Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Website-Youtube-Aplikasi Belajar IELTS Gratis

Hello pejuang scholarship! Skor IELTS dengan band 6-7 selalu menjadi syarat mutlak agar kita bisa diterima di kampus impian di luar negeri. IELTS menguji kemampuan listening, writing, reading, dan speaking yang akan menjadi bekal kesuksesan studi kita kelak. Berikut ini beberapa website, youtube channel dan aplikasi smartphone yang bisa teman-teman gunakan dalam mempersiapkan tes IELTS. Check it out!

IELTS.org

ielts.org

Banyak banget informasi mengenai IELTS di website ini, baik itu ujian IELTS berbasis paper atau komputer. Ada juga latihan-latihan IELTS yang bisa kamu akses secara gratis.

IELTS.idp.com

ielts.idp.com

Cocok buat kalian yang masih awam dengan ujian IELTS karena bisa mencoba listening, dan dijelaskan jenis-jenis soal yang akan diujikan pada tes IELTS.

IELTS-simon.com

ielts-simon.com

Website gratis ini cocok banget buat kaliam yang pemula karena disediakan teori/materi dan penjelasannya. Tersedia latihan writing, grammar yang pas untuk menguji skill menulis kalian.

IELTS-mentor.com

ielts-mentor.com

Di website ini disediakan cue card atau daftar pertanyaan untuk mengasah skill speaking kamu. Ada juga daftar vocab yang dibuat berdasarkan topik.

ETS.org dan 4tests.com

Selain ada soal latihan IELTS, di website ini juga ada pembahasannya. 

4tests.com
ETS.org


YOUTUBE CHANNEL BELAJAR BAHASA INGGRIS 

YT The IELTS Language

The IELTS Language

Di channel ini kamu bisa berlatih listening dan mengecek sendiri jawaban yan benar. Penjelasan IELTS di YT ini juga cukup simpel dan menarik.

YT Fastrack IELTS

Youtube FastrackIELTS

Channel ini cocok buat kalian yang udah wara-wiri ngerjain latihan IELTS karena ada 7 days preparation yang bisa membantu meningkatkan skor IELTS. Hal yang menarik di YT fastrack adalah bagian reading. Di channel ini juga dijelaskan tentang perbedaan IELTS paper based dan computer test, mana yang lebih pas buat kalian yang masih galau. Cara menyampaikan materi cukup menarik dan fun.

YT IELTS Liz

IELTS Liz

YT IELTS Liz ini kayaknya cukup populer di kalangan pemelajar IELTS di jagat Youtube. Sistem pengajarannya kayak di sekolah dan lebih formal. Cuma sayang, channel ini jarang update.


APLIKASI BELAJAR BAHASA INGGRIS


Daftar Aplikasi Belajar Bahasa Inggris 

DUOLINGGO

Duolinggo menjadi aplikasi terbaik karena selain terdapat fitur penjadwalan belajar mandiri, hasil tes duolinggo juga diakui oleh beberapa universitas top di dalam dan luar negeri. Bisa diunduh di playstore atau app store.

BABBEL

Babbel memiliki keunggulan di fitur vocabulary dan coversation. Pembelajaran dilakukan secara interaktif, singkat dan informatif. Bisa diunduh di playstore atau app store.

BEELINGUAPP

Aplikasi ini menggunakan konsep story telling sehingga user bisa belajar membaca sebuah cerita dalam bahasa Inggris dan bisa membaca terjemahannya di layar sampingnya. Terdapat juga fitur karaoke-style yang memungkinkan user membaca dan mendengarkan pronounciation atau pengucapan yang benar oleh native speaker terhadap bacaaan yang sedang dibaca. Aplikasi ini Bisa diunduh di playstore atau app store 

BUSUU

BUSUU melatih penggunanya memiliki skill bahasa Inggris dari sisi vocabulary, grammar dan speaking. Keunggulan BUSUU adalah memiliki fitur feedback atau umpan balik dari pembicara native bahasa Inggris sebagai bahan evaluasi pembelajaran. Aplikasi ini Bisa diunduh di playstore atau app store 

GRAMMARLY

Untuk menggunakan aplikasi ini, cukup install keyboard grammarly di gadget kalian, dan simsalabim, secara ajaib grammarly akan mengoreksi penulisan bahasa Inggris kalian ketika mengetik suatu kalimat. Grammarly memberi saran tentang penulisan kalimat formal, netral dan bahasa sehari-hari. Aplikasi ini sangat bermanfaat saat kalian sedang belajar writing.

ROSETTA STONE

Siapa yang lagi fokus belajar speaking? Aplikasi Rosetta Stone sepertinya cocok karena aplikasi ini unggul di pembelajaran speaking. Kalian bisa berlatih speaking selama 10 menitan.

HELLO TALK

Selain Rosetta Stone, Hello talk juga bagus untuk menemani kalian belajar speaking english karenadapat berlatih berbicara dengan native speaker atau penutur bahasa Inggris asli. Aplikasi ini Bisa diunduh di playstore atau app store  

BBC LEARNING ENGLISH

Untuk melatih kalian mendengarkan materi seperti berita, tayangan, BBC Learning English cocok sebagai minidaily lesson. Kamu bisa belajar memahami bacaan dan listening dalam waktu 3 menit.

FLUENTU

Sesuai dengan namanya fluent atau fasih, aplikasi ini mengajak user belajar bahasa Inggris melalui video musik, trailer film, berita dan talkshow.

MEMRISE

Memrise menjadi aplikasi belajar bahasa Inggris yang unik dan menarik karena menggunakan fitur game/gamification sebagai pendekatan belajarnya. Memrise melatih kalian menghafal vocabulary dengan menjawab pertanyaan dalam bentuk permainan.

Selain, website dan kanal Youtube di atas, teman-teman juga bisa belajar IELTS melalui kursus daring yang banyak tersedia. Misalnya ada lembaga kursus IELTS dari Kampung Inggris atau lembaga lain yang kalian bisa cek di akun instagramnya. Saya rekomendasikan beberapa lembaga berdasarkan pengalaman saya/info dari teman:

  • IELTSpresso. Akun IG @ieltspresso
  • Mr. ALex Course. Lokasinya ada di Kampung Inggris Pare Kediri, Yogyakarta dan Jakarta. Ada kursus onlinenya juga. IG-nya @mralexcourse
  • Kobi Education juga membuka les IELTS secara online. IG-nya @kobieducation
  • Kalau kalian di Jakarta dan dekat ke Salemba, bisa ikut les IELTS dari Lembaga Bahasa Internasional Universitas Indonesia (LBI FIB UI)

Semoga bermanfaat!

Sumber: IG @entafadila dan @titiknol

Posting Komentar untuk "Rekomendasi Website-Youtube-Aplikasi Belajar IELTS Gratis"