Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Tes, Biaya, Jadwal Terbaru Seleksi Siswa Baru MAN Insan Cendekia

    
MAN Insan Cendekia


MAN Insan Cendekia atau lebih tenar disingkat MAN IC merupakan Madrasah Aliyah (setingkat SMA) yang berada di bawah naungan Kementerian Agama. MAN yang didirikan karena prakarsa Bpk. B.J. Habibie ini cukup terkenal karena  biaya sekolah yang gratis dan unggul dalam prestasi akademik di kancah nasional dan internasional. Prestasi yang sering diraih siswa MAN IC diantaranya dalam ajang Olimpiade Sains Nasional dan Olimpiade Sains Internasional. Biasanya sekitar bulan Januari/Februari terbit pengumuman penerimaan siswa baru. 

MAN INSAN CENDEKIA

MAN IC merupakan sekolah islam berasrama yang terletak di beberapa wilayah di Indonesia. Untuk wilayah barat Jawa, MAN IC berada di Serpong Tangerang Selatan, Banten. Sedangkan untuk wilayah luar Jawa (timur Indonesia) terdapat SMA IC Gorontalo. Terdapat beberapa MAN IC lain seperti di Lombok dan Sumatera Barat. Total terdapat 23 MAN IC di Indonesia saat ini.

Berikut ini informasi Beasiswa Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) MAN Insan Cendekia Tahun 2022. Terdapat dua jalur masuk MAN IC yaitu jalur prestasi dan jalur tes.

Persyaratan

Seperti halnya SNMPTN, sekolah berperan penting untuk mendaftarkan siswa-siswinya yang ingin bersekolah di MAN Insan Cendekia. Terdapat tiga syarat bagi sekolah agar siswa-siswinya berhak mengikuti seleksi MAN IC yaitu:
  • Mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)
  • Telah terdaftar di EMIS (bagi madrasah) dan DAPODIK (bagi sekolah) secara lengkap dan benar
  • Mempunyai Sertifikat Akreditasi dari BAN-S/M atau Surat Izin Operasional Madrasah/Sekolah.
Adapun persyaratan siswa yang akan mengikuti SNPDB MAN Insan Cendekia adalah;
  • Tercatat sebagai peserta didik kelas IX MTs/SMP pada tahun pelajaran 2022/2023
  • Berusia maksimal 17 tahun pada 1 Juli 2022
  • Memiliki NISN yang terdaftar pada EMIS (bagi MTs) atau DAPODIK (bagi SMP)
  • Mengunggah (upload) berkas persyaratan:
  • pas foto berwarna terbaru ukuran 3 cm x 4 cm (Max 300KB)
  • fotokopi rapor yang telah dilegalisasi (semester 3, 4 dan 5)
  • fotokopi Akte Kelahiran/Kenal Lahir
  • Mendapatkan rekomendasi sebagai siswa terbaik dari Kepala Madrasah/Sekolah asal sesuai dengan kuota pendaftar per madrasah/sekolah yang ditetapkan (khusus jalur TES)
  • Mendapatkan Surat Keterangan/ Rekomendasi dari Kepala Madrasah/Sekolah asal sebagai siswa berprestasi tingkat Nasional (KSN, KSM Nasional, OPSI, MYRES) serta penghargaan dari luar negeri yang merupakan lanjutan dari KSN seperti IMO, IBO, IPhO, IChO, IOI, IGeO, IESO, IAO, IOAA, IEO, IEYI, dan ASPC baik mendapatkan emas, perak, perunggu (khusus jalur PRESTASI)

Tanggal Penting SNPDB MAN Insan Cendekia

  1. Informasi dan Sosialisasi SNPDB: 03­ Januari s.d 14 Februari 2022
  2. Pendaftaran (online) Jalur Tes: 10 Januari s.d 14 Februari 2022
  3. Pendaftaran (online) jalur prestasi: 10 Januari s.d 7 Februari 2022
  4. Seleksi Berkas: 11 Januari - 18 Februari 2022
  5. Pengumuman Kelulusan Jalur Prestasi: 16 Februari 2022
  6. Pengumuman Peserta CBT: 21 Februari 2022
  7. Uji Coba Computer Based Test (CBT): 23 – 24 Februari 2022
  8. Computer Based Test (CBT): 26 – 27 Februari 2022
  9. Pengumuman Kelulusan: 16 Maret 2022
  10. Daftar Ulang 21- 31 Maret 2022
  11. Awal Masuk Asrama: 16 Juli 2022

Kuota Siswa

Tahun ini, kuota siswa MAN Insan cendekia seluruh Indonesia adalah 820 siswa untuk jurusan IPA, 840 siswi jurusan IPA, 393 siswa jurusan IPS, dan 407 siswi IPS sehingga total siswa yang diterima adalah 2.460 orang.

Materi Tes

  • Tes dilakukan menggunakan komputer (Computer Based Test) di setiap provinsi yang menjadi penyelenggara. 
  • Materi tes penerimaan peserta didik baru MAN Insan Cendekia meliputi Tes Potensi Belajar (90 menit) meliputi kepribadian, kemampuan numerik, verbal, logika/penalaran,
  • Tes akademik (120 menit) mata pelajaran: Matematika, IPA/IPS, Bahasa Inggris, Pendidikan Agama Islam, dan Bahasa Arab.

Tempat Tes

Tes penerimaan peserta didik baru MAN Insan Cendekia dilaksanakan di Ibukota Provinsi. SNPDB MAN IC tahun 2022 dilaksanakan secara daring di tempat peserta masing-masing yang memiliki jaringan internet stabil atau di madrasah yang telah ditentukan.

BIAYA

Peserta hanya dikenakan biaya personal pendidikan berupa makan, kebutuhan di asrama dan pakaian seragam yang dibebankan kepada orang tua/wali peserta didik baru MAN Insan Cendekia. Bagi peserta didik yang berasal dari keluarga tidak mampu diberikan bantuan biaya pendidikan setelah melalui proses verifikasi.


FAQ’s alias tanya jawab soal MAN IC:


T: Tes bahasa Arabnya gimana?
J: Mmm… aku nggak tahu sih yang sekarang bakal gimana tesnya. Tapi, percaya aja deh kalo emang ‘ditakdirkan’ masuk IC, ntar lulus juga tesnya. Banyak kok temen-temenku yang kemampuan bahasa Arabnya nol waktu tes IC. Dan anak SMP Negeri banyak juga yang keterima di IC. Jadi jangan takut. Tapi, bagaimanapun juga ikhtiar (usaha) memang diperlukan. Jangan lupa doa juga ya…

T: Tes Potensi Belajar itu apa, sih?
J: TPB itu kayak tes yang ngukur kemampuan kita sebenarnya dalam menerima pelajaran. Yaa.. sejenis tes IQ gitu. Tes kayak gini biasanya juga diperluin kalo kita mau daftar kerja ato masuk kuliah. Tesnya terdiri dari tes verbal/bahasa, tes numerik/angka, tes logika, dan tes spasial/gambar. Kalo penasaran gimana bentuk tesnya, banyak kok buku-buku tes bakat skolastik yang bisa jadi acuan. Liat-liat dikitlah, biar nggak kaget.


***
Prasetyaji
Prasetyaji An Overthingker, Fighter, Teacher Wanna be

Posting Komentar untuk "Materi Tes, Biaya, Jadwal Terbaru Seleksi Siswa Baru MAN Insan Cendekia"