Tuesday, 7 February 2012

Pasti Anda Belum Tahu Ada Pabrik Keju di Sukabumi


Pasti Anda Belum Tahu Ada Pabrik Keju di Sukabumi
(Natura Cheese, Bukit Baros - Sukabumi)
 
Sumber: google.com
"This's it, orek tempe campur Leunca Atah ala chef Farah Queen". Kali ini saya bukan membahas Farah Queen lo, It just related to her show in Trans TV. I know there's a place  in Sukabumi which make cheese first time from her show. In that episode, She visited to Sukabumi, looked in to cheese factory and cooking of course.

Pabrik keju yang terletak di Desa Sasagaran, Baros, Sukabumi ini bernama Natura ala Gouda Cheese. Pabrik keju ini dikelola oleh CV Bukit Baros Cempaka (BBC). Gouda, label keju produksi BBC, adalah sebuah kota di Belanda tempat asal ahli keju yang melatih di Bukit Baros Cempaka. Untuk menghasilkan Keju ini, pengelola setempat  menggunakan susu sapi Frisian Holstein yang didatangkan langsung dari Belanda. Sapi jenis ini dipilih karena bisa beradaptasi di alam Indonesia.


Untuk mencapai pabrik keju ini, Anda dapat dengan menggunakan kendaraan umum atau pribadi. Dari Jalan Raya Cisaat-Sukabumi, belokkan mobil menuju Jalan Raya Cemerlang atau ke arah Segaranten di pertigaan pertama atau setelah pom bensin arahkan mobil ke kiri ke arah Jalan Raya Baros. Tidak jauh dari Polsek Baros atau sekitar 1 km terdapat pangkalan ojek Nanggala,  BBC hanya sekitar 2 km dari pangkalan ojek tersebut.

Jika Anda berkunjung ke BBC, jangan bayangkan pabrik keju yang luas atau menjulang tinggi. Pabrik Natura Ala Gauda tergolong kecil dan hanya dijalankan 11 karyawan yang berasal dari desa setempat. Di Pabrik ini, proses pasteurisasi, pencetakan sampai perendaman dalam air garam dilakukan dalam satu ruangan. Sedangkan untuk pembuatan keju naturella dan proses fermentasinya dilakukan di ruangan lain.  

Karena keunikannya, banyak masyarakat terutama anak-anak sekolah melakukan wisata edukasi ke BBC. Sejumlah kelompok bermain dari Jakarta beberapa kali mengikuti program one day trip (ODT) ala BBC untuk melihat dari dekat proses pembuatan keju di Pabrik Keju Natura ala Gouda yang dikelola BBC. Selain mengamati proses pembuatan keju, anak-anak pun akan diajak bermain di alam terbuka (outbond), memerah susu sapi dan melihat perkebunan teh. Bagi Anda yang berminat mengunjungi pabrik keju ini wajib melakukan konfirmasi kedatangan terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan tidak semua orang bisa langsung datang ke BBC tanpa konfirmasi dari CV Bukit Baros Cempaka yang beralamat di Gedung Titan, Jl Slamet Riyadi Jakarta. Wisata ini tidak di buka setiap hari.

Berikut ini kisah perjalanan wisata di pabrik keju BBC Sukabumi oleh kelompok bermain anak-anak dan orang tuanya.

Tiga hingga tiga setengah jam perjalanan dari Jakarta cukup membuat penat tapi setelah melewati hamparan pohon sawit dan pinus, serta gemercik sungai Cimandiri yang berada di bawah jalan menuju Saung Kutilang rasa itu pun hilang. Ketika tiba di sana, kami langsung disambut oleh beberapa staff pengelola CV Bukit Baros Cempaka (BBC) dengan ramah, mereka pun langsung mempersilahkan untuk duduk di Saung Kutilang dan mempersilahkan untuk mencicipi welcome drink ala Bukit Baros, es kelapa muda. Dahaga yang mengelayut di kerongkongan pun terobati dengan segelas es kelapa muda. Di sebelah kanan tertata nasi timbel, tahu goreng, tempe goreng, ayam goreng dan lalapan untuk makan siang.

Kelapa muda ini bukan sembarang kelapa muda karena selain kelapa ini dipetik dari hasil panen sendiri juga rasa manis air kelapa bukan dari gula. “Orang menyebutnya sebagai kelapa madu, manisnya seperti madu inilah yang membuat beda dengan kelapa muda yang ada di tempat lain,” kata Indrawati Lasmana Marketing Manager Bukit Baros Cempaka.

Sebelum melakukan wisata keliling dan makan siang, peserta diajak untuk mengetahui cara pembuatan keju yang disampaikan secara lisan dan gambar. Tepat jam 13.00 dimulai dari saung kutilang peserta beranjak berjalan menuju ke Pabrik Keju melalui hutan pinus yang rindang dan menyegarkan, jalan berbatu menanjak hutan pinus yang hanya berjarak sekitar 500 meter. Bagi yang menyukai olahraga Hiking, mungkin jalan ini tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan jalur-jalur hiking yang sebenarnya.

Sesampainya di Pabrik Keju, peserta yang terdiri dari anak-anak kelompok bermain ini hanya diperkenankan melihat dari atas dan tidak boleh masuk ke area pabrik. “Larangan ini dilakukan agar higienisnya pengolahan keju tetap terjaga, apalagi pabriknya tidak begitu besar,” kata Indrawati.

Peserta bisa menyaksikan proses pembuatan keju yang dimulai dari pasteurisasi susu segar dalam suhu 65 derajat Celcius. Kemudian, diberi bahan penggumpal, diaduk rata, dan dibiarkan selama 30 menit untuk mengeluarkan air dari gumpalan. Cairan yang tak terpakai ini bisa dibuat mentega. "Rasanya mirip mentega dari Negeri Belanda, lho," ujar Takiuddin salah seorang staf produksi.

Setelah berbentuk padat, gumpalan keju diiris dan dicetak. Setelah itu, keju direndam dalam air garam, ditiriskan untuk proses pematangan selama 2—4 bulan. Selama proses tersebut, keju harus dicek setiap saat untuk menghindari terjadinya pembusukan.


 

Di sini peserta bisa mencicipi keju muda (young cheese) yang sudah melalui proses pemeraman selama 2 bulan. Mini cheese ini sangat disukai anak-anak, bahkan beberapa dari mereka meminta lagi, karena bisa langsung disantap. Sebagai minuman pendamping mini cheese, pihak pengelola memberikan produk turunan susu, yakni yoghurt rasa stroberi.

Memerah Susu

Dari pabrik keju, peserta diajak menyusuri kembali jalanan di pinggiran hutan pinus menuju kandang kambing. Anak-anak diberi kesempatan untuk berinteraksi dan memberi makan ternak. Perjalanan dilanjutkan ke kandang sapi. Di sini mereka diajarkan tahapan cara memerah susu sapi secara tradisional dengan benar dan bersih. “Hasil susu-susu inilah yang kemudian diolah menjadi keju seperti di pabrik tadi,” jelas Ir. Made Sumarhaeni, pemandu wisata kepada peserta.

Tidak berhenti sampai di kandang sapi, mereka pun digiring menuju ke kebun teh. Di kebun teh ini peserta hanya diajarkan cara memetik teh yang benar karena memang di BBC tidak ada pabrik pemrosesan teh.


Setibanya dari kebun teh peserta bebas melakukan kegiatan apa saja di base camp. Mereka boleh memanfaatkan berbagai permainan. Pihak pengelola juga sudah menyediakan berbagai peralatan pendukungnya. Banyak fasilitas lain yang bisa dinikmati di Bukit Baros ini antara lain, flying fox, spider web, camping, paint ball, dan wall climbing. “Secara keseluruhan acara kunjungan ke pabrik keju ini mengasyikkan,” tutur salah satu orang tua peserta dari Jakarta.


Buah Tangan Serba Keju


Usai mengikuti wisata sehari, peserta BBC dapat membeli keju dan produk mengandung keju sebagai buah tangan. Ada keju, yoghurt, aneka snack dan kue-kue kastengel yang berbahan dasar keju. “Kami memberikan harga diskon bagi peserta yang datang berombongan,” Indrawati berpromosi.

Kunjungan ke Pabrik Keju Natura, Bukit Baros: CV. Bukit Baros Cempaka membuka untuk kunjungan ke Pabrik Keju Gouda bagi masyarakat yang hendak melihat proses pembuatan keju dengan jumlah rombongan minimal 25 orang dengan biaya Rp. 95.000 / orang (hanya termasuk tiket masuk, welcome drink dan makan siang menu sunda). Harga dicatat pada bulan April 2011. Info kunjungan: 021 – 8583985 atau Ibu Indrawati (081514048577)Untuk kunjungan rombongan ke pabrik keju, sebelumnya harus melakukan konfirmasi kunjungan dan pelunasan pembayaran kepada CV Bukit Baros di Gedung Titan, Jl Slamet Riyadi Jakarta karena wisata kunjungan ke pabrik ini tidak di buka setiap hari.Bila tidak datang dalam rombongan, kita masih bisa berkunjung ke area sekitar pabrik untuk menikmati pemadangan alam, dan menyantap hidangan serba Keju dan Yoghurt di café Dapur Keju, namun tidak diperkenankan masuk ke dalam pabrik dan melihat proses pembuatan keju. Cara menuju ke NATURA CHEESE, BUKIT BAROS:Pabrik keju Natura ala Gouda bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum atau pribadi. Dari Jalan Raya Cisaat Sukabumi, belokan mobil menuju Jalan Raya Cemerlang atau ke arah Segaraanten di pertigaan pertama atau setelah pom bensin arahkan mobil ke kiri ke arah Jalan Raya Baros. Tidak jauh dari Polsek Baros atau sekitar 1 km terdapat pangakalan ojek.

Natura Cheese, Bukit Baros
Alamat Pabrik:
Desa Sasagaran, Baros, Sukabumi
(0266) 212491

Alamat Kantor:
PT Karya Titan Grup
Gedung Titan 1st Floor
Jalan Slamet Riyadi 7, Jakarta
(021) 8580515

 

Sumber :
http://indonesiaindonesia.com/f/15026-pabrik-keju-baros-sukabumi/
http://www.agrina-online.com/show_article.php?rid=11&aid=333
http://dombagarut.blogspot.com/2008/05/info-menarik-pabrik-keju.html


*Terima Kasih, Semoga Bermanfaat*