Wednesday, 11 January 2017

7 Rekor Dunia Dalam Pertandingan Bulutangkis

Lee Chong Wei via situs bwf


Halo badminton lover. Tak terasa tahun 2017 sudah berlalu. Pertandingan demi pertandingan telah dilewati dan Sang juara pun silih berganti. Sambil menunggu perhelatan pertandingan bulutangkis dunia tahun ini, kali ini saya akan coba merangkum beberapa rekor dunia dalam pertandingan bulutangkis. Berikut 7 (tujuh) rekor yang ditorehkan atlet-atlet dunia, termasuk atlet asal Indonesia.

1. Smash Tercepat di Dunia


Dilansir dari http://www.guinnessworldrecords.com/, smash tercepat saat ini dipegang pemain asal Malaysia, Lee Chong Wei. Kecepatan pukulannya mencapai 408 km/jam. Rekor ini dipecahkan pada pertandingan Hongkong Open, bulan September 2015. Catatan ini telah diakui oleh federasi bulutangkis dunia (BWF). Pengukuran kecepatan pukulan saat ini sudah menggunakan teknologi hawk eye. 


Sedangkan smash tercepat versi pemain putri diraih Ratchanok Intanon. Pemain tunggal andalan Thailand ini memecahkan rekor pada gelaran Malaysia Open 2016, dengan kecepatan smash 375 km/jam. 


2. Rally Terlama dengan 256 pukulan 

Poon/Tse via Youtube.com

Tak heran jika rekor rally terlama diraih ketika pertandingan ganda putri. Gaya permainan yang cenderung defensif membuat pertandingan ganda putri menguras banyak waktu. 

Rally dalam dunia bulutangkis biasanya diartikan dengan jumlah pukulan pemain yang mulai saat service sampai permainan berhenti dan menghasilkan poin/angka. Rally di sini identik dengan pukulan yang cukup banyak dari kedua pemain.

Rekor Dunia Bulutangkis Rally terlama, dicatat sebanyak 256 Pukulan dalam ajang Denmark Open 2015. Pertandingan tersebut mempertemukan ganda putri Jepang, Naoko Fukuman/Kurumi Yonao dengan ganda putri Hongkong, Poon Lok Yan/Tse Ying Suet. Rally berlangsung selama kurang lebih selama 4 menitan. Artinya selama 4 menit tersebut para pemain tidak melakukan kesalahan sama sekali. 


3. Pertandingan bulutangkis terlama

Greysia/Nitya via Galamedia News Online

Semifinal ganda putri ajang Badminton Asia Championships 2016 antara Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari melawan Naoko Fukuman/Kurumi Yonao menorehkan sejarah baru. Pertandingan selama dua jam empat puluh satu menit (161 menit) tersebut menjadi pertandingan terlama sepanjang sejarah pertandingan bulutangkis dunia. 

Meskipun gagal melaju ke babak final, Greysia/Nitya berhasil menorehkan namanya dalam catatan buku rekor dunia dalam rekor pertandingan bulutangkis terlama.


4. Pertandingan Bulutangkis Tercepat 

Dicatat oleh Min Kyu Rang [KOREA] vs Mann Julia [ENGLAND] dengan durasi Pertandingan selama 6 Menit.

5. Pemain Bulutangkis Termuda Peraih World Junior Championship dan World Badminton Championship

Ratchanok Inthanon, pemain putri andalah Thailand mencatatkan diri sebagai pemain termuda yang menjuarai World Junior Championship. Ia merebut gelar tersebut pada usia 14 Tahun di tahun 2009. Selanjutnya Ia mengantongi kampiun World Badminton Championship pada usia 18 Tahun di tahun 2013.

6. Pemain Bulutangkis Termuda Peraih Medali Olimpiade

Peraih medali Olimpiade termuda diraih mantan pemain Indonesia yaitu Mia Audina. Kala itu, Mia merebut Medali Perak Olimpiade Atalanta 1996 pada usia 16 tahun.

7. Pemain Bulutangkis Paling Tua Peraih Medali Olimpiade

Peraih medali Olimpiade paling tua diraih Zhang Ning pada olimpiade Beijing 2008, pada usia 33 tahun.

- Berbagai Sumber-