Tuesday, 9 October 2012

Banjir Event di HUT Kota Bandung Ke-202 Tahun 2012



Banjir Event di HUT Kota Bandung Ke-202 Tahun 2012


Sejarah Kota Bandung
Pada tahun 1990 kota Bandung menjadi salah satu kota teraman di dunia berdasarkan survey majalah Time. Kota yang diberi julukan kota kembang dan Paris van Java ini dikenal sebagai kota belanja dan pendidikan. Banyaknya mall dan factory outlet yang tersebar di kota ini membuat Bandung dijadikan pilot project kota terkreatif se-Asia Timur oleh British Council . 

Kata “Bandung” berasal dari kata bendung atau bendungan karena  sungai Citarum terbendung oleh lava Gunung Tangkuban Perahu, lalu membentuk telaga. Legenda mengatakan bahwa nama “Bandung” diambil dari sebuah kendaraan air yang terdiri dari dua perahu yang diikat berdampingan. Perahu Bandung digunakan oleh Bupati Bandung, R.A. Wiranatakusumah II, untuk melayari Citarum ketika mencari ibukota baru menggantikan ibukota yang lama di Dayeuhkolot.

Kota Bandung mulai dijadikan sebagai kawasan pemukiman sejak pemerintahan kolonial Hindia-Belanda, melalui Gubernur Jenderal Herman Willem Daendels. Ia mengeluarkan surat keputusan tanggal 25 September 1810 tentang pembangunan sarana dan prasarana di kawasan Bandung. Hari tersebut lalu diabadikan sebagai hari jadi kota Bandung.

Kota Bandung secara resmi mendapat status gemeente (kota) dari Gubernur Jenderal J.B. van Heutsz pada tanggal 1 April 1906. Luas wilayah waktu itu sekitar 900 ha dan bertambah menjadi 8.000 ha di tahun 1949. Pada masa perang kemerdekaan, pada 24 Maret 1946, sebagian kota ini di bakar oleh para pejuang kemerdekaan sebagai bagian dalam strategi perang. Peristiwa ini  kita kenal sebagai peristiwa Bandung Lautan Api.

Gedung Merdeka yang dahulu bernama “Concordia” (Jl. Asia Afrika sekarang), merupakan saksi sejarah penyelenggaraan Konferensi Asia-Afrika yang pertama kali tanggal 18 April 1955.  KTT Asia-Afrika kemudian diadakan kembali di kota Bandung yaitu pada 19 April-24 April 2005.

1. Braga Festival


Braga Festival 2012 mengangkat tema People to People. Acara yang diadakan di jalan Braga ini akan diramaikan dengan acara pasar rakyat, beragam aktivitas komunitas, dan penampilan dari Forum Musisi dan Penyanyi Indonesia (FOMPI).

Beragam pameran UKM dan pertunjukan musik blues, jazz, dan musik tradisonal Sunda bisa jadi hal yang cukup menarik untuk dilihat di arena Braga pendek. Sedangkan di Braga Panjang keseruan semakin bertambah dengan jajaran beragam komunitas, flying fox, dan nonton bareng sepakbola Liga Inggris antara Chelsea vs Arsenal pada Sabtu, 29 September 2012 di depan Hotel Gino Ferucci, Bandung. Selain itu di arena Braga Panjang, pada malam pertama diadakan pertunjukkan musik reggae, malam keduanya ada Kemprung Tarung: Bajidor vs Dugem, serta musik metal.

Dalam Festival Braga 2012, juga akan diadakan acara Nonton Film Indie di Bismegaplex dan ruang khusus di Mall Braga City Walk. Pemutaran dilakukan setiap hari mulai pukul 10.00 WIB sampai 21.00 WIB, selama 30 menit dalam sekali penutaran film.

Serunya, di festival ini juga akan diperkenalkan Sister City dan Kampung Kreatif. Dengan adanya Kampung Kreatif, traveler diajak melihat ragam kerajinan dan kesenian masyarakat asli Bandung.

Sedangkan Sister City akan memperkenalkan saudara Kota Bandung yang berasal dari luar negeri. Dimana para negara sahabat tersebut akan menurunkan beberapa kesenian tradisional mereka untuk memeriahkan Braga Festival 2012.

Acara ini bisa jadi alternatif keseruan akhir pekan Anda. Karena selain bisa jalan-jalan, Anda juga bisa mengenal lebih jauh kebudayaan dan kesenian Bandung.

2. Keukeun Bandung



Kekeun Bandung adalah acara kuliner yang ditunggu-tunggu para 'pemburu' makanan. Acara ini diselenggarakan tanggal 30 September 2012, mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 21.00 WIB itu.

Acara ini menyuguhkan berbagai macam kudapan yang unik dari berbagai cafe dan partisipan. Terdapat 30 stand makanan yang bisa menjadi pilihan untuk memuaskan nafsu makan pengunjung. Selain itu, atraksi para chef ikut meramaikan acara keukeun Bandung.

Sebagai informasi, Keukeun artinya dapur gudang makanan. Jadi, keukeun Bandung dapat diartikan sebagai dapurnya Bandung. Keukeun Bandung kali ini diselengggarakan di Lodaya Sporting District, Bandung.

3. Bandung Air Show


Acara ini diselenggarakan mulai tanggal 27 sampai dengan tanggal 30 September 2012. Bandung Air Show digadang-gadang sebagai pameran atraksi kedirgantaraan terbesar di Indonesia. Ketika saya sampai ke lanud Husein Sastranegara, antrean panjang mengular sampai ke jalan. Ternyata masyarakat Bandung cukup antusias menyaksikan atraksi penerbang dan pameran pesawat-pesawat milik TNI AU. Namun sayang, pesawat yang dipamerkan tergolong cukup tua. Selain pesawat, terdapat juga tank, stand-stand sekolah penerbangan dan panggung hiburan. Sayang, pada hari ketiga penyelenggaraan, terjadi kecelakaan pesawat. Pilot dan co pilot pesawat tewas. Hal ini pun ternyata terjadi pada Bandung Air Show tahun sebelumnya.

4. International Online Expo




Bandung International Online Expo diselenggarakan mulai tanggal 28 September 2012 sampai dengan 30 September 2012. Acara ini akan dihadiri sejumlah developer IT mulai dari penjual barang online dan game. Bandung International Online Expo merupakan pameran dunia Internet & E-Commerce pertama dan terbesar di Jawa Barat.

Acara yang bertempat di Graha Manggala Siliwangi, Kota Bandung ini, merupakan ajang pertemuan berbagai perusahaan dengan para klien, investor dan pengiklan potensial. Acara ini diisi dengan presentasi dan pameran dunia online, talkshow interaktif, Show Off, Private Workshop dan Kompetisi Aplikasi-Games.

Beberapa peserta yang diantaranya Telkom Speedy, Indosat, CBN, PANDI, Mozilla, Tokobagus.com, Agate Studio, WaveGame, Indovirtual, INAICTA winners, Telkom BDV Melsa, Jastel, Hypernet, Uniknya.com, Pepaya.com, Wave Game, Belifurniture.com, DTC tablet android, G-von mobile, Garuda game, Studio rakun, Media tech, Centrin Online, Centrin TV, Qwords.com, Javan IT, Nitra soft, Station modem, Detik.com, Bisnis Indonesia, MIVO TV, Startuplokal Indonesia, Relawan TIK, Fowab dan Internet Sehat.




Sumber :
http://travel.detik.com/read/2012/09/27/182759/2041266/1049/bandung-pisan-di-braga-festival-2012 dan sumber lainnya.