Friday, 16 December 2016

RM Kenanga, Kuliner Ayam Ramaikan Lebak Jero


Satu lagi tempat makan yang selalu disesaki penggemarnya, RM kenanga atau teman saya sering menyebutnya RM Lebak Jero.

Terletak di dekat perbatasan Garut-Bandung, tidak menyurutkan banyak orang untuk singgah ke tempat ini. Malahan, RM Lebak Jero dijadikan transit warga menuju atau dari arah Garut-Bandung mengisi bahan bakar perut masing-masing.

Pengen tahu dimana lokasi persisnya?Lokasinya setelah gapura selamat datang di Kab Garut (kalo dari arah Garut), sebelum check point bus primajasa. Memang gak ada baliho besar yg nunjukin merk RM Kenanga. Tapi, padatnya mobil yg parkir menjadi ciri khas tempat makan ini. Rame banget!

Ada 3 hal yang bikin saya ketagihan makan di sini :
1. Sambal tomat yg bikin melek mata
2. Ayam gorengnya yang khas
3. Petai goreng atau peuteuy dan lalapan sunda lainnya. 

Sambalnya dahsyat
Sambalnya dijamin nagih. Terdiri dari Irisan tomat, cabe rawit dan bumbu lainnya. Pedas, segar, gurih. Sangat pas ketika dimakan dengan ayam goreng.
Potongan tomat masih terlihat utuh. Jadi sambalnya bertekstur karena nggak diulek halus.

Ayamnya khas 
Aroma ayamnya sangat khas. Entah dibumbui pake apa. Kalau saya boleh nebak-nebak, ayam kampung di sini digoreng pakai minyak kelapa (disebut minyak keletik di daerah Sunda). Selain ada ayam kampung, tersedia juga bebek goreng, belut, burung dara dan babat.

Perkedelnya maknyus
Jagoan baru RM Kenanga adalah adanya perkedel kentang. Pertama kali saya ke sini, si perkedel kentang belum mejeng di etalase menu. Perkedelnya guede banget. Rasa lada putih dan bawang sangat terasa. Garing di luar, lembut dan basah di dalam.


Peuteuy goreng
Hmmm.. Makan masakan sunda nggak akan lengkap kalo nggak ada lalapan. Kudu bin wajib ada bintang lalapan yaitu peuteuy a.k.a petai. Petai goreng dipadu sambal tomat atau sambal terasi bikin mulut nggak mau berhenti ngunyah hahaha. (Khusus pecinta petai)


Nilai 8.5/10 kayaknya pantas disematkan di RM Kenanga ini. Harganya pas, cukup terjangkau. Pelayanannya pun lumayan cepat, serta aneka lauknya beragam. 

Buat kamu yang sering bolak-balik Garut-Bandung, nggak ada salahnya singgah di RM Kenanga. Menikmati kuliner Sunda di perbatasan Garut-Bandung.

Wilujeng Nyobian 😁