Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Aplikasi Islami yang Wajib Kamu Install di Ponsel Kamu

Bulan Ramadan
Sumber: idezia.com

Assalamu'alaykum Warohmatullohi Wabarokatuh. Segala puji bagi Alloh yang telah memberikan kita kesempatan untuk menjumpai bulan suci Ramadan 1439 Hijriah. Betul, Syukur Alhamdulillah banget, karena nggak semua orang bisa diberikan kesempatan yang mulia ini. Jadi, manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Grab it fast, kalau kata iklan mah. #semangat

Siapa yang nggak bisa jauh-jauh dari hape? Sayaaaa....Hati-hati lho, ternyata, saat kita merasa cemas dan nggak tenang kalau jauh dari ponsel, bisa jadi kita  termasuk pengidap Nomophobia alias No Mobile Phone Phobia. Wih, serem ya, mudah-mudahan sih kita nggak termasuk. 

Nah, zaman sekarang, ponsel atau hape memang nggak bisa lepas dari keseharian kita. Kayaknya jarang banget ada orang yang nggak punya hape. Terlebih saat ini, produsen ponsel berlomba-lomba membuat ponsel pintar dengan harga murah dan spesifikasi canggih. Kasarnya, semua orang bisa beli hape. 

Tapi, kadar pemanfaatan benda itu akan kembali ke pengguna atau user-nya. Secanggih apa pun sebuah benda, kalau penggunanya nggak ngerti teknologi atau males make-nya ya percuma. Hohoho...

Nah, buat kamu para pengguna hape pintar, khususnya muslimin-muslimat yang berbahagia,  supaya hape kamu lebih berkah nan berfaedah, saya coba share aplikasi yang bagus untuk meningkatkan ilmu agama kita. Berikut ini aplikasinya.

1. APA DOANYA


Aplikasi Apa Doanya

Jadi, waktu itu ada temen yang merekomendasikan aplikasi ini. "Bagus lho..." kata dia. Segeralah saya membuka playstore dan mengunduh aplikasi "Apa doanya". Alhamdulillah, ternyata emang bagus. Doa-doa keseharian ada di sini. Jadi, nggak ada alasan lagi untuk males baca doa karena nggak hapal. 

Sebagai contoh ada doa masuk dan keluar WC, ada doa ketika istikharah, doa ketika hujan dan mendengar halilintar dan lain-lain.

Tampilan Aplikasi Apa Doanya

Yang bagus menurut saya sih, ada notifikasi untuk membaca dzikir pagi dan petang. Bisa mengingatkan kita kalau sudah waktunya untuk berdzikir. Tampilannya nggak aneh-aneh dan user friendly. Dan yang paling penting, doa-doanya sesuai dengan hadits nabi yang shahih, InsyaAlloh. 

Oh iya, untuk versi gratis, akan ada iklan di tampilannya. Kalau nggak mau ada iklan, harus ngasi donasi ke pembuatnya. Bayar aja daripada bikin aplikasi sendiri, kan ribet #Peace

Tampilan Aplikasi Apa Doanya

2. MUSLIM PRO RAMADAN


Muslim Pro Ramadan

Aplikasi ini kayaknya udah nggak asing lagi. Ciri khasnya adalah adanya fitur suara adzan seperti yang ada di masjid Madinah dan Makkah saat memasuki waktu shalat. Sangat membantu untuk mengingatkan waktu Shalat Wajib dan untuk membaca Alquran.

3. MESIN PENCARI SUNNAH


Mesin Pencari Sunnah
Sama dengan aplikasi apa doanya, saya pun tahu aplikasi "Mesin Pencari Sunnah" dari temen. Di aplikasi ini kita bisa mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan masyarakat luas. Sebenarnya, aplikasi ini semacam logbook atau rangkuman FAQ yang diambil dari website dakwah seperti Rumaysho.com dan lain-lain. Aplikasi ini memiliki banyak fitur seperti jadwal kajian, ruang chat, mencari masjid terdekat, bahkan untuk belajar tajwid pun ada.

Mesin Pencari Sunnah

4. INSTAGRAM

Sebenarnya instagram bukan aplikasi Islami sih. Tapi Saya pribadi merasa, kalau saat ini sudah banyak bermunculan akun-akun instagram yang islami. Dengan desain yang menarik, dakwah dan hadits-hadits menjadi lebih menarik untuk dibaca. Beberapa kali saya pun menemukan hal-hal baru (khususnya hadits) dari akun-akun IG ini. Jadi, daripada follow akun-akun nggak jelas, mending follow akun dakwah dan konten Sunnah. Selain tentang ilmu, informasi kajian pun sudah banyak diberitakan di akun IG.

5. Dua In Quran


Sesuai dengan namanya, aplikasi Dua In Quran menyediakan doa-doa yang ada dalam Al-quran serta mencantumkan terjemahannya dalam bahasa Indonesia. Beberapa contoh doa tersebut adalah doa untuk keluarga, doa untuk kebaikan diri, doa untuk kebaikan di akhirat dan doa untuk memohon keselamatan. 

6. Hafalan Quran


Aplikasi hafalan Quran membantu penggunanya dalam menghafal Al-Quran dengan pendekatan permainan (game) dan mode baca. Teman-teman juga bisa menggunakan fitur suara bacaan ayat untuk membantu memperlancar bacaan dan hafalan.

7. Asistem Amalku


Aplikasi Asisten Amalku bisa menjadi alternatif bagi teman-teman yang ingin memantau kegiatan amalan harian. Fitur yang ada pada aplikasi Asisten Amalku di antaranya kalender puasa, masjid sekitar, target amalanku, salat 40 hari dan statistik amalan selama beberapa bulan. 

8. Umma



Aplikasi Umma menyediakan berbagai konten Islami seperti informasi waktu salat, arah kiblat, serta video dan artikel para ustadz. Khusus di bulan Ramadan, aplikasi Umma juga menyediakan resep masakan untuk berbuka puasa dan sahur.

Bagi yang punya info tentang aplikasi islami yang lain, silakan tulis di kolom komentar ya. Terima kasih. Jazakalloh Khairon. Semoga bermanfaat.

***

Posting Komentar untuk "8 Aplikasi Islami yang Wajib Kamu Install di Ponsel Kamu"