Saturday, 30 September 2017

Baso "Minion", Baso Kerikil Mas Tono

Di kota seribu satu macam baso ini, saya bisa icip-icip aneka macam baso. Salah satunya adalah baso kerikil mas Tono yang ada di jalan Cikalang Girang, dekat kompleks olahraga Dadaha, Kota Tasikmalaya. Hayu, kita cobain.

Sepanjang jalan Cikalang Girang ini, at least ada dua tukang bakso. Pertama baso gejrot Rinceu, dan satu lagi baso kerikil mas Tono. Saking banyaknya baso di kota Tasikmalaya, kayaknya peta persaingan olahan baso makin ketat. Salah satu yang unik yaitu baso kerikil ini.



Disebut kerikil, mungkin karena basonya kecil-kecil seperti batu kerikil. Semangkuk baso biasanya dihidangkan bersama pasangannya yaitu si tauge, mie, sayur/sawi , acar, perasan jeruk limau, dan daun bawang. Kuah baso pun cukup gurih, segurih bumbu atom bulan hehe. Tempat makannya cukup sederhana dan mamang-mamang yang melayani pun ramah balalageur. Kan suka ada tukang makanan yang judes tapi laku. 


Untuk rasanya, basonya enak, lulus uji standar. Lumayan lah ngasih variasi aneka baso di Tasikmalaya. Semangkuk bakso dijual mulai dari Rp12.000 sampai dengan Rp25.000, tergantung paket apa. Ada paket komplit, krikil super, krikil biasa dan baso besar biasa. Jadi, selain baso yang kecil-kecil tadi, ada juga baso besar isi cincang, baso halus atau baso urat.
Wilujeng Ngabaso..