Tuesday, 26 September 2017

Enaknya Ayam Garang Asem Singaparna Tasikmalaya

Warung Nasi Solo Mbak Dwi
Makan siang hari ini enaknya makan yang seger-seger. Masakan yang berkuah, gurih, asam sama pedas. Teroretoret, pilihan yang tepat adalah makan ayam garang asam. 

Konon, kata temen saya yang orang Jawa, garang asam di Singaparna ini lebih enak daripada garang asam yang ada di Solo. Entah karena banyak mecin atau apa,  saya ga paham. Saya sih belum nyoba garang asam di Solo.

Olrait, warung makan ini ada di jalan Pemda, dekat kompleks kantor pemerintahan Kabupaten Tasikmalaya di Singaparna. Memang jalannya bukan di jalur utama, masuk-masuk dikit. Seberang rumah makan pantai dadaha. Dekat dengan masjid agung Singaparna. Tempatnya pun nggak mevvah, malah sederhana. Mungkin orang Singaparna sendiri juga nggak tahu kalau di sini ada ayam garang asam.



Suasana tempat makan
Penampakan Garang Asam
Masakan garang asam sebenarnya mirip pepes ayam. Tapi ditambah irisan tomat ijo, daun salam, lengkuas dan lain lain. Bedanya, kalo garang asam itu berkuah.Dan enak dimakan waktu panas-panas, maksudnya kuahnya panas. Irisan tomat ijo dan cengek/cabe rawit jadi senjata andalan rasa asam dan pedas. Ada juga buih-buih putih yang mirip santan/telur putih yang saya juga ga tahu itu apa, tapi bikin kuah gurih heuheu..

Menu lain
Nasi tumis Paria/pare, kikil, martabak mini
Selain garang asam, ada menu lain khas warung nasi biasa. Jengkol, kikil, tumis kacang merah, tumis paria dan kawan-kawan. Satu lagi yang enak adalah lumpia/martabak mini isi telur dan daun bawang. Hmm enak serius. Harga ayam garang asam dibanderol Rp21.000. Lumayan murah untuk olahan ayam kampung yang uenak dan sueger hehe...

Cengek pedas
Lumpia 



Jadi, kalau kalian bingung mau kuliner apa di Singaparna, Tasikmalaya, selain kupat tahu Mangunreja, mangga cobain ayam garang asam Solo ini sama martabak mininya. Dijamin ngeunah #bukanpromosi. Jangan terlalu siang ya, suka kehabisan soalnya. Wilujeng kulineran.

Note: kalau takut kehabisan, bisa pesan dulu via telepon ke nomor ini 085223424373.
Garang Asam, pepes ayam khas Solo