Saturday, 31 December 2016

Menyantap Mie Kocok Bu Eni Limbangan Garut


Mie Kocok. Pada dasarnya mie-nya nggak dikocok-kocok juga. Entah gimana asal mula masakan ini, sampai-sampai diberi nama mie kocok. Oh iya, perbedaan antara mie kocok dengan mie baso terletak pada pada penggunaan kaki sapi/kikil sapi. Di beberapa tempat, bumbu mie kocok pun sedikit berbeda dengan mie bakso.

Usut punya usut, saya tahu mie kocok ini dari temen yang pernah dinas ke daerah Limbangan Garut. Katanya kalau lewat ke limbangan, cobain Mie Kocok yang ada di alun-alun Limbangan, sebelah masjid Limbangan. Nggak persis di pinggir jalan sih, agak masuk ke jalan sejajar dengan masjidnya. Jadi, semacam ritual wajib kalau jalan-jalan ke tempat baru, wajib nyobain makanan yang tenar di sana. 


Nama asli tempat ini adalah "Mie Kocok Limbangan Bu Eni". Tempat makannya bukan kios atau cafe, tapi warung tenda yang buka siang sampai sore hari. Mie kocok disajikan dengan mie kuning yang yang tebal, tauge, bakso, bawang goreng,seledri dan bintangnya yaitu kikil sapi. Bahkan tak hanya irisan kikil yang disajikan,  tulang pun ikut berendam di kuah mie kocok. Susah pake sendok atau garpu? Pakai tangan aja buat megang tulang kikilnya. Biar tambah seger, perasan jeruk limau dan sambal bisa juga kita tambah sendiri.

Sosok Bu Eni
Penilaian. Diicip dari segi kuah, menurut saya sih kuahnya gak gurih-gurih amat. Namun, potongan kikil dan harganya yang muat di kantong jadi alasan orang datang kemari. Terlebih di daerah Garut dan sekitarnya ,jarang ada penjual mie kocok dengan rasa edun.

Oh iya, mie kocok ini sempat buka cabang di dekat Kantor Bupati Garut, namun ditutup. Kemudian buka cabang di depan Toserba Yogya Garut untuk beberapa saat, namun tutup kembali. Untuk nyobain mie kocok ini, temen-temen harus ke daerah Limbangan Garut. Buat temen-temen yang sering lalu lalang Bandung-Tasikmalaya via Limbangan/Malangbong bisa sekali-kali singgah di alun-alun/masjid Limbangan untuk icip-icip mie kocok Limbangan Bu Eni. 

Note: foto yang saya lampirkan di sini adalah foto mie kocok Limbangan cabang depan Toserba Yogya Garut yang sudah tutup :(

*Hayu Jajan*