Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kampus Jurusan Perpustakaan Terbaik di Indonesia

Kuliah Jurusan Perpustakaan Terbaik di Indonesia

Halo wargi online! Pernah nggak kalian kepikiran kuliah di kampus jurusan Ilmu Perpustakaan? Hmmm..jarang banget kayaknya yang tahu dan yakin mau kuliah di jurusan ini, kecuali udah pernah ngulik atau punya kenalan lulusan ilmu perpustakaan. Berikut ini jurusan ilmu perpustakaan terbaik di Indonesia.

Well, kali ini saya mau membagikan jurusan kuliah yang mungkin terdengar jarang di beberapa orang tapi sangat dibutuhkan, apalagi di dunia pendidikan. Yup, ada jurusan Ilmu Perpustakaan atau jurusan Perpustakaan atau jurusan Perpustakaan dan Data Informasi. Tiap kampus beda-beda nama jurusannya, tapi inti ilmu yang dipelajari tetap sama yaitu seputar perpustakaan.

Apa sih kuliah jurusan Perpustakaan?

Jurusan ilmu perpustakaan ini sebetulnya masih turunan dari ilmu administrasi, yaitu konsentrasi dari ilmu administrasi publik. Jurusan perpustakaan mengurusi pengelolaan arsip/data, informasi penting,tata kelola perpustakaan, dan yang paling penting mengedukasi masyarakat tentang pentingnya memahami literatur perpustakaan. Gampangnya, mengajak masyarakat untuk mau membaca dan menambah literatur bacaan. 

"Pada intinya jurusan ilmu perpustakaan itu mempelajari bagaimana mengolah, mengelola dan mengkomunikasikan atau mendiseminasikan informasi. Informasi itu bisa dari banyak media, dari buku sampai digital. Lalu, bukan hanya soal teknis saja, tapi juga aspek manajerial perpustakaan dan arsip"

-Tamara Adriani Salim, Dosen Prodi Ilmu Perpustakaan Universitas Indonesia-  

Nama jurusan perpustakaan ternyata berbeda-beda di tiap universitas, termasuk jenjang, dan nama fakultas yang menaunginya juga berbeda-beda. Tapi secara umum ada empat istilah untuk jurusan terkait perpustakaan:

  • D-III/S-1 Perpustakaan 
  • S-1 Ilmu Informasi dan Perpustakaan
  • S-1 Ilmu Perpustakaan
  • S-1 Perpustakaan dan Sains Informasi 
Selebihnya kombinasi antara kata "perpustakaan" dan kata  "informasi"

Di UPI Bandung, lulusan prodi Perpustakaan dan Sains Informasi diberikan gelar akademik S.S.I atau Sarjana Sains Perpustakaan. Di kampus lain, bisa jadi lulusan jurusan perpustakaan diberi gelar S.Sos (Sarjana Sosial), S.Hum (Sarjana Humaniora), atau S.I.Pust (Sarjana Ilmu Perpustakaan), tergantung fakultas yang menaungi atau penggolongan jurusan tersebut. Kalau di Unpad, jurusan perpustakaan dan Sains Informasi berada di bawah Fakultas Ilmu Komunikasi. Di Undip, S-1 Ilmu Perpustakaan di bawah Fakultas Ilmu Budaya (FIB).

Seiring perkembangan teknologi, jurusan perpustakaan saat ini mempelajari juga tentang basis data, psikologi, biblioterapi, desain gedung/ruang, kewirausahaan, pemrograman dan pengelolaan data digital. Pokoknya mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan tata kelola perpustakaan dan kenyamanan pengunjung/pemustaka.  

Bagaimana prospek kerja lulusan Ilmu Perpustakaan?

Lulusan jurusan perpustakaan bisa jadi pustakawan, staf administrasi, arsiparis di instansi pemerintah, analis data di bagian RnD (Research and Development) baik di instansi swasta atau pemerintah. Kalau dari pengalaman saya, instansi pemerintah biasanya butuh arsiparis dan pustakawan (di lembaga pendidikan) yang cukup banyak. Bahkan, beberapa teman saya juga bilang lulusan perpustakaan banyak yang berkarier menjadi PNS/ASN. Apalagi sekarang sedang dibuka lowongan PPPK atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja, lulusan ilmu perpustakaan/pustakawan cukup banyak dbutuhkan. Jadi, lulusan prodi perpustakaan orientasinya bukan jadi penjaga perpustakaan ya manteman, prospek kerjanya ternyata lebih luas dari itu.

Berapa biaya kuliah di Ilmu Perpustakaan?

Untuk detail biaya semua kampus, manteman bisa cek sendiri di website resmi kampus masing-masing ya. Sebagai contoh, berikut ini biaya kuliah jurusan ilmu perpustakaan di Universitas Diponegoro (UNDIP) tahun 2021. Kalau manteman masuk melalui jalur SNMPTN/SBMPTN, cukup membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) sebesar Rp500 ribu s.d. Rp7 juta (Golongan I s.d.8). Jurusan perpustakaan bukan termasuk jurusan dengan uang kuliah yang mahal, seperti jurusan farmasi, teknik atau kesehatan.

Daftar Jurusan Kuliah Perpustakaan Terbaik di Indonesia

Berikut ini daftar jurusan terkait dengan perpustakaan dengan akreditasi "A" atau unggul/amat baik dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi - Kemdikbud. Pilihan kampus terbaik di bidang perpustakaan ini tersedia, mulai dari jenjang D-III, S-1, dan S-2.

  1. D-III Perpustakaan Universitas Airlangga
  2. D-III Perpustakaan Universitas Lampung
  3. D-III Perpustakaan Universitas Negeri Malang
  4. D-III Perpustakaan Universitas Sumatera Utara
  5. S-1 Ilmu Informasi Dan Perpustakaan Universitas Airlangga
  6. S-1 Ilmu Perpustakaan Universitas Brawijaya
  7. S-1 Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro
  8. S-1 Ilmu Perpustakaan Universitas Indonesia
  9. S-1 Ilmu Perpustakaan Universitas Islam Negeri Alauddin
  10. S-1 Ilmu Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  11. S-1 Ilmu Perpustakaan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
  12. S-1 Ilmu Perpustakaan Universitas Sumatera Utara
  13. S-1 Perpustakaan dan Informasi Universitas Pendidikan Indonesia
  14. S-1 Perpustakaan dan Sains Informasi Universitas Padjadjaran
  15. S-1 Perpustakaan dan Sains Informasi Universitas Yarsi
  16. S-2 Ilmu Perpustakaan Universitas Indonesia

Rekomendasi Kuliah Jurusan Perpustakaan di Indonesia?

Kalau ditanya, saya akan milih daftar di:
  • S-1 Ilmu Perpustakaan Universitas Indonesia (UI), alasannya karena UI salah satu kampus terbaik di Indonesia;
  • S1 Perpustakaan dan Informasi Universitas Pendidikan Indonesia/UPI karena bisa kuliah di Bandung. Kalau di daerah Jatim/Jateng bisa di UNAIR, UNDIP, UNBRAW. Kalau di Sumatera bisa di UNILA, USU sesuai domisili lah ya;
  • S1 Perpustakaan dan Sains Informasi Universitas Padjadjaran/UNPAD karena di bawah fakultas Ilmu Komunikasi, jadi lebih kaya ilmu karena dapat tambahan ilmu komunikasi.
  • Untuk jenjang S-2, jelas di Ilmu Perpustakaan UI karena satu-satunya S-2 Ilmu Perpustakaan yang mendapat akreditasi "A".
Aspek domisili, uang kuliah, atau pertimbangan lain menyesuaikan dengan kebutuhan pribadi ya manteman.

-Semoga Bermanfaat-

Posting Komentar untuk "Kampus Jurusan Perpustakaan Terbaik di Indonesia"