Friday, 16 December 2016

Jajan-Jajan Sore di Kedai Ceng Jakur


Tempat makan yang satu ini terletak di Jl. Pembangunan, persis dekat simpang lima Garut. "Ceng Jakur", nama tempat yang unik, apalagi ikon fotonya bergambar karikatur laki-laki berbibir lebar, merah merona. Nggak banyak menu yang ditawarkan. Menu utamanya yaitu Mie Ramen, Nasi Goreng, Baso Aci dan aneka minuman.

Sebenarnya agak kurang pas, jika sajian mie di tempat ini disebut ramen. Rasanya nggak ada mirip-miripnya sama ramen. Saya lebih suka menyebutnya Mie Ceng Jakur, dengan rasa khas sesuai racikan sang pembuat. Secara umum, rasa mie di sini hanya ada satu, yaitu mie kuah. Yang membedakan hanya pada toping mie nya saja. Berbagai macam topping yang disediakan diantaranya :

  • Foot Devil (ceker)
  • White Ball (Bakso)
  • Sosis
  • Crab Stick
  • Naruto (nggak ada terus)
  • Smoke Beef  

Mie Ceng Jakur + Foot Devil
Mie-nya kenyal dan enak
Mie disajikan dalam porsi yang lumayan pas. Satu porsi mie, terdiri dari Mie + kuah gurih, rajangan ketimun, pangsit goreng, daun bawang dan topping sesuai pilihan teman-teman. Terdapat level kepedasan yang bisa dipilih, mulai dari level 0/1- level 30-an (mungkin sudah nambah rekor pedasnya). Kalau saya biasa pesen level 5. Rasa pedas ramen di sini nggak terlalu menyengat karena menggunakan cabe rawit bukan lada/bubuk cabe.

Mie Ramen Ala Ceng Jakur


Selain mie, ada juga menu Nasi goreng. Terdiri dari nasi goreng special, nasi goreng istimewa, atau nasi goreng biasa. Kalau temen saya sih lebih suka pesen nasgor daripada mie di ceng Jakur. Lumayan enak katanya.

 Minuman favorit saya di Ceng Jakur adalah krim buah. Rasa dan tampilannya nggak jauh beda dengan es buah. Tapi di sini, santan diganti dengan krim. Krim buah terdiri dari berbagai buah tropis seperti alpukat, strawberi, apel, kiwi ditambah agar-agar, nata de coco. Paling enak dicicipi saat panas matahari sedang terik-teriknya. Dijamin bikin adem di perut.



Selain krim buah, ada juga minuman khas daerah, namanya bir Jawa. Bir di sini bukan bir yang terbuat dari fermentasi buah, tapi minuman herbal dari berbagai rempah, dicampur gula merah dan santan. Minuman lain yang patut dicoba adalah bubur buah, berbagai macam smoothies dan jus buah. Harganya pun termasuk relatif murah dan tempatnya pun lumayan cozzy.





-Selamat Mencoba -