Sunday, 7 June 2020

Lima Kota Tertua di Indonesia

Indonesia atau dahulu dikenal sebagai Hindia Belanda memiliki banyak kota besar yang masyhur sebelum lahirnya "Indonesia" itu sendiri. Beberapa kota berikut ini didaulat sebagai kota tertua di Indonesia berdasarkan catatan sejarah yang ada. Banyak diantaranya pernah berjaya pada masa kerajaan Hindu dan Budha. Saat dua agama tersebut menjadi mayoritas agama yang dianut masyarakat kerajaan-kerajaan Nusantara waktu itu.

PALEMBANG

Kota Palembang berdiri pada 16 Juni 682 M

Palembang menjadi ibukota Provinsi Sumatera Selatan dan kota terbesar kedua di Sumatera. Kota Palembang pernah menjadi kota yang cukup berpengaruh pada masa Kerajaan Sriwijaya. Terutama saat Sriwijaya memegang kekuasaan wilayah maritim di Asia Tenggara. 
Palembang mengukuhkan diri sebagai kota tertua di Indonesia sebagaimana tertulis dalam prasasti Kedukan Bukit yang ditemukan di Bukit Siguntang, kota Palembang. Di dunia Barat, kota Palembang juga dijuluki sebagai Venice of the East (Venesia dari Timur).

MAGELANG



Kota Magelang bediri pada 11 April 907 M.

Kota Magelang adalah kota kecil yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Kota ini cukup strategis karena berada di jalur utama Semarang-Yogyakarta. Penelusuran sejarah berdirinya kota Magelang dipelajari dari prasasti yang ditemukan di Magelang yakni prasasti Poh, prasasti Gilikan dan prasasti Mantyasih. Dalam prasasti itu disebutkan bahwa  pada zaman Mataram Hindu saat pemerintahan Raja Rake Watukura Dyah Balitung (898-910 M), tercatat adanya  Desa Mantyasih dan nama Desa Glangglang. Desa Mantyasih kemudian berubah menjadi Meteseh, sedangkan Desa Glangglang berubah nama menjadi Magelang.

JAKARTA


Jakarta 22 Juni 1527

Ibukota Republik Indonesia ini, dahulu dikenal dengan nama Sunda Kelapa (sebelum 1527), Jayakarta (1527-1619), Batavia/Batauia, atau Jaccatra (1619-1942), dan Djakarta (1942-1972). Jakarta merupakan kota metropolitan terbesar di Indonesia atau urutan keenam dunia.
SEMARANG



Kota Semarang berdiri tanggal 2 Mei 1547.

Semarang, ibukota Provinsi Jawa Tengah ini menjadi salah satu kota tertua di Indonesia. Kota ini bertengger sebagai kota metropolitan kelima di Indonesia. Kota Semarang resmi didirikan pada tanggal 2 Mei 1547 atau bertepatan dengan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW oleh Sultan Hadiwijaya. 

Kota Semarang berkembang pesat setelah utusan dari Kerajaan Demak menyebarkan Islam di sana. Karena bermunculan pohon asam yang arang (bahasa Jawa: Asem Arang), daerah tersebut kemudian mendapat julukan Semarang. Kota Semarang pernah disinggahi Laksamana Cheng Ho, penjelajah asal Cina yang cukup legendaris.


MEDAN


Kota Medan merupakan kota terbesar di Pulau Sumatera, sekaligus kota metropolitan terbesar ketiga di Indonesia, setelah Jakarta dan Surabaya. Di kota ini, tersimpan banyak peninggalan sejarah bangsa Melayu, khususnya masa Kesultanan Deli. Salah satu yang terkenal adalah adalah Istana Maimun. Kota ini dahulu merupakan pusat kerajaan Melayu Deli dan Kerajaan Aru. Medan berasal dari bahasa Tamil artinya tanah lapang/luas.
Medan berdiri pada 1 Juli 1590.

This Is The Newest Post