Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tes IQ & Tes Kepribadian GRATIS


TES POTENSI AKADEMIK DAN TES KEPRIBADIAN

Beberapa hari ini saya sedang mencoba berlatih mengerjakan soal-soal tes psikologi/psikotes. Beberapa diantaranya berupa tes penalaran logis, tes verbal, tes kuantitatif, tes ketelitian dan klerikal, tes menggambar manusia atau pohon (tes Draw A Man - Bauman Test), Wartegg tes (melanjutkan gambar yang sudah ada), tes kepribadian dan tes kematangan. Saya melakukan latihan tersebut melalui buku yang memang sengaja saya beli.

Berlatih secara manual melalui kertas ternyata lumayan membosankan, apalagi saya mengoreksi sendiri hasil latihan tersebut. Lalu terpikirlah ide untuk mengikuti beberapa tes online dengan berselancar di internet. Saya sudah mencoba beberapa tes di bawah ini dan hasilnya langsung dapat kita terima. 
Sepertinya file jenis flash sudah tidak di-support di blog/website

Selain tes IQ secara kuantitatif, terdapat tes lain secara parsial. Tes tersebut akan terbagi ke dalam dua kelompok, pertama Tes Potensi Akademik /Tes IQ (menguras tenaga buat mikir) dan kedua tes kepribadian (menggambarkan gimana personality kita). Tes Potensi Akademik biasanya digunakan untuk menjaring mahasiswa baru atau calon pegawai baru baik PNS maupun Swasta berdasarkan tingkat kemampuan beberapa kategori di atas seperti ketelitian dan penalaran.


TES POTENSI AKADEMIK

Berikut ini beberapa link tes yang dapat langsung dicoba. Cekibrot!

1. Analogi Verbal (Korelasi Makna)
Contoh soal Makan : Lapar = Minum : ....
Jawab : haus

2. Antonim (Lawan Kata)
Contoh soal Lapar >< ....
Jawab : Haus

3. Sinonim-Antonim
Menentukan soal yang disediakan, apakah termasuk Sinonim (S) atau antonim (A)

4. Meneruskan Deret Angka
Mencari pola deretan angka yang disediakan dan menentukan angka selanjutnya. Contoh 1,3,5,7,9,11,... Jawab : deret tersebut merupakan deretan bilangan ganjil sehingga angka selanjutnya adalah 13 dan 15.

5. Menghitung Cepat

6. Menghitung Cepat 2

7. Informasi Singkat 1

Menuliskan kata sesuai dengan clue/pernyataan yang terdapat pada soal. Contoh pernyataan : "Bulan Ketiga Masehi" maka jawab dengan mengetikkan kata "Maret".

8. Informasi Singkat 2

9. Kemampuan Teknikal (Menghitung)

10. Tes Ketelitian 1
Menguji ketelitian kita dengan membandingkan dua kumpulan huruf apakah sama atau tidak. Jika sama berikan tanda S dan T untuk jawaban tidak sama.

11. Tes Ketelitian 2

12. Tes Kuantitatif (Menghitung) 1

13. Tes Kuantitatif (Menghitung) 2

14. Tes Penalaran Analitis

15. Tes Penalaran Logis 1

16. Tes Penalaran Logis


17. Sinonim

Sumber : ggkarir.com



TES KEPRIBADIAN



Kepribadian Manusia

Berikut ini beberapa tes kepribadian yang dapat teman-teman coba. Tes-tes berikut ini menggambarkan seperti apa kepribadian kita berdasarkan hasil analisis jawaban yang kita diberikan. Oleh karena itu jawablah dengan SEJUJUR-JUJURNYA agar hasil yang diperoleh optimal.

Pastikan anda mengerti instruksi pengerjaan sebelum memulai setiap tes. Beberapa tes di bawah ini memerlukan alamat e-mail karena hasil tes akan dikirim ke alamat e-mail kita. Bagi yang belum memilikinya dapat membuat e-mail gratis di yahoo/google mail, Selamat mencoba...
Link MBTI 16personalities --> Klik di sini


Hasil tes MBTI berupa jenis kepribadian yang mengombinasikan antara:

  • Extraversion (E)-Introversion (I)
    Umumnya orang introvert identik dengan orang yang pendiam dan ekstrovert identik dengan orang yang supel. Namun, sebenarnya konsep yang digunakan lebih luas yaitu berhubungan dengan bagaimana cara seseorang mendapatkan energi, apakah dari lingkungan luar (eksternal) atau dari diri sendiri (internal).
  • Sensing (S)-Intuition (N)
    Aspek penilaian ini melihat bagaimana cara individu mengelola informasi yang akan diterima.
  • Thinking (T)-Feeling (F)
    Aspek ini melihat landasan seseorang dalam mengambil keputusan.
  • Judging (J)-Preserving (P)
    Aspek ini digunakan untuk mengetahui bagaimana individu melihat dunia, baik dalam menilai maupun praktikal.
Saya sendiri pernah beberapa kali tes MBTI, dan hasilnya kadang berbeda-beda. Tapi lebih seringnya dapat ISFJ. Enam belas jenis hasi MBTI adalah:
  1. ISTJ
    Memiliki ciri logis, terstruktur dan bertanggung jawab. Pekerjaan yang tepat adalah polisi, manajer properti, kurator dan pengacara.
  2. ISFJ
    Identik dengan individu yang sangat konvensional, tekun, tenang, fokus pada detail dan menghargai lingkungan kerja yang terorganisasi. Pekerjaan yang tepat adalah teller, akuntan, guru dan analis.
  3. INFJ
    Memiliki ciri berorientasi kepada orang lain, cenderung pendiam dan suka hal berbau sosial. Pekerjaan yang tepat adalah terapis, psikolog, konselor, dosen, peneliti dan manajer SDM.
  4. INTJ
    Memiliki ciri sikap percaya diri dan bertindak sesuai dengan penalaran dan logika. Pekerjaan yang tepat adalah arsitek, ilmuwan, ahli statistik, akuntan dan business strategist.
  5. ISTP
    Memiliki ciri sifat tenang, pandai menemukan solusi dan fleksibel.Pekerjaan yang tepat adalah mekanik, ilmuwan politik, koki dan pilot.
  6. ISFP
    Cenderung senang bekerja sendiri dengan jadwal fleksibel. Pekerjaan yang tepat adalah pekerja sosial, apoteker, penerjemah, dokter hewan dan sutradara.
  7. INFP
    Memiliki ciri selalu ingin tahu, optimis, inovatif, terkesan lamban dan metodis. Pekerjaan yang tepat adalah artis, jurnalis, desainer grafis dan perawat.
  8. INTP
    Identik dengan ide-ide abstrak dan senang dengan pikiran yang mendalam.  Pekerjaan yang tepat adalah insinyur, komposer, dosen, peneliti dan web developer.
  9. ESTP
    Memiliki ciri sikap fleksibel, energik, senang mengambil risiko dan praktis. Pekerjaan yang tepat adalah instruktur olahraga,aktor, manajer penjualan, stock broker dan entrepreneur.
  10. ESFP
    Memiliki ciri sikap ramah dan mudah bergaul, senang menghabiskan waktu bersama orang lain. Pekerjaan yang tepat adalah dokter anak, pramugari, pemandu wisata, komedian dan evet planner.
  11. ENFP
    Memiliki ciri berenergi besar dan mampu mengambil risiko. Pekerjaan yang tepat adalah editor, perencana kota, perwakilan sales.
  12. ENTP
    Memiliki ciri tidak nyaman dengan hierarki perusahaan dan lebih suka mengembangkan bisnis sendiri. Pekerjaan yang tepat adalah pengusaha, pengacara, perencana keuangan, psikolog dan sutradara. 
  13. ESTJ
    Memiliki ciri dedikasi yang tinggi, jujur, serta mampu menemukan solusi. Pekerjaan yang tepat adalah manajer hotel, polisi, dan pelatih.
  14. ESFJ
    Memiliki ciri sikap serius, berkomitmen, peka terhadap orang lain dan praktis. Pekerjaan yang tepat adalah koreografer, peneliti, dan manajer kantor.
  15. ENFJ
    Memiliki kharisma dan empati yang besar. Pekerjaan yang tepat adalah mediator, sosiolog,terapis fisik dan sales.
  16. ENTJ
    Memiliki bakat pemimpin sejak lahir. Pekerjaan yang tepat adalah pengacara, hakim, insinyur.

Ada pendapat dari suhu di "quora" kalau kita mengambil tes mbti berkali-kali juga belum tentu menghasilkan data yang valid karena:
  • Kita cenderung menerima hasilnya, walaupun sebagian poin berbeda dengan diri kita. Biasanya kita akan memaklumi perbedaan tersebut dengan alasan "mungkin kepribadian saya seperti ini"
  • Hasil tes tergantung mood saat mengerjakan. 

Manfaat MBTI

Dibalik itu semua, mbti ini punya banyak manfaat, di antaranya:
  • Lebih mengenal kepribadian diri sendiri
  • Jadi bahan evaluasi diri supaya lebih baik lagi
  • Jadi salah satu pertimbangan karena kita tahu potensi, minat dan pekerjaan yang cocok
  • Bisa menjadi bahan pertimbangan dalam mencari partner yang pas dalam pekerjaan atau jodoh

* Semoga bermanfaat, terima kasih sudah mampir... *
Prasetyaji
Prasetyaji An Overthingker, Fighter, Teacher Wanna be

Posting Komentar untuk "Tes IQ & Tes Kepribadian GRATIS"