Sunday, 5 February 2012

SMA Dwiwarna Boarding School Parung Bogor

SMA Dwiwarna Boarding School Parung Bogor


I. Sejarah
Diawali dari pengajian rutin yang dilaksanakan di Jalan Daksa II No. 7, yang dipimpin oleh Ibu Ratjih Natawidjaja, yang anggotanya terdiri dari tokoh masyarakat, ulama, dan para pengusaha, tercetuslah suatu ide untuk membentuk suatu lembaga yang bergerak di bidang pendidikan dan pembinaan ketakwaan.

Pengajian itu dilakukan secara rutin, dengan mendatangkan beberapa penceramah yang sangat terkenal dan memiliki kemampuan yang tinggi dalam berbagai disiplin ilmu, baik ilmu agama maupun ilmu pengetahuan umum. Di antara penceramah yang rutin memberikan bimbingan adalah Prof. Dr. Quraish Shihab, Prof. Dr. Nurcholish Madjid, Prof. Dr. Umar Shihab dan beberapa tokoh lain yang secara bergiliran menyampaikan ceramah dan diskusi.

Dalam berbagai diskusi dan pertemuan dari anggota pengajian tersebut dibicarakan langkah-langkah selanjutnya untuk mewujudkan suatu cita-cita yang luhur sebagai perwujudan dan pengamalan ajaran Islam, sehingga akhirnya disepakati untuk membentuk suatu yayasan yang dapat berkiprah dalam bidang pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat. Semula ditawarkan beberapa bentuk dan jenis kegiatan yayasan seperti membentuk pesantren, pendidikan untuk anak cacat atau IQ rendah, lembaga santunan anak yatim, dan usul-usul lainnya.

Melalui beberapa musyawarah dan pertemuan akhirnya disepakati membentuk suatu yayasan yang bergerak di bidang pendidikan umum yang berwawasan kebangsaan dan bernafaskan Islam. Pilihan didasarkan pada beberapa pertimbangan yaitu : pertama, bahwa belum banyak lembaga pendidikan Islam yang memiliki kualitas yang baik dan dapat dibanggakan. Hal ini terbukti belum adanya satu sekolah Islam pun yang masuk dalam rangking 10 besar terbaik dari SMA di Jakarta. Kedua, untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia agar memiliki kemampuan yang sejajar dengan negara-negara maju serta memiliki kemampuan yang dapat diandalkan dalam persaingan global. Dan terakhir, ikut andil dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa, meningkatkan kemampuan manusia Indonesia dalam penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni berdasarkan iman dan taqwa kepada Allah. Tiga pertimbangan itulah yang mendasari terbentuknya Yayasan Pendidikan Islam Dwiwarna.
SMA Dwiwarna (Boarding School) saat ini telah menjadi bagian penting bagi pertumbuhan dan perkembangan dunia pendidikan. Sebagai sekolah berasrama, dengan keunggulan proses pendidikan dan pengajaran, SMA Dwiwarna telah terbukti dapat berperan serta dalam mencerdaskan bangsa dan membentuk pribadi-pribadi yang berakhlak. "Establish a well educated personality" Keberadaan Boarding School telah disistematiskan melalui program kurikulum Nasional yang didesain bersama kurikulum Internasional, berdasarkan kebutuhan sekolah, sehingga konsentrasi pembelajaran diarahkan kepada keberhasilan siswa secara inteligensi, emosional, dan spiritual.

"Our Educational Policy encompasses on living skills as well as academic achievement" SMA Dwiwarna telah meluluskan 11 angkatan dengan prestasi akademik yang sangat menggembirakan, dimana siswa-siswa SMA Dwiwarna berhasil menembus Perguruan Tinggi Negeri Unggulan di Indonesia, juga di Luar Indonesia. Beberapa alumni juga menunjukkan bakat kepemimpinannya dengan menjadi ketua angkatan di universitasnya. Hal ini dapat menjadi parameter keberhasilan proses pembelajaran di SMA Dwiwarna yang dipadu dengan pola boarding school.

"Wealth environment as well as integrated Learning Programs"
Dukungan lingkungan yang nyaman, aman, dan jauh dari polusi membuat suasana belajar di SMA Dwiwarna menjadi sangat diminati. Demikian juga sarana dan prasarana, serta dukungan sumber daya manusia yang terus menerus belajar dan mengoptimalkan seluruh kemampuannya untuk membentuk insan nasionalis yang Islami. "Up Grading Learning Society"


Berikut ini profil singkat SMA Dwiwarna :
  • Nama Sekolah : SMA DWIWARNA
  • Status : Disamakan, status akreditasi A, nilai 98,40 ( Baik Sekali )
  • Tahun Berdiri : 1998
  • Alamat : Jl. Raya Parung Km 40, Bogor 16330
  • Luas Sekolah : 7,5 Hektar
  • Telepon/Fax : 0251-8618136 / 0251-8615734
  • Email : info@smadwiwarna.net 
  • Website : http://www.smadwiwarna.sch.id
  • Nama Yayasan : Yayasan Pendidikan Islam Dwiwarna
  • Waktu Belajar : 5 Hari Belajar (Senin - Jumat Pkl. 07.00 - 15.30)
  • Bahasa Pengantar : Indonesia & Inggris
  • Bahasa Asing : Inggris, Jerman, Jepang
  • Kurikulum : Kurikulum Nasional yang diperkaya, dengan beberapa pilihan :
  • Program Bertaraf Internasional (SBI)
  • Program Reguler
  • Program Akselerasi & Enrichment
  • Program Sistem Kredit Semester(SKS )
  • Kepala Sekolah : Dr. dr. Carmen Jahja, Sport Med ( Juli 2000 - Sekarang )
  • Visi : Menjadi Institusi pendidikan yang terbaik dalam membangun manusia yang cerdas, berakhlak mulia dan berjiwa kebangsaan
  • Misi : Melaksanakan pendidikan umum dipadukan dengan pendidikan agama Islam dalam sekolah berasrama


Yayasan didirikan pada hari Jum’at tanggal 3 April 1992 dengan akte notaris Sucipto, SH. Yayasan ini selanjutnya membentuk lembaga pendidikan terpadu antara pendidikan umum dan pendidikan agama. Pendidikan umum diwujudkan berupa Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan mengikuti kurikulum Departemen Pendidikan Nasional, dengan sistem ini diharapkan dapat melahirkan tamatan SMA yang baik dan dapat melanjutkan ke perguruan tinggi pilihan. Pendidikan agama diberikan di dalam dan di luar sekolah dengan mempelajari dasar-dasar agama Islam, seperti aqidah, syariah dan akhlak yang bersumber dari Al-Qur’an, As-Sunnah dan Ijtihad.

Dengan demikian lembaga pendidikan ini menerapkan kegiatan yang terpadu antara sistem pendidikan formal dan informal. Dengan sistem pendidikan ini diharapkan dapat menarik minat orang tua yang berkecenderungan untuk menyekolahkan anak-anaknya ke luar negeri. Kegiatan yayasan selanjutnya adalah mewujudkan rencana dan program yang telah ditetapkan dengan mengumpulkan berbagai bantuan untuk membangun kampus SMA Dwiwarna (Boarding School). Dengan usaha yang sungguh-sungguh dan do’a yang tulus, terkumpullah bantuan sedikit demi sedikit dari para donatur dan pengusaha muslim.

Awal tahun 1998 SMA Dwiwarna mulai melakukan kegiatan untuk merekrut siswa baru, dengan menyebarkan brosur, leaflet, pengumuman melalui sekolah-sekolah dan media massa. Tanggal 20 Juli 1998 menerima 81 siswa dari sekitar 125 siswa yang lolos seleksi administrasi. Pada tahap awal semua siswa yang lulus seleksi mendapatkan beasiswa dari yayasan. Sedangkan pada tahun berikutnya beasiswa diberikan hanya kepada siswa yang memenuhi kriteria tertentu. Untuk memperoleh siswa yang baik pada tahun pertama sistem perekrutan dilalui dengan penetapan NEM minimal 42 atau rangking satu sampai lima di kelas dua dan tiga, rekomendasi dari tokoh masyarakat atau pimpinan SMP ataupun ulama setempat. Sejak 20 Juli 1998 dimulailah kegiatan di SMA Dwiwarna, dengan sistem pendidikan terpadu sebagaimana direncanakan sejak awal berdirinya yayasan.

II. Prestasi SMA Dwiwarna
1.       Juara I Lomba Fotografi atas nama Muhammad Theo Hansardi siswa kelas 10 B yang diselenggarakan oleh SMA Lazuardy Depok pada tanggal 21 – 26 Februari 2011
2.       Juara II Lomba Futsal Putra yang diselenggarakan oleh SMA Lazuardy Depok pada tanggal 21 – 26 Februari 2011 atas nama Rangga Setyadi, M. Pieter Al Hamid, Katamsi N. Puarada , Imansyah Rafsanjani, Sidhie Narroe, Muzakir Tanaiyo , Ahmad Risky Hariadi, A. Rahman Jaisona , A. Kadir Bogra, A. Mustafa, Alwan Sirua , M. Iqbal Maradjabesi.
3.       Juara I Speech Contest anas nama Ines AdhiaksonoPutri siswa kelas 10 SBI yang diselenggarakan oleh SMA Lazuardy Depok pada tanggal 21 – 26 Februari 2011
4.       Juara I Speech Contest atas nama Yusrin S. Hasan siswa kelas 10 A yang diselenggarakan oleh SMA 1 Bogor Maret 2011
5.       Juara I Lomba Baca Puisi atas nama Ravodi Mutiha di Musium Perjuangan Bogor Agustus 2011
6.       Juara III Lomba Baca Puisi atas nama Chindy Fachriany Ismail di Musium Perjuangan Bogor Agustus 2011
7.       Pembawa baki Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Upacara HUT RI tingkat Kab. Bogor atas nama Shendy Rozalina Agustus 2011
8.       Kegiatan OSN Manado September 2011 :
·         Peraih Medali EMAS Bidang Kebumian atas nama Ratika
·         Peraih Medali Perak Bidang Ekonomi DWI FAJAR,
·         Juara OSP Prop. Jawa Barat Bidang Astronomi atas nama NADHIR
·         Sebagai bentuk penghargaan, pihak sekolah memberikan hadiah kepada mereka berdua, Ratika yang tercatat sebagai perai mendali emas OSN X di Menado mendapatkan sebuah Ipad, sedangkan Dwi Fajar mendapatkan sebuah laptop Toshiba 14”. Penghargaan ini diberikan sekaligus memotivasi siswa lain untuk berprestasi baik ditingkat nasional maupun internasional.
9.       Juara I Lomba Bahasa Inggris atas nama Giardani Syafitri, Rachmad Arfian Putra, dan Husyati Amaliah yang diselenggarakan oleh Universitas Bina Nusantara Oktober 2011
10.   Juara I Lomba Mendongeng atas nama Nurul Hasan yang diselenggarakan oleh Univ. Pakuan Bogor, Oktober 2011
11.   Dalam Kegiatan MATHEMATICS ICAS November 2011 :
·         Peraih Mendali Emas atas nama Bella dan Raditya A.W
·         Peraih Mendali Perak atas nama Dinieta, Hanif Alvin, Agung, dan Andika
12.   Juara II Lomba Pidato Berbahasa Inggris atas nama Giardani Syafitri, di SMA Marsudirini Bogor, November 2011
13.   Februari 2007 beberapa siswa juara di beberapa kompetisi bahasa Inggris.
·         Devy Daniar menjadi The Best Speaker se-Jabodetabek pada lomba di SMAN 1 Depok.
·         Teuku Faris Juara I New Casting se-Jabodetabek di SMA Lazuardi.
·         Meutia Arinta meraih Juara II dan Anastasia Juara III pada lomba Speech Contest.
14.   Juara Kedua Lomba Cerdas Cermat Ekonomi Se Kabupaten Dan Kota Bogor
15.   Kegiatan POPkab (Pekan Olahraga Pelajar Kabupaten Bogor) April 2011, Cabang Renang :
·         Juara 1 gaya dada 50 m, atas nama Muhammad Umar Humam Emas
·         Juara 1 gaya bebas 50 m, atas nama Muhammad Umar Humam Emas
·         Juara 2 gaya kupu-kupu 50 m, atas nama Muhammad Umar Humam Emas
·         Juara 2 gaya punggung 50 m, atas nama Muhammad Umar Humam Emas
·         Juara 3 gaya dada 50 m, atas nama Muhammad Theo Hansardi
·         Juara 3 gaya bebas 50 m, atas nama Muhammad Theo Hansardi
·         Juara 3 gaya kupu-kupu 50 m, atas nama Muhammad Theo Hansardi
·         Juara 3 gaya punggung 50 m, atas nama Muhammad Theo Hansardi


III. Syarat-Syarat Penerimaan Siswa BaruTahun Pelajaran 2012-2013
A. SMA Dwiwarna Tahun Pelajaran 2012 – 2013 Membuka Program Pilihan :

1. Program Bertaraf Internasional – SBI
2. Program Percepatan Belajar – Akselerasi & Enrichment
3. Program Sistem Kredit Semester – SKS
4. Program Reguler

Catatan :
1. Semua program pilihan menggunakan Kurikulum Nasional yang dikembangkan.
2. Program Bertaraf Internasional (SBI) menggunakan Kurikulum Internasional yang dipadukan dengan Kurikulum Nasional.
3. Siswa SMA Dwiwarna disiapkan untuk lulus :
a. Ujian Nasional (UN)
b. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
c. Cambridge International Examination (CIE) khusus Program Bertaraf Internasional
d. Melanjutkan kuliah di luar negeri
 
B. Syarat-syarat Umum
1. Beragama Islam
2. Berijazah SMP/MTs
3. Usia maksimal 17 tahun
4. Sehat jasmani dan rohanu (bebas narkoba)

C. Syarat-syarat Khusus
1. Menaati peraturan yang telah ditetapkan
2. Lulus seleksi
3. Bersedia tinggal di Asrama

D. Materi Seleksi
1. Seleksi administrasi dan nilai akademik
2. Tes kemampuan akademik yang diselenggarakan oleh SMA Dwiwarna untuk mata pelajaran: Agama Islam, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika
3. Tes Psikologi
4. Tes Kesehatan
5. Tes Wawancara 

E. Prosedur Pendaftaran
1.  Calon siswa dapat mengambil formulir pendaftaran di sekretariat panitia penerimaan siswa baru SMA Dwiwarna atau mengisi pendaftaran on line di www.smadwiwarna.net, www.smadwiwarna.sch.id
2.  Biaya pendaftaran adalah Rp. 1.500.000,- (biaya tes dan akomodasi selama 2 hari).
3.  Booking fee Rp. 2.500.000,- (Bukan merupakan pembayaran uang gedung). Biaya ini akan dikembalikan jika siswa tidak lulus seleksi, namun bila lulus seleksi tetapi mengundurkan diri booking fee tidak dapat ditarik kembali.
4.  Formulir pendaftaran yang telah diisi, diserahkan kembali ke sekretariat dengan menyertakan kelengkapan syarat-syarat administrasi sebagai berikut :
a.  Fotocopi akta kelahiran
b. Pas foto terakhir berwarna (2x3), (3x4) dan (4x6) masing-masing 2 lembar, dengan menggunakan seragam sekolah
c.  Fotocopi raport SMP/MTs kelas I, II dan III yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah
d.  Surat Keterangan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dari sekolah asal
e. Fotocopi Ijazah dan SKHUN (Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional) SMP/MTs yang telah dilegalisir (dapat menyusul)
f.  Fotocopi sertifikat check point/IGCSE atau sertifikat pendidikan international sebelumnya yang sudah dilegalisir

F. Jadwal Pendaftaran Tahun Pelajaran 2012 – 2013

Materi
Pendaftaran
Tes Seleksi
Pengumuman
Pendaftaran Ulang
Gelombang 1

Okt – 12 Januari 2012

13 – 14 Januari 2012

20 Januari 2012



21 – 27 Januari 2012

Gelombang 2

13 Januari – 23 Februari 2012

24 – 25 Februari 2012
02 Maret 2012

03 – 09 Maret 2012

Gelombang 3

24 Februari – 22 Maret 2012

23 – 24 Maret 2012

30 Maret 2012

31 Maret – 06 April 2012


G. Biaya Pendidikan
Peserta tes yang lulus seleksi wajib membayar biaya pendidikan berupa :
1. Uang pangkal atau uang gedung Rp. 44.000.000,-. Dapat diangsur dua kali yaitu: 50% dibayarkan pada saat daftar ulang dan 50% berikutnya dibayarkan pada semester II tahun pertama. Uang gedung yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali.
2. SPP perbulan Rp. 5.000.000,- (paling lambat dibayarkan pada tanggal 10 setiap bulannnya).
3. Pembayaran dapat ditransfer ke : Bank BRI Kantor Cabang Bogor Pajajaran
Atas nama : Yayasan Pendidikan Islam Dwiwarna (YPID)
Nomor rekening: 0387-01-000137-30-4

Biaya sudah termasuk:
Biaya tidak termasuk:
-   Pelayanan pendidikan (kegiatan intrakulikuler,
Alat-alat pendidikan
   ekstrakulikuler dan buku pelajaran sekolah)
Alat-alat kebutuhan rutin asrama
- Akomodasi, laundry dan konsumsi
Kegiatan ekstrakulikuler pilihan siswa
- Praktikum (IPA, Komputer, Bahasa kecuali
Kegiatan tambahan lain yaitu: wisuda,
   alat-alat seni lukis)
bimbel, TOEFL, rekreasi, Cambridge
-    Ulangan/Ujian Semester
International Examination (CIE)
 
H. Beasiswa
Disediakan beasiswa untuk siswa yang berprestasi. Persyaratan untuk mendapatkan beasiswa adalah :
- Nilai raport rata-rata SMP/MTs adalah 8.
- Selalu masuk 3 besar selama 3 tahun berturut-turut.
- Nilai Ujian Nasional (UN) SMP/MTs adalah rata-rata minimal 8.
- Memiliki prestasi ditingkat propinsi atau nasional dalam bidang sains, olahraga atau seni.
- Lulus seleksi di SMA Dwiwarna.
- Surat keterangan tidak mampu.
- Direkomendasikan dari sekolah asal.

I. Tempat Pendaftaran
  
Kampus SMA Dwiwarna (Boarding School)
Jl. Raya Parung Km. 40 Bogor 16330 Jawa Barat – Indonesia
Telp : 0251 – 8618136 (hunting), 0251 – 8604415, Fax : 0251 – 8615734
HP : 0812 111 8860 dengan Ibu Euis Syamsiah
Senin – Jumat : Waktu : 08.00 – 16.00 Wib
Sabtu – Minggu : Waktu : 09.00 – 16.00 Wib

Yayasan Pendidikan Islam Dwiwarna
Gedung Granadi Lantai V Kav. 8 – 9
Jl. H.R. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan
Telp : 021 – 252 4994, 021 – 252 2745 ext. 1120 dengan Ibu Eni Tri Haryani
Fax : 021 – 252 1625
Senin – Jum’at : Waktu : 09.00 – 16.00 Wib


J. Perlengkapan Yang Harus Dibawa Pada Saat Mengikuti Tes PSB
1. Alat tulis menulis (pensil 2B, penghapus dan ballpoint)
2. Al-Quran
3. Obat pribadi (diserahkan kepada pembina asrama)
4. Perlengkapan alat sholat
5. Pakaian seragam SMP 1 stel
6. Pakaian olahraga 1 stel
7. Baju santai (kemeja/blouse, T-shirt)
8. Celana panjang
9. Handuk
10. Pakaian dalam secukupnya
11. Peralatan mandi (sabun, sikat gigi, pasta gigi, shampo)
12. Sepatu sekolah
13. Sandal 1 pasang
14. Mug dan makanan ringan

Catatan :
- Peserta tes wajib menggunakan seragam sekolah pada saat tes seleksi.
- Siswi tidak diperkenankan memakai pakaian ketat, aksesoris kecuali anting dan jam tangan

D. Fasilitas Sma Dwiwarna (Boarding School) Tahun Pelajaran 2012 – 2013


1. Asrama : Asrama putra terpisah dari asrama putri dan tiap kamar ber-AC dihuni oleh maksimum 4 siswa. Masing-masing anak memiliki meja belajar dan lemari pakaian sendiri, pakaian sekolah dan harian dilaundry oleh sekolah. Tiap lantai memiliki satu buah ruang untuk menonton TV dan beristirahat.

2. Fasilitas Olahraga : Kolam renang, Lap. Basket semi indoor, Lap. Tennis, Tenis Meja, Lap. Volly, Lap. Futsal, Lap. Bulu Tangkis, Lap. Sepak Bola, Soft Ball.

3. Fasilitas Sekolah : Tiap kelas ber-AC, maksimal siswa dalam kelas 25 orang, dilengkapi dengan smart board dan perangkat komputer untuk pembelajaran. Laboratorium lengkap: Biologi, Fisika, Kimia, Bahasa, Komputer, Studio Musik, Seni Kriya, Language Center dan Green House.

4. Mesjid : Sebagai pusat pembelajaran Kompetensi Agama Islam.

5. Kantin : Tiap siswa mendapatkan makan 3 kali sehari, ada snack pada pagi dan malam hari.



*Sekian, Semoga Bermanfaat*