Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal dan Pembahasan Tes Potensi Akademik (TPA) Gratis

 

Kalimat "Tes Potensi Akademik" atau "TPA", pastinya udah nggak asing lagi. Nah, biasanya tes ini diujikan saat penerimaan siswa/mahasiswa baru, atau penerimaan pegawai baru untuk mengukur logika berpikir, kecermatan, dan wawasan. Layaknya TOEFL, nilai TPA pun biasanya memiliki minimal skor/standar. Salahsatu lembaga resmi yang sering jadi rujukan TPA ini adalah OTTO BAPPENAS.

Berikut ini saya berikan contoh soal dan pembahasan tes potensi akademik yang bersumber dari internet. Karena kunci suksenya skor TPA adalah sering berlatih, berlatih dan berlatih. Karena soal TPA didesain tidak dapat selesai dikerjakan (kecuali Anda jenius). Istilahnya berpacu dengan waktu. Moga bermanfaat dan selamat berlatih.

Soal Cerita Matematika

1. Adi berangkat dari kota X pukul 08.45 dan sampai di kota Y pukul 11.15. Jika dia mengendarai mobilnya dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam dan beristirahat 1 jam untuk makan, maka berapa jarak kota X dengan kota Y dalam km?
Jawab: 90 km

2. Seorng pekerja dibayar Rp 1.200, per jam. Dia bekerja dari pukul 8.00 sampai pukul 15.00 dia akan dibayar tambahan 50% per jam untuk selewatnya pukul 15.00. jika dia memperoleh gajih Rp 10.200, pada hari itu, pukul berapa dia selesai bekerja?
Jawab: pukul 18.00

3. Siswa kelas 5 belajar di sekolah selama 6 jam pelajaran.1 jam pelajaran selama 40 menit dan istrahat 2 kali masing –masing 15 menit.jika pelajaran di mulai pukul 07.00 maka siswa pulang sekolah pukul?
Jawab: pukul 11.30

4. A,B,dan C Mula-mula bersama-sama pergi berenang .A pergi berenang setiap 6 hari sekali.B pergi berenang setiap 9 hari,dan C pergi berenang setiap 12 hari .Mereka bertiga akan berenang bersama-sama setelah....hari
Jawab: 36 hari

5. Tiga kakak beradik bernama rani,rina,dan rini.rini 3 tahun lebih muda dari
rina.dan bila usia mereka di jumlah akan mendapatkan angka
103.Berapakah usia rani sekarang?
Jawab: 30 tahun


Download Soal Pembahasan TPA 2




Posting Komentar untuk "Soal dan Pembahasan Tes Potensi Akademik (TPA) Gratis"