Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 SMA Unggulan di Kota/Kabupaten Sukabumi Versi LTMPT 2021


 
Tak terasa, kita sudah masuk awal tahun baru 2022. Sebentar lagi, proses penerimaan siswa/siswi baru SMA sederajat pun dimulai. Beberapa SMA swasta bahkan sudah membuka proses pendaftaran siswa/i baru sejak November 2021 lalu.

Tidak hanya terkenal dengan keindahan alam pegunungan dan pantainya, wilayah Sukabumi yang terdiri atas dua pemerintah daerah yaitu Kota Sukabumi dan Kabupaten Sukabumi, ternyata memiliki sekolah-sekolah menengah tingkat atas yang cukup baik kualitasnya. "Nggak bisa serta merta bilang bagus dong, harus ada standarnya kan?" Bener banget, memang harus ada dasar yang jelas ketika menilai kualitas suatu sekolah. Nah, kali ini admin akan membagikan hasil penelusuran tentang top 1000 SMA berdasarkan hasil UTBK tahun 2021 di laman Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Kemdikbud.

Bagi yang belum tahu apa itu UTBK, jadi gini. UTBK itu singkatan dari Ujian Tulis Berbasis Komputer yang menjadi bagian dari proses Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).  Kalau dulu SBMPTN ini namanya SPMB, UMPTN dan lain-lain, tes tertulis dikerjakan dengan mengisi Lembar Jawaban Komputer/LJK dengan mengisi bulatan pakai pensil 2B (generasi old pasti inget hehe..). Berhubung sekarang berbagai tes sudah pakai komputer, jadi tes SBMPTN sekarang langsung dikerjakan di komputer sehingga disebut UTBK. Sampai sini paham ya, jangan bingung lagi kalau ditanya apa bedanya UTBK sama SBMPTN. 

Langsung aja, berikut ini 7 (tujuh) SMA di wilayah Kota/Kab. Sukabumi yang masuk top 1000 SMA se-Indonesia berdasarkan rata-rata nilai UTBK (SBMPTN) tahun 2021. Iya bener, cuma ada 7 (tujuh) sekolah ini aja yang masuk top 1000 SMA se-Indonesia. Check it out!

1. SMA Pesantren Unggul Al Bayan, Cibadak, Kab. Sukabumi (Swasta)
Ranking 85 Nasional dan ke-9 Jawa Barat

Peringkat pertama skor tertinggi UTBK SMA asal Sukabumi diraih oleh SMA Pesantren Al Bayan Cibadak dengan rata-rata nilai 576,549. Nilai ini membawa SMA PU Al Bayan ke dalam ranking 85 nasional dan ranking 9 se-Provinsi Jawa Barat. Saya sih tidak heran kalau SMA PU Al Bayan jadi SMA numero uno di Sukabumi, mengingat dari dulu pun SMA PU Al Bayan sudah wara-wiri di berbagai kejuaraan di level kota/kabupaten, provinsi bahkan nasional. Faktor jumlah siswa yang sedikit, biaya pendidikan yang cukup besar menjadikan fasilitas dan kualitas tenaga pendidik di SMA PU Al Bayan di atas rata-rata sekolah di Sukabumi. Sekolah ini mengombinasikan pendidikan agama Islam, pesantren dan IPTEK. Good job civitas SMA PU Al Bayan! Semoga semakin bagus dan membuka kuota banyak beasiswa bagi siswa/i lokal Sukabumi.

2. SMA Insan Cendekian Al Kausar Sukabumi, Parungkuda, Kab. Sukabumi (Swasta)
Ranking 159 Nasional dan ke-19 Jawa Barat

SMA Insan Cendekia Al Kausar sudah sejak lama menjadi sekolah ungulan di Sukabumi. Mengusung pendidikan Islam, mayoritas siswa/i SMA IC Al Kausar berasal dari luar kota. Tidak berbeda jauh dengan SMA PU Al Bayan, biaya pendidikan di SMA ini juga cukup tinggi. Berbagai prestasi di level kota/kabupaten, provinsi dan nasional pun sering diraih oleh civitas SMA IC Al Kausar. 

Dengan skor 562,634, SMA IC Al Kausar menenmpati peringkat 159 nasional dan peringkat 19 se-Jawa Barat. Good job civitas SMA IC AL Kausar! Semoga semakin bagus dan  membuka banyak kuota beasiswa bagi siswa/i lokal Sukabumi.


3. SMA Negeri 3 Kota Sukabumi
Ranking 479 Nasional dan ke-82 Jawa Barat

SMA Negeri 3 Kota Sukabumi atau lebih sering disingkat Smanti ini juga sudah menjadi salah satu sekolah unggulan di Sukabumi. Sekolah yang berlokasi di daerah Ciaul, Kota Sukabumi ini menempati peringkat 479 nasional dan peringkat 82 se-Jawa Barat. Sekolah dengan batik bernuansa merah ini, sudah sering mendapat prestasi akademik dan non akademik di level regional dan provinsi Jawa Barat.


4. SMA Mardi Yuana, Kota Sukabumi (Swasta)
Ranking 889 Nasional dan ke-153 Jawa Barat

SMA Mardi Yuana Sukabumi atau disingkat SMA MY berlokasi di pusat kota Sukabumi, di Jl, R.E. Martadinata, dekat dengan kawasan kuliner "Dago" Sukabumi. SMA MY Sukabumi didirikan sejak 1950 di bawah Yayasan Katolik Mardi Yuana. Nilai  UTBK 2021 SMA MY Sukabumi menempati ranking 889 nasional dan ke-153 se-Jawa Barat.


5. SMA Negeri 1 Kota Sukabumi  
Ranking 893 Nasional dan ke-154 Jawa Barat

SMA Negeri 1 Sukabumi atau disingkat Smansa berlokasi di Jl. R.H. Didi Sukardi, Kecamatan Citamiang Kota Sukabumi. Sekolah ini merupakan SMA pertama di Kota Sukabumi yang didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967. Bersaing ketat dengan Smanti Sukabumi, Smansa pun sering berprestasi di bidang akademik dan non akademik di level regional s.d. nasional. Skor UTBK 2021 membawa Smansa Sukabumi menjadi peringkat 893 nasional dan peringkat 154 se-Jawa Barat.


6. SMA Negeri 1 Cibadak, Kab. Sukabumi
Ranking 907 Nasional dan ke-157 Jawa Barat

SMA Negeri 1 Cibadak menjadi satu-satunya SMA negeri yang berasal dari Kabupaten Sukabumi yang masuk ke dalam top 1000 nasional, yaitu ranking 907 nasional dan ke-157 se-Jawa Barat. Tahun sebelumnya, SMAN 1 Cibadak tidak masuk ke dalam top 1000 nasional. Sekolah yang memiliki semboyan "Vidya Dharma Anoraga" ini berlokasi di  Jl. Perintis Kemerdekaan No.72, Cibadak, Sukabumi, berdekatan dengan SMA PU Al Bayan. Kedua sekolah tersebut sering bersaing dalam berbagai perlombaan di tingkat Kab. Sukabumi.


7. SMA Pesantren Terpadu Hayatan Thayyibah Kota Sukabumi (Swasta)
Ranking 1000 Nasional dan ke-169 Jawa Barat

SMA Pesantren Terpadu Hayatan Thayyibah atau sering disebut SMA Hatoy menjadi sekolah terakhir dari Sukabumi yang masuk ke dalam top 1000 SMA se-Indonesia, yaitu peringkat 1000 nasional dan ke-169 se-Jawa Barat. Sekolah yang mengusung konsep pesantren ini berlokasi di Jl. Karamat, Kecamatan Gunung Puyuh Kota Sukabumi. SMA Hatoy menyediakan beasiswa full bagi siswa/i yang berprestasi di Olimpiade Sains Nasional tingkat provinsi atau nasional dan bagi hafiz Al Quran 30 Juz.

Well...
Itulah sekolah-sekolah yang masuk top 1000 SMA se-Indonesia versi nilai UTBK LTMPT tahun 2021 asal Sukabumi. Artinya, siswa-siswi sekolah di atas memiliki nilai yang cukup bagus saat SBMPTN. Menurut saya, dasar penilaian ini cukup objektif ya karena proses tes SBMPTN lumayan ketat/minim dari kecurangan sehingga persaingan antarsiswa pun menjadi lebih sehat. Saya selalu salut dengan mereka yang lulus PTN melalui jalur SBMPTN karena menurut saya mereka sudah sangat teruji. Dan yang paling penting, menurut saya skor rata-rata UTBK ini menjadi indikator seberapa banyak lulusan SMA yang diterima di universitas favorit. 

Kalau teman-teman punya orang tua dengan kemampuan finansial lebih dan ingin belajar hidup mandiri, bisa memilih SMA Islam/pesantren seperti SMA PU Al Bayan, SMA IC Al Kausar atau SMA PT Hayatan Thayyibah. Teman-teman juga bisa memilih SMAN 1 Sukabumi, SMAN 3 Sukabumi dan SMA Katolik Mardi Yuana khususnya bagi kalian yang berdomisili di Kota Sukabumi. Bagi warga Cibadak dan sekitarnya, bisa memilih bersekolah di SMAN 1 Cibadak.

Jadi, kamu mau pilih SMA yang mana dari tujuh sekolah unggulan di atas supaya diterima di PTN impianmu?

*Selamat Berjuang*


Posting Komentar untuk "7 SMA Unggulan di Kota/Kabupaten Sukabumi Versi LTMPT 2021 "