Sunday, 18 December 2016

Wow, Pahlawan Asal Tasikmalaya Terpampang di Uang Kertas 2016

Ir. H. Djuanda Kartawidjaja via brilio.net
Tahukan kamu, kalau besok 19 Desember 2016, Bank Indonesia akan meluncurkan uang kertas baru? Nah, begini ceritanya. Alih-alih akan melakukan redenominasi (penyederhanaan nilai mata uang tanpa mengurangi nilai tukar), Bank Indonesia akan menerbitkan uang terbaru. Gambar uang tersebut akan diambil dari beberapa pahlawan nasional yang mewakili seluruh wilayah di Indonesia. Dan Tasikmalaya, Jawa Barat patut berbangga hati. Pasalnya, seorang pahlawan yang lahir di Tasikmalaya akan menghiasi uang pecahan Rp50.000 baru. Ya, beliau adalah Ir. H. Djuanda Kartawidjaya.

Nama tersebut sebetulnya sudah tidak asing di masyarakat. Banyak sekali nama jalan, terutama di Jawa Barat yang menggunakan nama "Ir H Djuanda". Selain itu, di Bandung dikenal juga nama Taman Hutan Rakyat Djuanda. Ada juga Bandara Djuanda di Surabaya. Bahkan,  menjadi nama sebuah perguruan tinggi: Universitas Djuanda.

Profil Ir H. Djuanda 
Ir. H. Djuanda merupakan anak pertama dari pasangan Raden Kartawidjaja dan Nyi Monat. Ia lahir di Tasikmalaya tahun 14 januari 1911. Beliau bersekolah di Hollandsch Inlansdsch School (HIS), kemudian pindah ke sekolah anak orang Eropa Europesche Lagere School (ELS). Selanjutnya beliau bersekolah di sekolah menengah khusus orang Eropa yaitu Hoogere Burgerschool te Bandoeng (HBS Bandung, sekarang di tempati SMA Negeri 3 Bandung dan SMA Negeri 5 Bandung). Lalu pada tahun 1929, Ia masuk ke Technische Hoogeschool te Bandoeng (THS) atau sekarang dikenal sebagai Institut Teknologi Bandung (ITB).
Uang Baru via google.com
Peran serta Ir. H.Djuanda dalam dunia pemerintahan cukup banyak. Satu yang terkenal adalah deklarasi Djuanda yang menyatakan kepada dunia bahwa laut Indonesia, termasuk laut sekitar, di antara dan di dalam kepulauan Indonesia menjadi satu kesatuan wilayah NKRI. Deklarasi tersebut dicetuskan pada tanggal 13 Desember 1957. Ir H. Djuanda pernah menjabat sebagai Menteri Keuangan, Menteri Perhubungan, Menteri Pekerjaan Umum, dan Perdana Menteri Indonesia tahun 1957-1959.

Pahlawan Nasional pada Uang Baru 2016 via google.com
Ke depan, kita akan sering melihat gambar Ir. H Djuanda, pahlawan nasional yang lahir di Tasikmalaya menghiasi hari-hari kita. Gambarnya akan beredar pada uang kertas pecahan 50 ribu Rupiah. Nominal terbesar kedua, setelah pecahan Rp100 ribu yang dihiasi gambar Dwi Proklamator Indonesia, Soekarno - Hatta. Membanggakan! 

Semoga uang bergambar pak Ir. H. Djuanda dan Soekarno-Hatta akan banyak menempati ruang kosong di dompet-dompet kita, aamiin...