Friday, 9 December 2016

Icip-Icip Kreasi Tahu di Kedai Joglo Semar Tasikmalaya

 

"Kamu... makannya apa?...Tahu..." 
Masih inget lirik lagu anak ini? Kalau aslinya kan makan tempe. Nah, kalau di sini saya ganti "makan tahu". Kenapa? karena saya bakal mengulas kreasi masakan tahu di Kedai Joglo Semar, Jl. Galunggung, Tasikmalaya.

Kedai Joglo Semar punya brand "spesialis olahan tahu".  Jadi buat kalian maniak makan tahu goreng, tahu rebus atau tahu mentah, tempat ini pilihan tepat untuk nyoba masakan tahu yang unik. Olahan tahu yang ditawarkan ada steak tahu, tahu jaipong, tahu gimbal, tahu telur dan lain-lain.

Saya nyoba icip steak tahu sama tahu keriting. Tahunya enak, krispi di luar-lembut di dalam. Untuk steak tahu, sebenarnya lebih mirip nugget ayam campur tahu ya. Ditambah saus hitam, salad dan saus sambal. Rasanya lumayan lah, buat olahan unik dari si tahu. Kalau tahu keriting, sebenarnya hampir mirip sama steak tahu, cuma gak ada sausnya. Terus,si tahu dipotong kecil-kecil dan dibalut tepung renyah.

Steak Tahu

Tahu Keriting
Sebenernya pengen nyobain tahu jaipong, tapi lagi gak ada. Tahu jaipong itu campuran  dari tahu, daging ayam, sama udang. Hmmm...Tahulicious...

Ayam Hainam
Selain menu tahu tadi, saya juga pesen ayam hainam. Mirip-mirip sama masakan terkenal di Malaysia, ayam hainan. Tampilannya juga mirip. Tapi jangan over expected  #rumusmakanditempatbaru. Ayam goreng berwarna agak merah diiris, ditata memanjang, ditaburi wijen dan semangkuk nasi. Sesuai spesialisasinya, ada potongan tahu goreng (dicampur daging ayam), dan telur ayam rebus sebagai tambahan. Pokoknya masakan ini serba ayam, dari telur sampai dagingnya. Rasanya lumayan. Saya beri nilai 7.5/10 untuk rasanya. 


Untuk tempat, kayaknya tempat makan di sini gabung sama gedung radio. Bentuknya semacam aula besar dan menurut saya kurang ditata serius kalau disebut kedai/cafe. Waktu ke sana, tempat makannya juga relatif sepi.  

Dilihat dari menu, kedai Joglo ini menawarkan banyak pilihan. Selain olahan tahu, ada juga masakan Thailand, Indonesia, bahkan Korea. Cukup variatif sih, kalau kalian mulai bosen dengan makanan mainstream yang ada di kota Tasik.






Oke, simpulannya, makan di Kedai Joglo ini lumayan menarik karena variasi masakannya cukup beragam. Rasa ayam hainannya cukup enak. Tempatnya juga lumayan nyaman. Buat saya, makan di sini tuh nyari "makan enak", bukan "makan nikmat" hehe...

Kayaknya saya bakal ke sini lagi untuk nyobain Phad Thai, Batagor Kee Kian dan Mie Udang Singapore. Kalau sudah saya coba, nanti saya review lagi. Salam Tahulicious...


Selamat Makan...

***