Sunday, 25 December 2016

RM Kujang Tasik-Garut


Untuk para traveller alias tukang "laju" Garut-Tasik atau Tasik-Garut via Singaparna-Salawu-Garut pasti kenal tempat makan "Kujang". Ya, Kujang nama senjata asli Jawa Barat yang bahkan saya belum liat aslinya ini, jadi sebuah tempat makan. Tempatnya ada di jalan Garut-Tasik, perbatasan Kab. Garut dan Kab. Tasikmalaya. 

Yup betul, tempat ini selalu rame dikunjungi. Gimana nggak, jalur Garut-Tasik ini memang bukan jalur yang dilewati banyak kendaraan. Terutama bus umum. Jadi nggak banyak tempat makan di sepanjang jalur ini. Satu yang cukup ramai dipenuhi mobil, ya RM Kujang ini. 

Jika Anda akan ke Garut/Bandung via jalur ini, siap-siap disuguhi pemandangan dan udara sejuk. Sepanjang perjalanan, hamparan sawah, sungai, dan pohon-pohon rindang mencuci mata Anda. Jalanan yang berkelok, turunan dan tanjakan juga akan banyak Anda jumpai.


Rumah Makan Kujang memakai sistem prasmanan. Jadi pengunjung mengambil nasi dan lauknya sendiri. Istilah kecenya self service. Aneka masakan Sunda tersedia untuk dipilih. Ada jengkol, sop, karedok, Ikan goreng, pepes-pepesan, sayur picung dan lain-lain. Tak lupa lalaban dan sambel siap menemani makan Anda semua.




Dari segi rasa, sebenarnya RM ini biasa aja. Beneran, rasa masakannya biasa aja. Tapi yang bikin betah makan di sini adalah pemandangannya. Rumah makan ini dibangun di tebing yang menghadap sawah. Jadi, sambil memanjakan perut, Anda juga bisa memanjakan mata & telinga dengan suara aliran sungai dan kicauan burung yang sedang mencari makan di sawah. Pemadangan kayak gini nih yang bikin nagih. 




Kalau yang nggak mau makan nasi, ada juga bakso, mie ayam atau mie instan untuk ganjel perut kalian. Tentunya, sambil melihat pemandangan yang indah di seberang sana bersama kamu. Iya kamu ...