Friday, 16 December 2016

Nasi Goreng "Gosong", Terenak Seantero Garut


Nasi goreng/Mie goreng Gosong? Saya menjuluki tempat makan ini dengan embel-embel gosong karena memang tampilan masakannya lumayan hitam. Selain itu, Mie maupun nasi gorengnya pun beraroma gosong. Mungkin berasal dari kecap yang berubah menjadi karamel. Penggunaan api yang sangat besar, sepertinya ikut menambah aroma masakan ini.

Letak tempat makan ini ada di seberang SD Leuwi Daun, dekat dengan pertigaan Jalan Cimanuk dan Jalan ke arah Ramayan. Tepat berada di samping gang kecil dan Toko Bangunan bermerk "Sakura". Dari segi tempat, kedai ini sangat biasa, bahkan terkesan sederhana. Tapi dari segi rasa, boleh di adu dengan tempat makan mahal yang ada di Garut. Kalau urusan mie dan nasi goreng, tempat ini juaranya deh sekota Garut.




Buka dari siang sampai malam hari, tempat ini selalu ramai oleh pembeli. Tak heran, banyak pegawai yang membantu sang empunya kedai, meracik masakan. Dari gambar bisa dilihat, tiga orang berjajar, bertugas sesuai jobdesk masing-masing. Paling kanan, dekat pintu bertugas mencatat pesanan, cewek bagian tengah bertugas mencacah atau mengiris bahan-bahan dan yang paling dekat juru masak bertugas mengambilkan bahan dan memasukkan bumbu sesuai perintah sang chef. Terus, dua orang paling kiri dan paling kanan itu siapa?

Mereka itulah sang empunya kedai. Dua orang, suami istri yang bekerja sama melayani pesanan pembeli. Setiap pesanan langsung diolah oleh sang pemilik sekaligus juru masaknya. Mungkin di sinilah resep rahasia kelezatan mie dan nasi goreng.




Kwetiau Goreng
Dengan harga kurang dari Rp20.000,- teman-teman sudah bisa menikmati sajian mie/kwetiau/nasi goreng di sini. Kelebihan dari masakan di sini adalah penyajiannya relatif cepat (apalagi capcaynya). Potongan ayam yang seabreg dan porsinya pas, nggak terlalu sedikit atau banyak. Rasanya nggak terlalu manis, malah kadang agak asin. Kelemahannya cuma satu, yaitu di tempat makannya. Tempatnya agak sempit dan kalau kamu mau makan di sana, siap-siap baju kamu bakal bau dengan asap dari proses memasak.

Suasana Tempat Makan

Tampilan Kedai Dari Luar

Simpulan, selama saya di Garut, nasi goreng di sini memang yang paling enak. Saya kasih nilai 8,5 dari 10 untuk rasa dan penyajian mie/nasi goreng kokoh dan cici ini. Selamat mencoba. Nasi goreng "gosong" atau biasa teman-teman saya menyebut: nasi goreng engkoh.