Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Bahasa Jerman : E-book, Modul Bahasa Jerman Gratis

Sumber: google

Wie geht es Ihnen? lasst uns Deutsch Sprache lernen

Saya mau sok-sok'an ngomong Bahasa Jerman ah, siapa tahu bisa kuliah di sana #hope. Maksud dari kalimat tadi adalah "Apa kabar?", "Belajar Bahasa Jerman Yuk". Maaf aja kalau grammar nya salah, soalnya hasil translate mbah google.hehe...  Kalau ngomongin Jerman, saya teringat pada tokoh nasional yang luar biasa yakni Bapak B.J. Habibie. Setelah lulus dari ITB, beliau melanjutkan kuliah di Jerman dan bekerja di sana. Sama seperti beberapa bahasa daerah di Indonesia, ternyata Bahasa Jerman memiliki 18 jenis dialek (Jerman Tengah dan Jerman Dataran Tinggi, tidak termasuk Jerman Dataran Rendah dan Yiddish).

Anyway, kenapa kita harus belajar Bahasa Jerman ya, apa sih keunggulan bahasa Jerman?. Banyak banget alasan mengapa kita harus belajar bahasa asing, especially Deutsch, such as :

  1. Bahasa Jerman penting dipelajari karena digunakan sebagai salah satu bahasa internasional. Lebih dari 101 juta orang di dunia berbahasa Jerman dan sekitar 20 juta orang di seluruh dunia mempelajari bahasa Jerman. Bahasa Jerman menjadi bahasa ibu bagi 100 juta orang yaitu penduduk negara Jerman, Austria, Swiss, Liechtenstein, Luxembourg, Belgia (German-speaking community of Belgium), Italia (Province of Bolzano-Bozen). Bahasa jerman menempati urutan ke-12 bahasa yang paling umum digunakan di dunia dengan persentase sebesar 2,1% dari populasi dunia (data baheula ya guys).

  2. Bahasa Jerman adalah bahasa yang penting untuk perdagangan. Jerman adalah negara pengekspor utama di dunia. Jerman memiliki ekonomi yang kuat dan partner industri-perdagangan paling penting bagi indonesia di Uni Eropa. Dalam 10 tahun terakhir, bahasa Jerman menjadi linguafranca regional di negara-negara eropa tengah dan timur. 

  3. Bahasa Jerman menempati kedudukan kuat dalam pengetahuan dan sastra. Masyarakat Jerman modern mendasarkan diri pada pengetahuan: pengetahuan dan penelitian menempati kedudukan kuat dalam kehidupan umum di Jerman.

  4. Bahasa Jerman sebagai bahasa kebudayaan dapat membuka wawasan intelektua. Melalui bahasa Jerman, kita bisa belajar tentang kebudayaan dalam bentuk sastra dan musik, teater film, arsitektur, lukisan, filosofi dan seni. 

  5. Bahasa jerman menjadi jalan pembuka supaya bisa kuliah di universitas Jerman.

  6. Dengan memiliki pengetahuan bahasa Jerman akan membuka peluang kesempatan pelatihan, studi dan pekerjaan yang menarik di perusahaan Jerman atau bisa juga bergelut di bidang pariwisata dan kegiatan yang berhubungan dengan orang Jerman.



Cara Membaca Tulisan Jerman 


Sambil nunggu proses download ebook nya (link ada di bagian bawah), baca dulu cara membaca bahasa Jerman. Membaca bahasa Jerman ternyata sama dengan bahasa Indonesia. Yang membedakannya adalah :

# Bentuk umlaut (ä,ü dan ö):
(ä dibaca e seperti pada kata bebek)
->contoh: (Anak perempuan) Mädchen dibaca Medchen
(ü dibaca u tapi mulut sedikit dimonyongkan)
->contoh: (Pulpen) Füller dibaca Fuuller
(ö dibaca eu seperti pada kata peuyeum)
->contoh: (Mendengar) Hören dibaca Heuren

# Bentuk lain:
->eu dibaca oi contoh: (mata uang) Euro dibaca Oiro
->ei dibaca ai contoh: (Polisi) Polizei dibaca Policsai
->z dibaca seperti c dan s contoh: (Kereta Api) Zug dibaca Csug
->j dibaca y contoh: (anak kecil cowok) Junge dibaca Yunge
 
Sangat mudah membaca lafal kata dalam bahasa Jerman, karena kebanyakan lafalnya mirip dengan bahasa Indonesia. Asal tertib memakai aturan2 di atas, kita sudah bisa sukses bicara dengan lafal yang benar. Jika dibandingkan dengan bahasa Inggris, lafal bahasa Jerman lebih bersahabat.


Link Download ebook - Modul Bahasa Jerman. Silakan disedot gan!


1.   Kamus Indo-Jerman  Kamus Indonesia-Jerman.pdf Oleh O. Solihin
2.  Ebook dari Was Ist Los  ini terbagi menjadi 12 bagian. Anda dapat mendownload per bagian atau langsung full ebook. Language: English - Germany Kelebihan ebook ini adalah pembahasan yang interaktif disertai gambar.

3.  Blog yang aktif memberikan pelajaran Bahasa Jerman http://syams.wordpress.com/
4. Model Soal Latihan A-1 bahasa Jerman dari Geothe Institute:
Sumber :
http://imisup.blogspot.com/2009/11/tips-belajar-bahasa-jerman.html
http://tina.blogsome.com/2005/07/28/cara-membaca/  dan berbagai sumber lainnya.


7 komentar untuk "Belajar Bahasa Jerman : E-book, Modul Bahasa Jerman Gratis"