Thursday, 10 January 2013

SMA Labschool UPI Bandung - SMA Laboratorium Percontohan Univ. Pendidikan Indonesia

Tags


SMA Labschool UPI Bandung  
SMA Laboratorium Percontohan Universitas 
Pendidikan Indonesia



Profil SMA LABORATORIUM PERCONTOHAN UPI
  • Alamat: Jl. Sejayaguru Kampus UPI Bandung 40154
  • Telepon: +62-022-204404
  • Fax: + 62-022-2004450
  • Email: sma_labschool@upi.edu
  • Web: http://sma.labschool.upi.edu
  • Administrator: smalabupi@yahoo.com
Sejarah Singkat 
Pada tanggal 4 Agustus 2003 Yayasan Kesejahteraan KORPRI menyerahkan SMP dan SMA KORPRI kepada Rektor UPI. Peristiwa itu menandai terwujudnya kembali sebuah gagasan lama yakni hadirnya sebuah sekolah laboratorium di tengah-tengah sebuah perguruan tinggi yang salah satu aktivitasnya selama ini menekuni ilmu pendidikan dan keguruan. Gagasan kehadiran sekolah laboratorium itu bersamaan lahirnya dengan terbentuknya PTPG yang kemudian menjadi FKIP A dan B, yang pada tahun 1961 berubah menjadi IKIP, dan pada akhirnya menjadi UPI.
Sebuah lembaga bentukan FKIP, yaitu Lembaga Pembinaan Kurikulum (LPC), pada tahun 1960 mendirikan Taman Kanak-Kanak dan kemudian menyusul pada tahun 1964 didirikan pula Sekolah Dasar yang kedua-duanya sebagai Laboratory School. Dengan maksud agar Labschool tersebut memiliki semua jenjang pendidikan, maka pada tahun 1969 didirikan SMP dan pada tahun berikutnya didirikan SMA.
Pada tahun 1974 Pemerintah menyelenggarakan Proyek Perintis Sekolah Pembangunan di 10 IKIP. Dengan Proyek ini SD, SMP, SMA Labschool UPI berubah fungsi menjadi Perintis Sekolah Pembangunan di bawah pengelolaan PPSP. Pada tahun 1984 PPSP dinyatakan selesai dan karenanya maka SMP dan SMA yang berada di bawah naungannya melakukanfacing out (tidak lagi menerima murid kelas I). Pada tahun 1986 Sekolah Dasar dijadikan Sekolah Dasar Percobaan Negeri Setiabudi yang untuk sementara berlokasi di Kampus UPI. Pada tahun yang sama SMP ex PPSP dijadikan SMP Negeri Nomor 38 dan SMA ex PPSP dijadikan SMA Negeri Nomor 20, kedua-duanya berlokasi di kota Bandung.
Untuk memanfaatkan fasilitas pendidikan ex PPSP dan sekaligus untuk membantu anggota KORPRI UPI dalam menyekolahklan putera-puterinya, maka dengan seizin Rektor, pada tahun 1984 Yayasan Kesejahteraan KORPRI Unit IKIP Bandung mendirikan SMP dan SMA KORPRI.
Mengingat kehadiran Sekolah Laboratorium di lingkungan UPI sangat diperlukan, maka pada tahun pelajaran 2003/2004, tepatnya pada tanggal 4 Agustus 2003, SMP dan SMA KORPRI dialih statuskan menjadi Sekolah Laboratorium UPI. Sementara itu TK Bumi Siliwangi yang sejak tahun 1998 dikelola oleh Dharma Wanita Persatuan UPI juga digabungkan kedalam Sekolah Laboratorium. Kepala Dinas Pendidikan Nasional Jawa Barat menyerahkan bangunan Sekolah Dasar Percobaan Negeri Setiabudi yang berlokasi di Kampus UPI tersebut di atas kepada Rektor UPI untuk dijadikan Sekolah Laborartorium.
Dengan rangkaian peristiwa itu maka lengkaplah sudah Sekolah Laboratorium UPI, yang meliputi TK, SD, SMP, dan SMAyang diresmikan oleh Yth. Bapak Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia pada tanggal 20 Oktober 2003bertepatan dengan Hari Peringatan Dies Natalis Universitas Pendidikan Indonesia yang ke –49.
VISI
Sekolah yang memiliki keunggulan akademik, sosial dan religi sebagai wahana pengembangan pendidikan dengan lulusan yang mempunyai daya saing tinggi dan berahlak mulia

MISI
1. Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, kreatif dan edukatif.
2. Menghasilkan lulusan berdaya saing tinggi
3. Mmmembangun siswa yang terampil, sopan cerdas dan berahklak mulia
4. Membina peserta didik untuk menguasai keterampilan hidup yang diperlukan.

Sarana & Prasarana
  • Bangunan di dalam Kampus UPI
  • Laboratorium IPA
  • Laboratorium Fisika
  • Laboratorium Komputer
  • Ruang Pusat Sumber Belajar
  • Ruang BP/BK
  • Kantin
  • Mushola 
  • Area Hot Spot gratis
  • Lahan parkir luas

Pengelola Sekolah

Jadwal Ujian Seleksi PPDB Tahun 2012

- GELOMBANG I 
Rabu, 2 Mei 2012 : Pukul 08.00 - 10.30 WIB
Pengumuman Hasil Seleksi : 3 Mei 2012
- GELOMBANG II 
Senin, 4 Juni 2012 : Pukul 08.00 - 10.30 WIB
Pengumuman Hasil Seleksi : 4 Juni 2012
- GELOMBANG III :
Selasa, 4 Juli 2012 : Pukul 08.00 - 10.30 WIB
Pengumuman Hasil Seleksi : 5 Juli 2012

- MATERI UJIAN :
1. Pengetahuan Dasar : Matematika, Bahasa, IPA
2. Psikotes

Brosur Penerimaan Siswa Baru SMA Labschool 2012 :




*Semoga Bermanfaat*