Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kuliah Jurusan Kesehatan: Kampus dengan Jurusan Rekam Medis di Bandung


Jurusan Rekam Medis?

Apakah teman-teman pernah mendengar jurusan ini? Mungkin jurusan rekam medis gak sepopular jurusan kedokteran, keperawatan atau kebidanan ya. Tapi peran perekam medis cukup penting saat ini, khususnya dalam pengelolaan dokumen riwayat penyakit dan tindakan medis pasien, juga untuk klaim BPJS di klinik/rumah sakit. 


Kampus yang menyediakan jurusan rekam medis pun belum banyak. Jadi, bagi teman-teman yang masih bingung memilih jurusan apa untuk kuliah dan berminat bekerja di dunia kesehatan, tapi gak suka bekerja di bidang teknis merawat pasien, bisa mencoba berkuliah di jurusan ini. Karena masih belum sepopular jurusan kesehatan lain, kemungkinan kebutuhan tenaga perekam medis ini lebih besar. Artinya, peluang kerjanya ke depan pun menurut saya cukup bagus. Apalagi jumlah rumah sakit/klinik terus menerus bertambah.


Berikut ini saya bagikan informasi tentang kampus yang menyediakan jurusan rekam medis di sekitar Bandung, dan tambahan kampus di Tasikmalaya (nomenklatur/istilah jurusan berbeda-beda di tiap kampus). Check it out!


1. Akademi Perekam Medis dan Informatika Kesehatan Bandung (APIKES Kota Bandung)



Alamat: 
Jl. Muararajeun Lama No. 51 Bandung 40122 (dekat Pusdai Kota Bandung)
Telp. 022 – 20527666 / 0821-1587-2226

Sumber: https://www.banpt.or.id/direktori/prodi/pencarian_prodi.php


Akreditasi
Apikes atau Akademi Perekam Medis dan Informatika Kesehatan merupakan sebuah kampus swasta yang terletak di pusat kota Bandung. Kampus ini menyediakan pendidikan diploma tiga perekam medis dan informasi kesehatan, dengan akreditasi BANPT "C".

Syarat Pendaftaran:
  • Warga Negara Indonesia
  • Lulusan SMA/MA/SMK/Paket C

Biaya:
Biaya pendaftaran sebesar Rp475.000, untuk biaya pendaftaran, Tes Akademik dan Tes Kesehatan. Biaya pada saat registrasi mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021 adalah Rp6.950.000,-. Sedangkan biaya per semester sebesar Rp4.570.000,- dan bisa diangsur.


Tanggal Tes:
Jadwal tes resmi dan ter-update bisa dilihat di website resmi Apikes. Gelombang I kemungkinan dilaksanakan pada bulan Januari-Maret 2021, sampai dengan gelombang III yang berakhir di bulan September 2021. Dicatat ya atau pasang alarm supaya gak lupa.

Sumber: http://pmb.apikesbandung.ac.id/#pendaftaran


Materi yang diujikan pada Seleksi PMB:
Pelaksanaan ujian secara daring menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test). Untuk mengikuti ujian daring, peserta harus menggunakan perangkat berupa laptop. 

Terdapat tes tertulis (TPA, Bahasa Inggris, Pengetahuan Umum) dan tes kesehatan.

Apakah ada beasiswa di APIKES Bandung?
APIKES Bandung menerima pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur KIP kuliah Kemdikbud, dan juga calon mahasiswa kurang mampu dan berprestasi yang mendapatkan bantuan Bagi Mahasiswa yang Kurang mampu dan Berprestasi dari Dinas Pendidikan Kota Bandung, Kemdikbud dan Juga Instansi Lainnya.


2. Politeknik PIKSI Ganesha, Kota Bandung



Alamat
Alamat : Jl. Jend. Gatot Subroto No. 301, Bandung 40274 (di kota guys, dekat Trans Studio Bandung)
Email : piksiganeshaonline@gmail.com
Telepon : (022) 87340030

Akreditasi




Akreditasi BAN PT untuk jurusan D-III Rekam Medik dan Informasi Kesehatan serta D-III Manajemen Pelayanan Rumah Sakit adalah "B". Ada juga program Diploma IV Informatika Rekam Medis.

Syarat Pendaftaran
  • Membayar biaya pendaftaran.
  • Foto Copy Ijazah/Surat Keterangan Lulus min. SMA/Sederajat (bisa menyusul))
  • Foto Copy Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU) dan bisa menyusul
  • Pas Foto berwarna 2x3 dan 3x4 masing-masing 3 lembar
  • KHS/Transkrip Nilai (khusus pindahan/lanjutan)
  • Mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan
Biaya
  • Manajemen Rumah Sakit (MRS) hanya 750 rb/bln
  • Rekam Medis & Info.Kesehatan (RMIK) hanya 750 rb/bln
  • Informatika Rekam Medis (IRM) hanya 750 rb/bln


Daftar lulusan Poltek Piksi Ganesha yang diterima sebagai CPNS. Kebanyakan lulusan D III Perekam Medis dan akreditasi jurusan B. 


Tanggal Tes, Materi yang Diujikan, Beasiswa
Info lebih lanjut bisa teman teman pantau di web resmi Poltek Piksi Ganesha atau akun instagram @piksi_ganesha. Biasanya kampus swasta membuka beberapa gelombang pendaftaran mahasiswa baru. 


3. Politeknis TEDC, Cimahi Jawa Barat




Alamat
Jl. Politeknik - Pesantren Km 2, Cibabat - Cimahi Utara, Kota Cimahi - Indonesia
Kode Pos 40513
Telepon +62226645951
E-mail info@poltektedc.a.id


Akreditasi


Politeknik TEDC Cimahi menyediakan program Diploma III Rekam Medik dan Informasi Kesehatan dengan akreditasi BAN PT "C"


Syarat Pendaftaran


  1. Fotokopi ijazah SMA/sederajat
  2. Surat Keterangan Sehat
  3. Pas foto
  4. Kartu Keluarga
  5. Akta Kelahiran
  6. KTP/SIM

Biaya


Biaya awal untuk program D III Rekam Medik adalah DSP Rp4.500.000,- dengan SPP per semester Rp5.000.000,-. Biaya SPP dan DSM dibayar 50% saat registrasi awal; 25% saat UTS; dan 25% saat UAS.


Tanggal Tes & Materi yang Diujikan
Pembukaan tes pada: 
  1. Gelombang I: Januari-Maret
  2. Gelombang II: April-Juni
  3. Gelombang III: Juli-Agustus
Info lebih lanjut bisa teman teman pantau di web resmi Poltek TEDC (pmb.poltektedc.ac.id) atau akun instagramnya @politekniktedc.


Beasiswa
Tersedia beasiswa dari yayasan khusus kelas regular.

 

4. STIKES Santo Borromeus, Kab.Bandung Barat



Alamat
Jl. Parahyangan Kavling 8 Blok V No.1, Kota Baru Parahyangan, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat  40213. Telp (022) 6803961.

Akreditasi


Stikes Borromeus merupakan kampus yang menyediakan Program Perekam dan Informasi Kesehatan yang bernuansa agamis Katolik (izin koreksi ya, kalau saya salah). Program Diploma III Perekam dan Informasi Kesehatan memiliki akreditasi BAN PT "B".

Syarat Pendaftaran
  1. Memiliki ijazah SMA/sederajat semua jurusan, SMK Kesehatan/SMK Farmasi
  2. Berbadan sehat, tidak buta warna, dan tidak cacat fisik

Biaya
Biaya pendaftaran Rp150.000,- 

Tanggal Tes
Pelaksanaan tes tertulis dilaksanakan setiap hari. Sebagai contoh, untuk tahun 2020, pembukaan pendaftaran dibuka sampai dengan gelombang III: 1 Juli - 7 September 2020. Info lebih lanjut bisa teman teman pantau di web resmi Stikes Borromeus atau akun instagram @stikesborromeus.

Materi yang Diujikan
  1. Tes Potensi Akademik
  2. Bahasa Inggris
  3. Wawancara
  4. Tes Kesehatan jika lulus tes tertulis

Peluang Karir



Peluang karir bagi lulusan Stikes Borromeus yakni bisa bekerja di rumah sakit Borromeus group seperti RS Santo Borromeus, RS Santo Yusup, RS Sekar Kamulyan, RS Cahya Kamulyan.

5. Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Tasikmalaya



Alamat
Kampus Cilolohan (Luas 35.725 M2) Jln. Cilolohan No. 35, Kel.Kahuripan, Kec. Tawang, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat 46115 untuk D III Perekam Medis dan Informasi Kesehatan Kampus Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya.

Kampus Pemuda (Luas 19.000 M2) Jl.Pemuda No.38, Kel. Sunyaragi, Kec.Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45132 untuk D III Perekam Medis Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya Kampus Cirebon.


Akreditasi


Akreditasi BAN PT "B" Program Diploma III Perekam Medis dan Informasi Kesehatan baik Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya kampus Tasikmalaya maupun kampus Cirebon. 



Syarat Pendaftaran dan Tanggal Tes
Ketentuan pendaftaran dan tanggal tes bisa dicek di web resmi Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya http://sipenmaru.poltekkestasikmalaya.ac.id/. Karena kampus ini merupakan kampus kesehatan di bawah naungan Kementerian Kesehatan, maka sistem seleksi dilakukan secara nasional bersama-sama (Seleksi Bersama/Simama Poltekkes Kemenkes) untuk seluruh Poltekkes Kemenkes di seluruh Indonesia. Ada jalur seleksi rapor (PMDP) dan tes tulis. Khusus tahun 2020, seleksi tertulis diganti dengan seleksi portofolio rapor. Selain itu, biasanya ada juga jalur mandiri yang diselenggarakan oleh tiap-tiap Poltekkes.


Biaya


Info lebih lengkap bisa dicek/ditanyakan kepada narahubung ya guys. Tapi kalau lihat biaya kuliah D III perekam medis dan informasi kesehatan tingkat II semester ganjil adalah sebesar Rp3.700.000. Menurut saya biaya kuliah per semester tidak jauh dari angka 3-4 jutaan. Biaya yang cukup murah karena  memang termasuk kampus negeri/milik pemerintah. Jadi, jangan heran jika keketatan yang lulus tes pun cukup besar (bersaing ketat, belajar yang rajin ya).


Materi yang Diujikan
Materi tes yang diujikan untuk seleksi tertulis yaitu: Matematika, B.Indonesia, B.Inggris, Biologi, Kimia, Fisika, dengan jumlah 100 soal. Saya gak tahu apakah tahun 2021 akan diadakan tes tertulis atau akan dilakukan seleksi rapor lagi seperti tahun 2020.  

So, silakan memilih kampus sesuai kemampuan, lokasi, dan biaya ya teman-teman. Pertimbangkan juga akreditasi, apalagi kalau kamu bercita-cita ingin menjadi PNS karena kalau tidak salah ada syarat akreditasi kampus minimal "B". Semoga sukses menjadi ahli perekam medis!

***

Posting Komentar untuk "Kuliah Jurusan Kesehatan: Kampus dengan Jurusan Rekam Medis di Bandung"