Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Siap-Siap, Pendaftaran Sekolah Menengah Islam Terpadu, Pesantren Unggulan Sudah Dibuka Tahun Ajaran 2013-2014

Siap-Siap, Pendaftaran Sekolah Menengah Islam Terpadu, Pesantren Unggulan Sudah Dibuka
 (Tahun Ajaran 2013/2014)


Notifikasi ini mungkin akan bermanfaat bagi beberapa orang tua atau siswa/i yang duduk di bangku akhir sekolah. Baik yang berasal dari sekolah tingkat dasar menuju tingkat menengah pertama atau pun dari tingkat menengah pertama ke tingkat menengah atas.

Sedikit berbeda dengan proses penerimaan sekolah negeri, sekolah-sekolah swasta khususnya yang berbasis Islami dan boarding school/pesantren biasanya membuka pendaftaran siswa-siswi baru di awal tahun. Jadi, bagi para orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya ke sekolah-sekolah tersebut sebaiknya sering-sering mengunjungi situs resmi sekolah yang dituju dan mencatat batas akhir pendaftaran.

Sebagai persiapan mengikuti proses pendaftaran, sebaiknya para siswa sudah menyiapkan beberapa hal berikut ini, yaitu :
  • Pas foto ukuran 3x4 dan 4x6. Jumlahnya bebas, lebih banyak lebih bagus. Kalau pas foto InsyAlloh pasti kepake.
  • Fotokopi raport, ijazah (kalau sudah ada) dan akta kelahiran
  • Dan yang paling penting menyiapkan diri dengan belajar sungguh-sungguh untuk persiapan tes masuk sekolah yang dituju.
Nah, kalau untuk orang tua, sebaiknya mempertimbangkan beberapa hal berikut. Jika memilih sekolah Islam dan/atau boarding school sebaiknya dilihat dulu track record sekolah tersebut. Apakah sesuai dengan kondisi bapak/ibu. Variabel yang digunakan misalnya :
  • Sudah berapa lama sekolah tersebut berdiri?
  • Apakan lulusannya tersebar di sekolah favorit atau perguruan tinggi terkemuka?
  • Prestasi apa saja yang sudah ditorehkan sekolah tersebut?
  • Apakah sekolah benar-benar mengajarkan hal yang baik dan mampu mencetak siswa berakhlaqul Karimah
  • Dan yang paling penting, apakah biaya pendidikannya mampu ditanggung Bapak/Ibu? Karena beberapa sekolah boarding school yang "katanya Islami" mudah-mudahan, mematok biaya yang nggak murah. 

Sebaiknya sang anak dibawa terlebih dahulu ke sekolah yang dituju agar ia bisa menilai dirinya sendiri, apakah bisa kerasan sekolah di sana atau tidak. Walaupun belum tentu sang anak berpikir logis, namun orang tua jangan sampai mengabaikan keinginan sang anak (bukan sang kodok, hehe..).

Beberapa sekolah yang sudah membuka pendaftaran diantaranya pesantren alkahfi Bogor, Pesantren Husnul Khotimah Kuningan dan lain-lain.

Semoga bermanfaat. Mohon maaf kalau ada kata yang kurang berkenan.

Posting Komentar untuk "Siap-Siap, Pendaftaran Sekolah Menengah Islam Terpadu, Pesantren Unggulan Sudah Dibuka Tahun Ajaran 2013-2014"