Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Kuliner Minggu Ini: Mie Baso Sumatera Tasikmalaya, Moro Kejo, dan Cendol Susu Cemils


Jadi, postingan ini sebenernya mah udah lama pisan guys. Saya bikin draft-nya dari tahun 2017 haha..Tapi karena hoream alias malas nulis, alhasil baru tayang tahun 2021. Teu nanaonnya, dibuang sayang soalnya. Ditambah, warung Moro Kejo nya juga udah tutup, diganti sama warung lain :(

Warung Moro Kejo


Jadi guys, kalau kalian main-main ke kota Tasikmalaya jangan lupa makan makanan khas Sundanya. Terutama si tutug oncom yang sudah terkenal. Nah, salah satu yang pernah saya cobain adalah warung moro kejo ini. Walaupun sudah almarhum alias tutup, gak apa-apa ya kita review. Lokasi warungnya strategis di jalan Yudanegara, deket pisan sama masjid agung Tasikmalaya. Tempatnya nggak terlalu luas. Makanan yang dijualnya khas Sunda, lauknya digoreng dadakan. Taglinenya juga warung gorang goreng yak. Ada ikan nila, ikan asin, cumi sama ayam yang semuanya digoreng. Sambalnya mantul, pedas banget. Penyajiannya juga unik karena pakai piring kaleng beralaskan daun pisang. 
 
Menurut saya sih tempatnya harus lebih higienis karena waktu makan di sana sempet ada hewan-hewan "kotor" di lantai berkeliaran. Tapi sekarang udah tutup juga sih, nggak ngaruh. Harganya mah standar ya, ayam sama ikan belasan ribu rupiahi. Kalau mau jajal masakan Sunda yang praktis, rekomendasi ke Warung Nini Anteh sih. Kalau mau bawa rombongan bisa ke Saung Ranggon atau ke Lembur Kondang Tasik.

Cendol Susu  dan Milkshake (Cemils)


Cendol, minuman yang menyegarkan dan mengenyangkan. Jadi, waktu itu saya menuju Jalan Pataruman Kota Tasik untuk jajan nasi TO (tutug oncom) Yada. Nah, kebetulan lihat ada kedai yang ngejual cendol susu. Penasaran dong, akhirnya nyobain beli. Rasanya so pasti susu nya kerasa banget, cendolnya juga enak kenyal-kenyal. Harganya lupa euy berapa, tapi nggak mahal. Yang jual cici-cici/koko-koko lumayan ramah. Over all enak. Apalagi buat yang doyan susu putih fullcream, kayaknya bakal cocok. Menyegarkan saat cuaca Tasik lagi panas-panasnya.
 

Mie Baso Sumatera



Sebagai pecinta mie baso (Urang Sunda tanpa "k") Tasik, tentu belum afdol kalau belum nyoba Mie Baso Sumatera. Mie baso Sumatera menurut saya mah setipe sama mie baso Laksana atau baso Chinese lain sih. Katanya mie baso ini udah ada sejak tahun 90-an. Mie -nya kenyal, rasa kuahnya seger, gurih kaldu ayam, ditambah taburan ayam cincang plus daun bawang menambah rasa enak, ngeunah pisan.
 
 
Penampakan Mie Baso Sumatera versi kuah
 
 
Alamat Mie Baso Sumatera ada di Jl. KHZ. Mustofa No.43, Yudanagara, Kec. Cihideung, Tasikmalaya Telepon 0265 321797. Untuk parkir mobil sebenarnya gampang, cuma suka penuh aja karena kan di situ pusat pertokoan. Siapa cepat dia yang dapat lah. 
 
Perlengkapan perang baso: sambal, kecap manis, kecap asin, cuka, saos

Harga mie baso Sumatera di kisaran 20 ribuaan. Kalau pesan yang komplit, pakai pangsit, babat dkk, makin mahal geng. Jangan lupa cobain kuah baso sebelum pakai apa-apa ya, biar tahu rasa aslinya. Oh iya, saos bawang khas Tasik jangan lupa dijajal biar basonya makin enak.
 
Tempat makannya udah lebih nyaman dari sebelumnya karena udah direnovasi. Pelayanannya oke, semoga bisa lebih ramah lagi.
 
*sekian*