Friday, 16 December 2016

7 Hal Tentang Garut yang Harus Kamu Tahu


Sumber : wikipedia

Sebenarnya mudah aja, kalau kita pengen tahu sejarah kabupaten Garut. Tinggal buka situs wikipedia and the information appeared. Tapi di sini saya mencoba membuat ringkasannya, nggak perlu panjang lebar. Check it out

1. Garut adalah sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kabupaten Garut berbatasan dengan Kabupaten Bandung, Tasikmalaya, Sumedang dan Cianjur. Membentang dari pertengahan Jawa Barat sampai ke selatan, Garut dianugrahi kekayaan alam. Mulai dari hutan, pegunungan dan pesisir-pesisir pantai. Ibukotanya Tarogong Kidul.

2. Garut memiliki luas wilayah  3.065 km2 dan dihunii oleh 2.737.526 jiwa penduduk (Sensus Penduduk 2010). Secara administrasi, Kabupaten Garut terbagi menjadi 42 kecamatan, 21 kelurahan dan 403 desa. 

3. Penentuan hari jadi kabupaten Garut masih menjadi perdebatan. 

Sumber : google.com

  • Ada yang menyebutkan jatuh pada tanggal 17 Mei 1913 yaitu saat penggantian nama Kabupaten Limbangan menjadi Kabupaten Garut
  • Ada juga yang menyebutkan tanggal 15 September saat kawasan kota Garut mulai dibuka dan dibangun sarana prasarana sebagai persiapan ibukota Kabupaten Limbangan. Hal ini didasarkan pada temuan Tim Pencari Fakta Sejarah yang mengacu pada tulisan yang tertera di jembatan Leuwidaun sebelum direnovasi. 
  • Sesuai PERDA Kabupaten Garut No. 30 Tahun 2011 tentang Hari Jadi Garut, dinyatakan bahwa Hari Jadi Garut dipandang lebih tepat pada tanggal 16 Februari 1813 saat R.A.A Adiwijaya sebagai Bupati  memerintahkan melakukan “ngabaladah” yaitu, kegiatan mencari tempat baru untuk ibukota Kabupaten Limbangan dan muncul lah istilah "Garut".

4. Kuliner Khas Garut : dodol pastinya, kerupuk kulit, dorokdok, sambal cibiuk, Jeruk Garut, Wajit, Burayot, Emplod, Getrek dan yang kudapan blasteran chocodote/chocodol.

5. Beberapa tempat Wisata : Pemandian air panas cipanas, Tarogong Kaler, Kawah Kamojang, Darajat Pass, Gunung Papandayan, Pantai Santolo, Pantai Ranca Buaya, Situ Bagendit, Situ Cangkuang dan lain-lain.

Sumber : google.com
6. Garut termasuk daerah yang kurang maju dan tertinggal dibandingkan kabupaten/kota lain di Jawa Barat. Hal ini dilihat dari jumlah Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang masih rendah, angka melek huruf, jumlah penduduk miskin, jumlah pengangguran dan belum meratanya pembangunan. Menemani Kab Sukabumi, Kab Garut masuk kriteria daerah tertinggal versi Kementerian Pemberdayaan Daerah Tertinggal tahun 2010.

7. Wacana Pemekaran. Sudah lama berhembus, Kabupaten Garut akan dimekarkan menjadi Kabupaten Garut Selatan, Kabupaten Garut Utara dan Kota Garut. 

8. Peserta Pilkada terbanyak. Baru-baru ini, kandidat pemimpin dalam pilkada Kab. Garut menjadi salah satu yang terbanyak, yaitu sepuluh pasang calon. Luar biasa!
  
Sumber : gosipgarut.com