sedikit demi sedikit orang mulai menggunakan media kertas sebagai cara yang lebih efisien. Nggak perlu ribet ke sana ke mari mencari alamat, tinggal cetak dan kirim. Sekarang, setelah hampir semua orang keranjingan gadget dan internet, pergeseran pun kembali terjadi. Undangan yang sedianya dibuat dari kertas, mulai beralih menjadi undangan online berbasis web.

Maraknya sosial media, menjadi pelopor munculnya undangan berbasis web. Saya ingat betul, pertama kali mendapat undangan pernikahan online melalui akun facebook. Kesan pertama yang timbul adalah "wow" dan "shock". "Wow" takjub karena zaman ternyata sudah berubah dan "Shock" karena saat itu mengundang orang lain melalui jejaring sosial saya rasa kurang begitu sopan. Namun seiring berjubelnya pengguna jejaring sosial di Indonesia, undangan lewat jejaring sosial menjadi hal yang biasa dijumpai saat ini.      

Ketika terjadi perubahan kebiasaan, pasti akan ada pergolakan. Saat ini, undangan pernikahan online memang belum sepopuler undangan biasa dan masih digunakan sebagai pelengkap undangan konvensional (kertas). Penyebabnya  karena tingkat formalitas undangan via website masih dirasa kurang dibandingkan undangan konvensional. Dulu, teman saya juga berpikir seperti itu. Dia bilang nggak sreg kalau ngundang teman lewat facebook. Akhirnya, untuk mengundang teman yang jauh, dia mengirim surat undangan melalui jasa pos. Cukup ngerepotin lho, apalagi kalau teman kita ternyata nggak tinggal di tempat yang dituju. Ditambah lagi, jumlah undangan yang banyak, bukan satu atau dua undangan. Ribet!

Untuk menjawab kehausan konsumen terhadap undangan online yang canggih, lengkap dan formal, datangya.com memberikan solusinya. Undangan pernikahan online yang ditawarkan memiliki banyak sekali fitur yang up to date, namun tetap elegan. Daripada penasaran, ini dia penampakan undangan pernikahan online datangya.com

Undangan Online datangya.com
Seperti sering disebutkan di situs datangya.com, undangan pernikahan online bukan hanya sekedar life style atau trend, tapi menjadi suatu kebutuhan di tengah masyarakat yang mobile. Indonesia itu kan luas, dari Sabang sampai Merauke, internet juga sudah nggak asing lagi. So, menjadikan  undangan online sebagai suatu kebutuhan bukan hal yang berlebihan.

Pertanyaannya sekarang, keuntungan apa saja yang kita peroleh kalau membuat undangan pernikahan online di datangya.com?
  1. Lebih praktis & efisien daripada undangan biasa. Praktis & efisien karena : 
    - Biaya pembuatannya murah, hanya Rp250.000,- per account user
    - Paperless sehingga mendukung pelestarian alam dan gerakan go green
    - Waktu pengerjaannya relatif cepat. Cukup 15 s.d. 20 menit website undangan sudah jadi
    - Praktis tidak perlu membuat website sendiri. Jika ingin menggunakan domain dengan nama khusus, datangya.com siap melayani
    - Masa aktif account cukup lama, mulai berlaku pada saat publish sampai dengan 30 hari setelah tanggal resepsi.
    - Sangat mudah diakses dari smartphone karena datangya.com sudah diset untuk mobile theme (m.datangya.com). Selain itu, notice tanggal hari H akan otomatis terpasang di hand phone Anda, menjadi reminder pada saat tanggal pernikahan.
    - Terdapat fitur share media social yang membantu Anda membagikan url undangan pernikahan dalam sekejap mata.
  2. Undangan berbasis web yang bersifat formal
    Komposisi dari undangan pernikahan online datangya.com tidak jauh berbeda dengan undangan biasa. Malahan undangan pernikahan online lebih komplet karena dilengkapi fitur canggih sesuai teknologi masa kini. Fitur-fitur yang cukup menarik diantaranya : 
    - Penambahan kata-kata mutiara atau ayat-ayat dari kitab suci
    - Peta dan denah lokasi resepsi dalam bentuk sketsa manual atau google maps
    - Halaman list nama-nama keluarga yang diundang
    - Buku tamu yang terintegrasi dengan akun facebook
    - Fitur Special invite kepada special person. Fitur ini diberikan untuk menambah formal undangan dan bentuk rasa hormat kepada penerima undangan. Special invite dilakukan dengan menambahkan nama penerima pada url account Anda. Contoh Budi dan Siti mengundang Yth Dewa Matahari, maka url special invite menjadi www.datangya.com/budi_siti/to/dewamatahari. Tampilan undangan pun akan ikut menyesuaikan dengan mencantumkan nama lengkap penerima.
    - Fitur private. Fitur ini mengunci situs Anda dari akses pengguna internet di luar orang yang Anda kehendaki. Mengacu pada fitur special invite, orang lain yang tidak mendapatkan kiriman url khusus (special invite) dan hanya tahu link path website Anda, mereka tidak akan bisa melihat tampilan website undangan online Anda. Fitur ini diberikan guna memenuhi aspek personal tiap orang yang hanya ingin website undangan pernikahannya dilihat orang-orang yang dikehendaki.   
  3. Efektif & tepat sasaran karena langsung ditujukan kepada si penerima
    Masalah mobilitas penerima undangan akan tertangani karena link undangan pernikahan akan dikirimkan langsung melalui sms atau jejaring sosial. Tidak perlu takut penerima lupa tanggal resepsi atau tidak membaca undangan karena terdapat fitur hitung waktu mundur dan hit counter. Hitung waktu mundur mengingatkan kita berapa lama lagi acara akan dimulai dan hit counter menghitung secara otomatis jumlah pembaca undangan kita. 

  4. Undangan dibuat fleksibel dan variatif menyesuaikan dengan keinginan pengguna
    Tema undangan pernikahan sangat banyak dan selalu diperbarui. Anda bisa membuat undangan dengan konsep yang Anda inginkan, misalnya tema bermain musik, kebun dan motor club. Fitur lain dapat Anda tambahkan yaitu background musice, love story dan slide foto prewedding. Nama path url pun dapat Anda tentukan sendiri sesuai keinginan. Misalnya www.datangya.com/resepsi_budisiti.  
  5. Garansi uang kembali jika pernikahan dibatalkan
    Garansi diberikan sebesar Rp250.000,- jika pernikahan ternyata dibatalkan. Biaya lain di luar itu, misalnya biaya tambahan untuk menggunakan domain khusus tidak dapat dikembalikan. Mudah-mudahan nggak pada gagal nikah ya.
  6. Ketika Anda membuat undangan di Datangya.com, misalnya dengan nama url datangya.com/budi_siti sebenarnya mengandung suatu pengarapan doa. "Datang ya ke pernikahan Budi dan Siti" Mungkin begitulah ucapan sang punya hajat ketika website pernikahannya dibaca penerima undangan. Dengan konsep tersebut, kita berharap penerima undangan akan merasa sangat dihargai dan datang ke pernikahan Budi dan Siti.
Gimana, masih mikir untuk buat bikin undangan online di datangya.com? Dengan penjelasan di atas saya yakin teman-teman tertarik membuat undangan pernikahan online. Bagi yang akan segera menikah, semoga segera terlaksana dan berjalan lancar. Bagi yang belum, namun sudah siap fisik dan mental harus disegerakan! #ngomong sama cermin.

Upil-log
Ketika saya mendapat undangan pernikahan atau menghadiri resepsi pernikahan,  pertanyaan pertama yang muncul adalah "Kapan giliran saya menjadi raja sehari bersama permaisuri?" Mungkin cuma rumput yang bergoyang yang tahu #sigh. Jujur, sempet takjub ketika tahu ada jasa pembuatan undangan pernikahan online. Terlihat keren dan praktis. Istilahnya si pembuat undangan memang niat untuk mengundang kita. Jadi kepengen buat kalau nanti nikah. Doakan saya teman-teman pembaca!