Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berburu Wisata Kuliner: Tempat Kuliner Tasikmalaya yang Recommended Untuk Dicoba


Apa kabar kawan pemanja lidah-laskar kunyah Tasikmalaya? Masih bingung nyari referensi makan enak dimana? Ini dia, daftar tempat makan enak versi saya. Ini hasil riset dan wawancara dengan ahli kuliner yang gak jelas reputasinya, hahaha... Mangga disimak

1. Warung Sangu Nini Anteh

Nini Anteh via rumahdanie.blogspot.com

Konsep tempatnya selayaknya warung nasi prasmana. Jadi, kamu bisa pilih dan ngambil nasi, sayur, daging sesuka hati. Yang jelas makin banyak varian lauk, harganya makin mahal. Kamu harus bayar makanan lebih dahulu sebelum bisa dimakan. Tempat makan Nini Anteh cukup nyaman, berasa di rumah. Banyak barang-barang antik, bahkan pempat minum dan piringnya pun pakai alat makan jadul. 

 

Menu favorit di sini adalah ayam bakar/bakakak ayam dan ikan bakar yang dibeuleum dadakan. Harga standar menengah ke atas. Parkiran mobil terbatas karena Jalan Dewi Sartika kecil banget. Lokasi persis bisa dicari di google maps ya. Saya ngerekomendasi Warung Nini Anteh buat kalian yang datang ke Tasik dan nggak punya waktu lama buat jajan. Rasa masakannya berasa masakan rumahan.


2. Mie Baso Laksana
 
Baso Laksana via eocommunity.com
 
Nggak afdol kalau berkunjung ke Tasikmalaya kalau nggak makan baso/mie yamin nya. Nah, salah satu kedai baso yang terkenal dan lokasinya strategis dekat masjid agung (pusat kota) adalah Mie Baso Laksana (nggak pake Raja di laut). Cita rasa basonya menurut saya enak, tapi nggak wow. Yang saya suka banget adalah mie yamin asin Baso Laksana dengan topping ayam cincang, babat dan pangsit. Tambahin pangsit goreng, saus bawang, bikin rasanya ambah ajib. 
 
Kendati harga Mie Baso Laksana nggak bisa dibilang murah, tapi pengunjung setianya tetap memenuhi tempat makan ini. Penyajian baso cukup cepat karena banyak banget pegawainya. Mie Baso Laksana termasuk mie Chinese Halal di Tasikmalaya.

3. Tutug Oncom Benhil
 
Tutug Oncom Benhil Dadaha

Sebenarnya nasi tutug oncom benhil ini simpel banget. Cuma nasi hangat diaduk sama oncom yang sudah dibumbui ditambah sambal ijo sama sambel merah. Jangan lupa ambil bala-bala hangat atau gorengan lain dan lalapan. Tap anehnya kesederhanaan ini bisa mamamia lezatos daripada masakan mewah di resto. Yes, simplisity is key to happiness haha... 

Tempat makan nasi tutug oncom atau disingkat TO Benhil ada di dekat lapangan Dadaha, di pinggir sungai kecil. Walaupun begitu, pengunjungnya udah ramai lancar sejak pagi karena kalau siangan dikit, nasi TO nya udah habis. Harganya murah meriah. Kalau saya makan ke sana, nggak cukup nasi satu porsi dengan tambahan sambal ijo yang seger dan beberapa goregan. #ngiler.

4. Pepes RM Jembar
 
Pepes RM Jembar via saungjembar.blogspot.com
 
Makan siang di Tasik enaknya makan masakan Sunda. Satu tempat yang nggak jauh dari kota, ada Rumah Makan Jembar dengan menu pepes yang khas. Kalau kamu lagi ngidap pengen makan pepes ayam, pepes ikan, coba deh ke RM Jembar yang ada di Jalan Laswi (detail lokasi cek google maps yak). Tempat makannya nyaman, ada lesehan gitu. Parkir mobil luas, harga makanannya juga bersahabat. Ada tutut juga di sini. Enak, cobain!

5. RM Saung Ranggon
 
Oseng Ceker Pedas
 
Nah, kalau tempat yang satu ini rajanya tempat makan masakan Sunda. Orang Tasik kayaknya hapal Saung Ranggon karena tempatnya instagrammable, pemandangannya indah karena dekat sawah, ada kolam ikan, bale-bale/saung lesehan dan parkirannya luas. Dan yang jelas, rasa masakannya enak-enak. 
 
Kalau nggak salah, Saung Ranggon ini milik seorang guru yang sukses bikin tempat makan yang enak. Menu andalannya ada banyak, misal aneka olahan gurame (bakar, asam manis, cobek), sate, aneka jus. Menu favorit saya ke sana salah satunya adalah oseng ceker pedas yang bikin seger. cekernya empuk, bumbunya pas dan segar karena aroma daun jeruknya mantul. 
 
Saung Ranggon jadi tempat favorit untuk makan bersama keluarga besar, untuk menikmati masakan Sunda yang ngeunah!
 
Wilujeng Jajan!