Friday, 16 December 2016

Lotek Ceuceu di Jl. Pahlawan, Garut


Lotex? Loteks? Lotecs?

Lotek dan karedok merupakan makanan khas Jawa Barat. Lotek dan karedok itu bak kembar identik namun berbeda kelamin.  Makanan ini terdiri dari berbagai macam sayuran lalu dicampur kuah kacang yang gurih. Yang membedakan antara lotek dengan karedok hanya pada jenis sayuran yang digunakan. Lotek menggunakan sayuran yang sudah diolah, biasanya dikukus. Sedangkan karedok menggunakan sayuran mentah.

Lotek Ceuceu Garut

Lotek ceuceu + nasi.  Oh my?



Pun begitu dengan lotek Ceuceu yang berada di gang sempit di jalan Pahlawan, Garut. Walaupun tempatnya kecil, tapi pengunjung akan memadati warung ini terutama pada jam kerja. Selain karena harganya yang lumayan murah, rasa lotek dan karedok ceuceu ini juga enak.


Aneka sayuran yang digunakan terdiri dari kacang panjang, kol, tauge, ketimun, kangkung dan kentang (dihancurkan). Ditambah garam, gula merah cair, kencur dan kemangi, membuat lotek-karedok Ceuceu legit dan berbumbu kental. Jika Anda suka pedas, bisa ditambah cabe rawit. Pasti Ceuceu nanya di awal, mau berapa cabenya. Di sini, semua bumbu diulek, bukan disiram. Dijamin berbeda racikannya untuk setiap ngulek. 

Jalan sempit masuk ke warung Ceuceu
Karedok

Buka setiap hari kerja kantoran saja, Warung ini memang menjadi langganan para pegawai di kompleks pemerintahan Kabupaten Garut.  Selain lotek dan karedok, ada juga aneka gorengan dan jajanan manis. Pilihan pas, saat kantong kempis. Hehe..

Ini dia Si Ceuceu
- Wilujeng Tuang -