Wednesday, 21 August 2013

Selamat Berjuang, Adik-Adik STAN 2009, Lulus TKD dan Jadi CPNS Kemenkeu 2013!

Sumber : terirry.blogspot.com
Kok lulusan STAN dites lagi untuk jadi CPNS? Katanya ikatan dinas? Eit, Nggak cuma STAN doang lho yang dites CPNS atau lebih tepatnya Tes Kemampuan Dasar (TKD). Aturan ini diberlakukan juga bagi semua sekolah kedinasan (IPDN, Akademi Imigrasi dan STIN) sebagai upaya Kemenpan RB dalam rangka membentuk aparatur yang profesional sesuai dengan kriteria yang diharapkan. Katanya sih, pemberlakuan aturan ini untuk menjujung tinggi asas keadilan, setiap orang yang akan diangkat CPNS baik dari Sekolah Kedinasan maupun dari luar harus dites dulu pakai yang namanya TKD. Nah, ketika kita mau diangkat menjadi CPNS, kementerian yang bersangkutan harus koordinasi sama BKN dan Kemenpan sebagai pihak yang berwenang mengeluarkan NIP dan tektek bengek kepegawaian (PNS).

Kalau saya lihat, perlakuan TKD bagi lulusan STAN 2012 agak merugikan mereka. Menurut saya, mereka sudah melewati berbagai macam tes dari  internal Kementerian Keuangan sebelum diterima menjadi mahasiswa. Belum lagi lolos dari bayang-bayang Drop Out selama masa kuliah dan akhirnya, lulus sebagai alumni STAN. Nasib mereka pun 'katanya' lumayan digantung dari semenjak wisuda sampai dengan pengumuman TKD itu keluar. Cukuplah kata "Sabar dan Syukur" buat mereka. InsyaAlloh kalian masih lebih beruntung daripada teman-teman lain yang belum bekerja.


Tes Kemampuan Dasar yang seyogyanya akan diberlakukan pada mereka yang mendaftar di Perguruan Kedinasan, ternyata berimbas pula pada lulusan tahun aturan itu terbit. Entah aturannya seperti apa, yang jelas mereka akan melaksanakan TKD pada tanggal 26 sampai dengan 31 Agustus 2013 yang bertempat di Kantor Regional Badan Kepegawaian Negara (BKN) atau instansi vertikal Kementerian Keuangan atau perguruan tinggi yang memiliki laboratorium komputer di 13 kota berikut:
No. Kota Tempat Pelakasanaan TKD berbasis CAT
1. Medan Kanreg VI BKN Medan
2. Palembang Kanreg VII BKN Palembang
3. Pekanbaru Kanreg XII BKN Pekanbaru
4. Jakarta Kantor Pusat BKN
5. Cimahi Kanreg III BKN Bandung
6. Yogyakarta Kanreg I BKN Yogyakarta
7. Malang Kanreg II BKN Surabaya
8. Denpasar Kanreg X Denpasar
9. Pontianak instansi vertikal/perguruan tinggi
10. Balikpapan Balai Diklat Keuangan Balikpapan
11. Makassar Kanreg IV BKN Makassar
12. Manado Kanreg XI BKN Manado
13. Jayapura instansi vertikal/perguruan tinggi/pemprov

Tes Kompetensi Dasar (TKD) bagi lulusan Prodip I dan III Keuangan STAN Tahun 2012/2013 berbasis Computer Assisted Test (CAT). Jadi tesnya nggak pake lembar kertas manual, tapi melalui komputer. Hasilnya pun bisa langsung diketahui.

Ujian TKD nya tinggal beberapa hari lagi. Semangat dan selalu berdoa buat rekan-rekan STAN 2012. Berikan yang terbaik, tapi jangan dibuat stress berlebihan.hehe... Walaupun ada info nggak lulus mesti bayar sekian juta dan nggak dapat ijazah, tapi saya yakin kalian bisa lulus TKD ini. Dulu aja ngerjain USM STAN bisa, Lulus Prodip dan diwisuda. Perjuangannya tinggal sedikit lagi, one step closer... InsyaAlloh kalian bisa. Dan kelak bergabung menjadi keluarga besar Kementerian Keuangan.