Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Beasiswa S-1 Pendidikan Ilmu Kepegawaian (PIK) BKN Bagi PNS

Sumber: twitter BKN

Halo sahabat daring, kali ini saya akan membahas beasiswa bagi PNS/pegawai ASN dari Pendidikan Ilmu Kepegawaian (PIK) BKN. Siapa tahu ada yang berminat dan sedang mencari informasi.


Apa itu beasiswa pendidikan ilmu kepegawaian?
Jawab: beasiswa S1 Administrasi Negara/Publik bidang minat administrasi dan manajemen kepegawaian.

Beasiswa Pendidikan Ilmu Kepegawaian - Badan Kepegawaian Negara atau bisa kita sebut beasiswa PIK-BKN adalah beasiswa yang diberikan oleh BKN kepada para ASN di seluruh Indonesia untuk melanjutkan pendidikan Sarjana (S1) Ilmu Administrasi Negara/ Administrasi Publik, bidang minat administrasi dan manajemen kepegawaian.

Kampusnya/Universitasnya apa ya?
Jawab: Universitas Terbuka (UT) - PTN, jurusan Ilmu Administrasi Negara/Publik dengan akreditasi A.

Jadi, BKN bekerja sama dengan Universitas Terbuka sesuai dengan Nota Kesepahaman Badan Kepegawaian Negara dengan Universitas Terbuka Nomor 77/KEP/2007 dan Nomor 17280/H31/KS/2007 tanggal 24 Oktober 2007 tentang Kerjasama  Penyelenggaraan Pendidikan Ilmu Kepegawaian serta Perjanjian Kerjasama antara Badan Kepegawaian Negara dengan Universitas Terbuka Nomor 16/K/KS/X/2008 dan Nomor 17588/H31/KS/2008 tanggal 23 Oktober 2008 tentang Pengembangan dan Penyelenggaraan Program Sarjana Strata Satu (S1) Ilmu Administrasi Negara Bidang Minat/Konsentrasi Administrasi dan Manajemen Kepegawaian.

Kalau kampusnya UT, berarti nggak perlu tatap muka dong?
Jawab: Perkuliahan tetap wajib dilakukan secara tatap muka di gedung Pusat Pengembangan ASN atau sekarang bernama Pusat Pengembangan Kepegawaian ASN di Ciawi, Bogor, Jawa Barat. Ada jumlah minimal masuk perkuliahan sebagai syarat mengikuti ujian akhir.

Kalau saya lulusan Diploma 1 atau Diploma 3, apakah bisa mengajukan alih kredit?
Jawab: Perkuliahan memakai semi sistem paket semester selama 4 tahun. Jadi, Saat kamu diterima, maka kamu didaftarkan sebagai lulusan SMA/sederajat.   

Apa kelebihan beasiswa PIK-BKN ini?
Jawab: menurut saya pribadi, kelebihan beasiswa ini adalah waktu tempuhnya. Empat tahun bersekolah dan bebas dari tuntutan pekerjaan memberikan banyak waktu luang bersama keluarga, sejenak melepas kejenuhan pekerjaan, dan memberi kesempatan untuk melakukan banyak hal (aktualisasi diri). Selain itu, terdapat Praktik Kerja Kepegawaian (PKK) di kantor pusat/kantor regional BKN sebagai wadah untuk mempelajari hal-hal praktis terkait kepegawaian, sekaligus membuka networking dengan pegawai BKN yang kelak akan menjadi rekan dalam mengoordinasikan pekerjaan kita.

Buat kamu yang masih golongan II, setelah lulus dari PIK-BKN akan diusulkan kenaikan pangkat penyesuaian ijazah dan golongan ruang Penata Muda III/a dan diusulkan untuk diangkat dalam jabatan Fungsional Kepegawaian. Lulusan PIK-BKN akan diikutsertakan dalam sertifikasi keahlian kepegawaian. Selain itu, jurusan S1 Administrasi Publik/Negara bidang minat kepegawaian UT hanya bisa diambil oleh mahasiswa PIK-BKN.

Biaya apa yang ditanggung oleh pemberi beasiswa/BKN?
Jawab: beasiswa ini hanya menanggung biaya penyelenggaraan pendidikan saja, seperti uang pendaftaran, SPP, seragam, buku paket, dan biaya praktik kerja kepegawaian di kantor pusat atau kantor regional BKN. Penerima beasiswa tidak diberikan uang saku/biaya hidup. 

Note: mungkin hal yang harus kamu pertimbangkan saat akan mengambil beasiswa ini adalah faktor keuangan karena beberapa instansi tidak memberikan tunjangan kepada pegawai tugas belajar, faktor jarak (kalau menjauh dari domisili), dan lama studi.

Saat ini sedang dibuka pendaftaran beasiswa PIK-BKN tahun 2021 atau angkatan XV.

Cerita tentang beasiswa Pendidikan Ilmu Kepegawaian BKN akan saya lanjutkan di postingan berikut ini Mengenal Beasiswa Pendidikan Ilmu Kepegawaian BKN Bagi PNS Part II

Posting Komentar untuk "Mengenal Beasiswa S-1 Pendidikan Ilmu Kepegawaian (PIK) BKN Bagi PNS"