Sunday, 29 January 2012

Pelatihan Keterampilan Gratis Badan Diklat Kab. Sukabumi


Pelatihan Keterampilan Gratis Badan Diklat
Kabupaten Sukabumi

Kemungkinan sedang Diklat Prajab di Badan Diklat Kab. Sukabumi
Jadi pengangguran itu memang nggak enak gan #curhat. Apalagi jika kita tidak punya keahlian atau keterampilan. Saya ingat, dulu ketika baru lulus SMA, beberapa teman saya menunda melanjutkan kuliah karena berbagai hal seperti faktor biaya, belum lolos di perguruan tinggi yang diincar dan lain-lain. Sambil mengisi kekosongan, beberapa dari mereka mengatakan sudah mengikuti pelatihan GRATIS di Badan Diklat Kab. Sukabumi yang terletak di daerah Cantayan, sebelum Raflesia kalau tidak salah. Jika kita berasal dari arah Cibadak/Bogor, maka Badan Diklat terletak di sebelah kiri. Pelatihan keterampilan yang mereka ikuti adalah pelatihan komputer karena kami lulusan SMA. Ada juga diklat mengenai listrik dan automotif yang diperuntukkan (lebih diprioritaskan) bagi lulusan SMK/STM.



Tidak ada salahnya mengeluarkan ongkos untuk mengikuti pelatihan karena hal ini akan membantu meningkatkan keterampilan kita. Selain itu, Anda akan mendapat sertifikat pelatihan yang mudah-mudahan dapat membantu mencari pekerjaan. Atau jika Anda punya modal, setelah mengikuti pelatihan dapat langsung membuka lapangan kerja baru yakni berwirausaha. Selain pemberian pelatihan, terdapat juga program lain misalnya kegiatan magang di luar negeri salah satunya di Jepang, penyaluran informasi kerja sesuai keahlian dan lain-lain. Namun yang lebih penting, kita akan membuka koneksi baru, menambah kenalan dan rekanan yang mungkin saja dapat membantu Anda memperoleh pekerjaan/menjadi pengusaha.

Sebagai sebuah lembaga pendidikan dan pelatihan milik pemerintah, tentu Badan Diklat memiliki program dan biaya yang sudah dianggarkan setiap tahunnya. Sebagai rakyat yang baik, dengan mengikuti pelatihan gratis tersebut kita dapat membantu para aparat disana menuntaskan program kerjanya agar sesuai dengan sasaran (tidak digunakan untuk hal-hal pribadi) --> Opini. Berikut ini informasi mengenai Badan Diklat Kabupaten Sukabumi (alhamdulillah tidak didirikan di Pelabuhan Ratu seperti Polres, jauh..hehe.).

Informasi ini saya peroleh dari facebook Badan Diklat, Anda bisa meluncur langsung ke fan page nya (ada di bawah). Informasi pelatihan ini merupakan informasi tahun 2011, namun mudah-mudahan dapat menjadi acuan informasi bagi yang berminat mengikutinya di tahun berikutnya.

Selamat Membaca
 Silakan diingat kapan waktu pelatihan biasa diselenggarakan

Badan diklat adalah lembaga pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi yang dibentuk untuk melayani masyarakat, khususnya di bidang pendidikan dan pelatihan. Pelatihan dan pendidikan yang diberikan tidak hanya diklat untuk aparatur pemerintah, namun diberikan juga kepada masayarakat luas. Masyarakat dapat memperoleh informasi yang berkaitan dengan hal tersebut secara penuh dengan cara konsultasi melalui lembaga.Berikut ini kontak dan alamat singkat Badan Diklat Kab. Sukabumi.
Situs web http://www.kabupatensukabumi.go.id merupakan situs umum Kabupaten Sukabumi. Informasi rinci mengenai jadwal pelatihan lebih update diperoleh melalui Facebook Badan Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Sukabumi.


# Program yang dijalankan
1. Program Pendidikan Kedinasa
2. Program Peningkatan Kualitas Dan Produktifitas Tenaga Kerja

Sertifikat Badan Diklat dari Lembaga Administrasi Negara (LAN)

Foto di atas merupakan foto sertifikan Badan diklat yang diberikan oleh Lembaga Administrasi Negara. Hal ini dapat menjadi salah satu bukti kredibilitas dan keabsahan pelatihan dan pendidikan di Badan Diklat Kab. Sukabumi (#Opini).

Salah satu program yang diprakarsai Badan Diklat adalah program pemagangan. Berdasarkan seleksi yang dilakukan pada tahun 2011 diperolehlah salah satu peserta Pemaganan pada PT. KOMATSU Indonesia yaitu Muhamad Miftah; Sub. Kejuruan (otomotif); Ket: Join 07 September 2011.

A. Berikut ini salah satu contoh informasi mengenai pendaftaran pelatihan keterampilan sub Kejuruan Las Listrik dan Mobil Bensin  tahun 2011.
  1. Telah dibuka Pendaftaran Pelatihan Keterampilan Masyarakat di Badan Diklat Kab. Sukabumi untuk sub kejuruan Las Listik dan Mobil Bensin (otomotif). 
  2.  Pendaftaran dibatasi sampai dengan hari Jumat tanggal 9 september 2011.
  3. Persyaratannya Cukup membawa : 
  • Fotocopy KTP ( 1 lembar)
  • Fotocopy STTB (1 lembar) 
  • Fotocopy AK1 (Kartui kuning dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi terletak di daerah dekat Lembur Situ)
  • Pas photo ukuran 3x4 (2 lembar). 
  • Usia dibatasi sampai usia 25 tahun
  • Lama pelatihan adalah 480 Jam Pelatihan (48 hari kerja) dari hari Senin-  Sabtu, mulai pukul 07.30-15.30
  • Setelah selesai pelatihan dan dinyatakan lulus, peserta akan diberi sertifikat tetapi tidak dijanjikan utk penempatan kerja. Namun tidak menutup kemungkinan alumni pelatihan keterampilan akan mendapatkan kesempatan diikutsertakan dalam seleksi kerja di beberapa perusahaan yang sudah bekerjasama dengan Badan Diklat. Hal ini sangat bergantung pada permintaan pihak perusahaan. 
  • Alhamdulilah pelatihan ini gratis tidak dipungut biaya speserpun karena biaya ditanggung 0leh APBD kab. Sukabumi. Alamt kantor kami ada di Jl. Raya Kadupugur Km. 10,4 Cicantayan-sukabumi,
Pameran Ketenagakerjaan
 
B. Berikut ini salah satu contoh informasi mengenai pendaftaran pelatihan keterampilan sub Kejuruan Las Listrik dan Mobil Bensin  tahun 2011.
Badan Diklat Kabupaten Sukabumi Tahun Anggaran 2011 dalam upaya Peningkatan Kualitas dan Produktivitas Tenaga Kerja membuka kesempatan kepada warga Kabupaten Sukabumi, usia maksimal 24 Tahun untuk mengikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi yang akan dibuka dalam 2 (dua) angkatan :

Dibutuhkan :

1. ANGKATAN I
SUB. KEJURUAN : Las Listrik , Mesin Logam, Instalasi Listrik.

2. ANGKATAN II
SUB. KEJURUAN : Las Listrik, Sepeda Motor, Elektronika, Menjahit, Operator Komputer, Teknik Gambar.
  • Pendaftaran tanggal 29 Maret s/d 06 April 2011, Jam : 09.00-12.00 WIB
  • Tidak dipungut Biaya
  • Tempat Pendaftaran di Badan Diklat Kabupaten Sukabumi
  • Dengan membawa Persyaratan :
  1. Foto Copy STTB Minimal SMA/Sederajat Kecuali untuk Sub Kejuruan Menjahit Minimal SMP/ Sederajat
  2. Foto Copy AK I (Kartu Kuning)
  3. Pas Poto Berwarna 3x4 (2 Lembar)
  4. Foto Copy KTP
  • Informasi lebih lengkap hubungi: 
BADAN DIKLAT KABUPATEN SUKABUMI
BIDANG LATIHAN KETERAMPILAN MASYARAKATJalan Raya Kadupugur Km.10,4 Telp.(0266)531872
Kec.Cicantayan - Sukabumi


Pelatihannya seperti apa? Bagus nggak? Katanya para pendidiknya sudah bersertifikat sesuai kompetensi masing-masing.
Sebagai upaya meningkatkan kualitas penyelenggaraan diklat, Badan Diklat Kabupaten Sukabumi telah memiliki aparatur yang bersertifikat sbb :
1. SERTIFIKAT KOMPETENSI ASESOR.
Sebanyak 19 (sembilan belas) orang tenaga fungsional Instruktur Latihan Kerja dari berbagai kejuruan telah memiliki sertifikat kompetensi asesor dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk unit kompetensi :
> TAAASS 401 C
> TAAASS 402 C
> TAAASS 403 B
pada bidang pekerjaan : Asesmen/uji kompetensi.

2. SERTIFIKAT KOMPETENSI TEKNIS
Sebanyak 14 (empat belas) orang tenaga Instruktur dan staf telah memiliki sertifikat kompetensi teknis pada bidang pekerjaan sbb ;
2.1. Operasi Mesin dan Proses ( 2 orang )
2.2. Instalasi Listrik ( 5 orang )
2.3. Technical Support / Telematika ( 3 orang )
2.4. Advance Office / Telematika ( 3 orang )
2.5. Basic Office / Telematika ( 4 orang )
2.6. Automotive Service ( 1 orang )
2.7. Carpenter ( 3 orang )
2.8. Operator mahir menjahit ( 1 orang )

3. SERTIFIKAT TRAINING of TRAINERS EXPERIENTIAL EDUCATION
Sebanyak 15 (lima belas) orang aparatur Badan Diklat Kab.Sukabumi telah memiliki Sertifikat
sebagai pembina/pelatih Outbound


__Semoga Bermanfaat__