Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mie Baso Firman, Rajanya Baso Urat di Tasikmalaya

"Mie Baso Firman Tasikmalaya, Rajanya Baso Urat"
Jl. Dr. Soekardjo No 103, Simpanglima, Tasikmalaya
Keanekaragaman jenis baso di kota Tasik memang memanjakan lidah. Ada baso urat, baso aci, baso halus (daging) atau sering juga disebut baso toko. Mie-nya pun bermacam-macam, berbeda di setiap warung baso. Karena para penjual baso di Tasik biasanya membuat sendiri mie yang mereka sajikan.


Siapa tak kenal baso Firman? Kedai baso ini cukup terkenal di Kota Tasikmalaya, bahkan ke wilayah sekitarnya seperti Ciamis dan Garut. Harga baso mulai dari Rp17.000 sampai dengan Rp38.000 untuk mie baso spesial. Kalau mau tambah kikil, tetelan, babat atau pangsit juga bisa. Sekedar info, di Tasik tuh, ada bakso yang harganya Rp40-50 ribu. Jadi, makan di baso Firman terbilang masih terjangkau.


Untuk ngulik rasa baso Firman yang terkenal ini, kamu bisa datang ke jalan dokter Soekardjo No. 103, Simpang Lima Tasikmalaya. Persis di sebelah kanan sebelum bunderan simpang lima, jika kamu dari arah jl. dr. Soekardjo. 

Cara pesan baso di sini, hampir sama aja dengan yang lain. Kamu harus bayar dulu setelah memesan baso. Setelah itu semangkuk baso akan meluncur ke meja sesuai nomor antrean yang dikasih. Tempatnya cukup luas. Cocok buat kamu yang pengen bawa keluarga besar makan bakso bersama. Tempat parkirnya juga luas dan lokasinya pun lumayan strategis di pusat kota Tasik.


Es Teh Manis
Baso Firman Tasikmalaya with Baso Tahu

Baso Firman ini buka sampai malam. Saya pernah kesana pukul 10 malam, dan masih ramai pengunjung. Akhirnya, pesanan saya datang juga. Mie baso yamin asin ditambah baso tahu dan tetelan. Harga tetelan lumayan mahal sih, Rp10 ribu Hiks..Tapi enak kok.

Rasa kuahnya enak, gurih kaldu sapinya kerasa. Bisa dilihat, warna kuahnya agak putih. Kalau rasa baso kecil sama baso tahunya biasa aja. Dan bener yang dibilang balihonya, kalau baso urat di sini memang juaranya. Bason uratya tuh penuh bumbu. Beda banget sama baso yang kecil-kecil. Supaya tambah edun, kalian bisa menambahkan cuka, sambal, saos atau garam gurih.



Oh iya, menurut saya, mie yamin asinnya kurang istimewa. Bentuk mienya sih unik, melebar mirip kwetiaw. Tapi kurang pas saja di lidah saya. Mie yamin di baso Firman ini ditambahin bihun. Mie jenis ini lenih enak buat mie bakso kuah daripada mie yamin.

Overall, tempat makan ini punya tempat yang nyaman, cukup bersih, parkiran luas dan lokasinya cukup strategis. Buat kamu yang pengen bawa temen untuk icip-icip baso khas Tasik, bisa bawa temen/keluarga kamu ke baso Firman. Menurut saya sih Mie Baso kuah baso urat yang rasanya enak. 

BTW, Baso Firman ini katanya udah buka cabang di kota Bandung. Tepatnya di Jl. Buah Batu No.133, dekat perempatan jalan Buah Batu (BKR/Laswi), sebelah SMK Bina warga. Siapa tahu kamu lagi di Bandung dan kangen baso Firman, bisa coba mampir kesana.

Notes: Kalau habis lebaran, makan baso di sini ngantre nya luar biasa, penuuuh. 


*Hayu Ngabaso*