Sunday, 3 March 2013

Penerimaan Mahasiswa STIS 2013/2014

Tags


Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) – semula bernama Akademi Ilmu Statistik (AIS) – merupakan perguruan tinggi kedinasan program D-IV, yang dikelola oleh Badan Pusat Statistik (BPS) sejak tahun 1958. STIS mengemban visi menjadi lembaga pendidikan tinggi kedinasan yang berfungsi untuk mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, khususnya di bidang statistika dan komputasi statistik dengan mendidik kader yang memiliki kemampuan akademik/profesional. Dengan demikian lulusan STIS merupakan tenaga yang mampu merencanakan dan melaksanakan penelitian, melakukan analisis di bidang sosial-ekonomi serta merencanakan dan mengembangkan sistem informasi.

Kurikulum dibuat sesuai dengan perkembangan ilmu ekonomi, kependudukan, sosial, dan teknologi informasi. Proses dan metode pembelajaran ditekankan pada pengembangan ketrampilan di bidang statistik dan komputasi statistik. STIS mempunyai dua jurusan: Jurusan Statistika – dengan dua bidang peminatan, yaitu Ekonomi dan Sosial Kependudukan – dan Jurusan Komputasi Statistik. Jurusan Statistika menghasilkan tenaga ahli statistik ekonomi serta tenaga ahli statistik sosial-kependudukan, dan Jurusan Komputasi Statistik menghasilkan tenaga ahli komputasi dan sistem informasi.
Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) – semula bernama Akademik Ilmu Statistik (AIS) – merupakan perguruan tinggi kedinasan yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) sejak tahun 1958. STIS kembali memanggil pemuda/pemudi Indonesia yang memiliki motivasi tinggi untuk dididik menjadi ahli statistik.

STIS menyelenggarakan program Diploma IV (D-IV) yang diterapkan dengan sistem paket yang dinyatakan dalam Satuan Kredit Semester (SKS) dan ditempuh selama 4 tahun. STIS memiliki 2 jurusan, yaitu Statistika dan Komputasi Statistik, di mana jurusan Statistika terbagi menjadi 2 bidang peminatan, yaitu Statistika Ekonomi dan Statistika Sosial Kependudukan. Lulusan STIS mendapat sebutan Sarjana Sains Terapan (S.S.T.).

STIS menerapkan sistem Drop Out berdasarkan nilai dan kedisiplinan (misalnya absen). Paling banyak kasus DO terjadi di tingkat satu karena pada tingkat dua dapat mengulang pendidikan maksimal Satu tahun. Mahasiswa STIS mendapatkan uang saku Rp850.000 per bulan untuk tingkat satu dihitung sejak Magradika /ospek (Info tahun 2010). Biaya magradika sebesar Rp2,5 juta dibayarkan untuk  pendidikan selama 4 tahun. Setelah itu biaya kuliah GRATIS. Mahasiswa STIS Tidak diasramakan. Kalau mau kuliah di sini, harus siap menjelajah Indonesia dari Sabang-Merauke dan benar-benar cinta ilmu hitung menghitung. 

Tahun Akademik 2013/2014, STIS menerima mahasiswa baru melalui dua jalur umum, yaitu :

  • Jalur Ikatan Dinas merupakan jalur seleksi untuk lulusan SMA/MA jurusan IPA yang setelah lulus pendidikan di STIS akan diangkat langsung menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) golongan III/a, sesuai dengan peraturan yang berlaku, untuk selanjutnya ditempatkan di unit kerja BPS di seluruh Indonesia sampai dengan tingkat kabupaten/kota. Selama masa pendidikan, mahasiswa tidak dikenakan biaya pendidikan. Mahasiswa mendapat tunjangan ikatan dinas sesuai dengan peraturan yang berlaku. Mahasiswa memiliki ikatan dinas selama dan setelah lulus dari pendidikan di STIS, lulusan wajib bekerja di BPS selama dua kali masa pendidikan secara berturut-turut.
  • Jalur Tugas Belajar Instansi Non BPS merupakan jalur seleksi untuk mereka yang memiliki status sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), pegawai tetap pada BUMN/BUMD, atau TNI/POLRI, dan telah menyelesaikan pendidikan SMA/MA jurusan IPA, yang ditugasi oleh instansi yang bersangkutan untuk mengikuti pendidikan di STIS. Biaya pendidikan ditanggung oleh instansi yang menugasi.
Mudah-mudahan yang punya foto ngasih izin, fotonya dipajang di sini :)


Jalur Umum Ikatan Dinas 

A. Persyaratan dan Ketentuan
  •   Seleksi
    1. Sehat jasmani dan rohani (dapat dan layak untuk bekerja dan beraktivitas, baik di dalam ruangan mau pun di lapangan), tidak buta warna, dan bebas narkoba.
    2. Lulus Ujian Nasional SMA Jurusan IPA atau MA Jurusan IPA. Bagi lulusan sebelum tahun 2013, memiliki ijazah SMA Jurusan IPA atau MA Jurusan IPA, dan bagi calon lulusan tahun 2013 memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto yang bersangkutan dan cap sekolah asal atau memiliki Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU) Nasional.
    3. Nilai Matematika dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 7,00 pada kelas XII semester I (bukan hasil pembulatan dan bukan rata-rata). Untuk mata pelajaran yang terdiri dari mata pelajaran kognitif (pengetahuan) dan afektif (keterampilan), yang dilihat adalah nilai mata pelajaran kognitifnya. Jika tidak ada mata pelajaran tersebut pada kelas XII semester I (karena penerapan sistem SKS), yang dilihat adalah nilai pada semester terakhir saat mata pelajaran tersebut diselesaikan.
    4.  Umur tidak lebih dari 22 tahun pada tanggal 1 Oktober 2013 (lahir tidak lebih awal dari tanggal 1 Oktober 1991).
    5. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di STIS.
    6. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain.
    7.  Bersedia mematuhi peraturan Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS).
    8. Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID) bagi yang dinyatakan lulus seleksi dan akan mengikuti pendidikan di STIS.
    9. Setelah lulus, bersedia ditempatkan di unit kerja Badan Pusat Statistik (BPS) di seluruh Indonesia sampai ke tingkat kabupaten/kota. 
  •   Penerimaan
    1. Memenuhi seluruh persyaratan seleksi, lulus ujian nasional, lulus seluruh tahap ujian seleksi, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh STIS.
    2.  Seluruh biaya pendidikan ditanggung oleh negara. Selama mengikuti pendidikan akan diberikan Tunjangan Ikatan Dinas sesuai peraturan yang berlaku.  
  • Cara Pendaftaran Pendaftaran dilakukan oleh calon peserta secara online melalui internet dan dapat dilakukan dari mana pun.
  • Lintas Wilayah Peserta dapat memilih lokasi ujian di 33 provinsi di seluruh Indonesia. Calon peserta tidak harus mengikuti ujian sesuai tempat tinggalnya atau tempat di mana yang bersangkutan menyelesaikan pendidikan SMA/MA.
  • Jenis Ujian
    • Ujian tahap I: Matematika, Bahasa Inggris, dan Pengetahuan Umum
    • Ujian tahap II: Psikotes 
    • Wawancara &Tes kesehatan
  • Jadwal Pendaftaran dan Ujian
    1. Pendaftaran (on-line): 18 Maret s.d. 19 April 2013
    2. Ujian tahap I: 4 Mei 2013
    3. Pengumuman hasil ujian tahap I: 24 Mei 2013
    4. Pendaftaran ulang untuk mengikuti ujian tahap II (on-line): 28 Mei s.d. 3 Juni 2013
    5. Ujian tahap II (Psikotes): 8 Juni 2013
    6. Pengumuman hasil ujian tahap II: 28 Juni 2013
    7. Ujian tahap III (wawancara dan tes kesehatan): 1 s.d. 5 Juli 2013
    8. Pengumuman kelulusan: 19 Juli 2013
    9. Pemberkasan: 22 s.d. 26 Juli 2013


    TanggalKegiatanKeterangan
    18 Maret s.d. 19 April 2013Pendaftaran on-line (Jalur Ikatan Dinas)On-line di Website STIS
    18 Maret s.d. 12 April 2013Pendaftaran on-line (Jalur Tugas Belajar Non BPS)
    4 Mei 2013
    Ujian Tahap I
    Matematika, Bahasa Inggris, dan Pengetahuan Umum
    Lokasi pilihan di 33 provinsi
    24 Mei 2013Pengumuman hasil ujian tahap IOn-line, Kantor BPS Provinsi, Kampus STIS
    28 Mei s.d. 3 Juni 2013Pendaftaran ulang on-line untuk mengikuti ujian tahap IIOn-line di Website STIS
    8 Juni 2013Ujian tahap II (Psikotes)Lokasi pilihan di 33 provinsi
    28 Juni 2013Pengumuman hasil ujian tahap IIOn-line, Kantor BPS Provinsi, Kampus STIS
    1 s.d. 5 Juli 2013Ujian tahap III (wawancara dan tes kesehatan)Ditentukan Kampus STIS dan dikoordinasi Kantor BPS Provinsi
    19 Juli 2013Pengumuman kelulusanOn-line, Kantor BPS Provinsi, Kampus STIS
    22  s.d 26 Juli 2013PemberkasanKantor BPS Provinsi, Kampus STIS

    Catatan

    1. Pendaftaran dilakukan secara on-line di website STIS di https://www.stis.ac.id. Pendaftaran ditutup pukul 18.00 WIB pada hari terakhir pendaftaran.
    2. Untuk Jalur Tugas Belajar Instansi Non-BPS, pendaftaran paling lambat tanggal 12 April 2013. Berkas pendaftaran dikirimkan ke Kampus STIS paling lambat sudah harus diterima tanggal 16 April 2013.
    3. Biaya seleksi dibayarkan melalui Teller atau ATM Bank BRI. Untuk pembayaran melalui ATM Bank BRI, hanya bisa menggunakan Kartu ATM Bank BRI. Persyaratan dan prosedur pendaftaran bisa dilihat pada halaman "Ketentuan PMB STIS TA 2013/2014". Pembayaran harus dilakukan sebelum batas waktu pembayaran yang ditentukan pada waktu pendaftaran.
    4. Peserta dapat memilih lokasi ujian di 33 provinsi di seluruh Indonesia. Penentuan/perubahan lokasi ujian hanya bisa dilakukan pada waktu pendaftaran on-line berlangsung.
    5. Untuk Jalur Ikatan Dinas, bagi yang dinyatakan lulus ujian tahap II dan akan mengikuti ujian tahap III, wajib menyerahkan berkas di bawah ini pada waktu ujian seleksi tahap III (wawancara):
      1. Fotokopi Rapor SMA/MA yang telah dilegalisir (halaman yang berisi data pribadi dan nilai).
      2. Fotokopi Ijazah SMA/MA yang telah dilegalisir. Bagi yang lulus tahun 2013 tetapi belum memiliki ijazah, dapat digantikan dengan Surat Tanda Kelulusan (SKL) atau Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU) SMA/MA asli atau yang telah dilegalisir.
    6. Jadwal wawancara ditentukan oleh penyelenggara ujian setempat.
    7. Peserta yang dinyatakan lulus seleksi ujian masuk, dan akan mengikuti kuliah di STIS, wajib melakukan pemberkasan, yaitu: (i) untuk Jalur Umum Ikatan Dinas harus menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID), (ii) untuk Jalur Umum Tugas Belajar Instansi Non BPS harus memastikan akan mengikuti tugas belajar. Pemberkasan dilakukan langsung di Kantor BPS Provinsi setempat atau di Kampus STIS.
    • Peserta yang dinyatakan lulus tes kesehatan/seleksi ujian masuk, dan akan mengikuti kuliah di STIS, wajib melakukan pemberkasan, yaitu: (i) untuk Jalur Umum Ikatan Dinas harus menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID), (ii) untuk Jalur Umum Tugas Belajar Instansi Non BPS harus memastikan akan mengikuti tugas belajar. Pemberkasan dilakukan langsung di Kantor BPS Provinsi setempat atau di Kampus STIS.
    • Biaya Seleksi Rp. 225.000,- (dua ratus dua puluh lima ribu rupiah), dibayarkan melalui Teller atau ATM Bank BRI, setelah mengisi data pendaftaran secara online. Untuk pembayaran melalui ATM Bank BRI, hanya bisa menggunakan Kartu ATM Bank BRI. Biaya administrasi bank ditanggung peserta. Biaya seleksi dan biaya administrasi bank yang telah dibayarkan, tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.
    • Prosedur Pendaftaran Pendaftaran online dapat dilakukan dari mana pun melalui Website STIS di http://www.stis.ac.id dengan tata cara sebagai berikut:
    • Calon peserta mengisi data pendaftaran secara online di Website STIS. Setelah mengisi data pendaftaran, calon peserta akan mendapatkan Nomor Pendaftaran dan Kode Pembayaran. Kode Pembayaran tersebut kemudian digunakan untuk melakukan pembayaran biaya seleksi di Bank BRI.
    • Calon peserta membayar biaya seleksi dengan menggunakan Kode Pembayaran melalui teller di Kantor Bank BRI atau melalui mesin ATM Bank BRI, dalam masa waktu yang telah ditentukan. Biaya administrasi bank ditanggung peserta. Jika lewat dari masa waktu yang telah ditentukan, calon peserta dapat meminta kembali Kode Pembayaran yang baru secara online di Website STIS.
    • Calon peserta kembali membuka Website STIS dan memasukkan Nomor Pendaftaran untuk mencetak Kartu Tanda Peserta Ujian Masuk (KTPUM).
    • Calon peserta kemudian mengikuti petunjuk yang tercetak pada KTPUM tersebut.

    Prosedur Pendaftaran PMB STIS TA 2012/2013
    Klik untuk memperbesar gambar
    • Pemeriksaan Berkas Bagi yang dinyatakan lulus ujian tahap I dan mengikuti ujian tahap II, wajib menyerahkan berkas di bawah ini pada waktu ujian seleksi tahap II (wawancara) untuk diperiksa:
      1. Fotokopi Rapor SMA/MA yang telah dilegalisir (halaman data pribadi dan nilai).
      2. Fotokopi Ijazah SMA/MA yang telah dilegalisir. Bagi yang lulus tahun 2013 tetapi belum memiliki ijazah, dapat digantikan dengan Surat Tanda Kelulusan (SKL) atau Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU) SMA/MA asli atau yang telah dilegalisir.
    • Pengumuman Hasil Ujian Hasil ujian setiap tahap seleksi diumumkan sesuai dengan jadwalnya masing-masing di Website STIS, Kantor BPS Provinsi, dan Kampus STIS.
    • Pemberkasan Bagi yang dinyatakan lulus tes kesehatan, sekaligus dinyatakan lulus seleksi ujian masuk, wajib melakukan pemberkasan, yaitu menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID). Pemberkasan dilakukan di Kantor BPS Provinsi atau di Kampus STIS.
    • Website Resmi dan Alamat Panitia Pelaksana
      1. Website resmi STIS adalah http://www.stis.ac.id. Segala informasi mengenai PMB STIS dapat diakses melalui website tersebut.
      2. Alamat Panitia Pusat PMB STIS adalah di Kampus STIS, Jalan Otto Iskandardinata No. 64C Jakarta Timur 13330. Telp: (021) 8508812, 8191437, Fax: 8197577. Hotline PMB Telp: (021) 85900884.
      3. Alamat Panitia Daerah adalah di Kantor BPS Provinsi di seluruh Indonesia (kecuali Provinsi DKI Jakarta di Kampus STIS). Alamat Kantor BPS Provinsi bisa dilihat di Website BPS di http://www.bps.go.id.
    • Lain-lain
      1. Segala perubahan ketentuan yang berkaitan dengan pelaksanaan PMB STIS akan diinformasikan melalui Website STIS, Kantor BPS Provinsi, dan Kampus STIS. Silakan lihat di sini.
      2. STIS tidak menyelenggarakan dan tidak bekerja sama dengan bimbingan belajar mana pun.
      3. Hati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan STIS/BPS.



    Cara Pendaftaran

    Proses pendaftaran terdiri dari tahap berikut:
    1. Mendaftarkan alamat email pada Aplikasi SPMB STIS
      Buka Aplikasi SPMB STIS untuk mendaftarkan alamat email anda (bisa dibuka mulai tanggal 18 Maret 2013). Anda akan menerima pesan melalui email petunjuk pengisian formulir pendaftaran.
    2. Mengisi formulir pendaftaran
      Ikuti petunjuk yang tertulis pada pesan email untuk mengisi formulir pendaftaran.
    3. Anda menerima Nomor Pendaftaran
      Setelah anda selesai mengisi formulir pendaftaran, anda akan menerima Nomor Pendaftaran. Nomor Pendaftaran anda gunakan untuk melakukan login pada Aplikasi SPMB STIS selama proses seleksi berlangsung. Nomor Pendaftaran juga anda gunakan sebagai Kode Pembayaran untuk melakukan pembayaran biaya seleksi. Untuk Jalur Tugas Belajar Instansi Non BPS, anda harus mengikuti proses pemeriksaan berkas sebelum bisa melakukan pembayaran.
    4. Membayar biaya seleksi
      Anda harus membayar biaya seleksi sebelum batas waktu yang ditentukan pada waktu anda menerima Kode Pembayaran. Lihat cara pembayaran di bawah ini.
    5. Mencetak Kartu Tanda Peserta Ujian Masuk (KTPUM)
      Setelah anda membayar biaya seleksi, anda dapat mencetak KTPUM dengan login pada Aplikasi SPMB STIS. KTPUM harus dibawa dan dapat ditunjukkan pada setiap proses seleksi.
    Selain hal yang tertulis pada panduan sini, anda harus memperhatikan seluruh informasi yang tertulis pada ketentuan masing-masing jalur seleksi, dan ketentuan yang tertulis pada pengumuman hasil seleksi.

    Cara Pembayaran

    Pembayaran biaya seleksi dilakukan melalui Teller, ATM Bank BRI. Untuk ATM Bank BRI, hanya bisa menggunakan Kartu ATM Bank BRI.
    Melalui Teller
    • Temui langsung Teller dan minta dilakukan transaksi pembayaran SPMB STIS.
    • Sebutkan Nomor Pendaftaran/Kode Pembayaran.
    Melalui ATM
    • Pilih menu Transaksi Lainnya
    • Pilih menu Pembayaran
    • Pilih menu Pendidikan
    • Masukkan kode STIS bersama 9 angka Nomor Pendaftaran/Kode Pembayaran (misalnya 014123456789). Kode STIS bisa dilihat pada menu ATM.
    • Pilih Yes/Ya
    Catatan
    • Pastikan anda menyebutkan/memasukkan nomor/kode pembayaran dengan benar
    • Periksa kesesuaian nama pendaftar yang disebutkan oleh Teller/muncul di layar ATM
    • Periksa kesesuaian jumlah biaya yang ditagihkan
    • Simpan resi pembayaran sebagai bukti pembayaran



    Semoga Bermanfaat