Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kuliah Jurusan Kesehatan dan Biaya Kuliah di Sukabumi

Kuliah di Sukabumi

Sukabumi bukan kota yang terkenal dengan kampus-kampus besar, tetapi tidak ada salahnya membahas kampus-kampus kesehatan yang ada di sini. Setidaknya ada satu perguruan tinggi negeri di Sukabumi, yaitu Institut Pertanian Bogor (IPB) Sukabumi dalam bentuk Program Studi Di luar Kampus Utama (PSDKU).   

Kali ini saya akan mencoba membahas perguruan tinggi atau kampus yang spesifik menyelenggarakan  jurusan dari rumpun kesehatan di Sukabumi. Meski biaya kuliah jurusan kesehatan ini, menurut saya relatif mahal, tapi  animo pelajar untuk berkuliah di jurusan kesehatan sepertinya masih lumayan tinggi. Sebetulnya tidak banyak kampus kesehatan yang ada di Sukabumi. Yang saya tahu dan cek, hanya ada tiga kampus saja. 

Mungkin ada yang berpikir, agak tanggung ya kuliah di Sukabumi, mending sekalian di Bandung  atau di Bogor. Iya sih bener, tapi beberapa orang punya pertimbangan untuk kuliah dekat dengan rumah orang tua, atau bisa jadi tidak diperbolehkan tinggal jauh dari orang tuanya.

Yuk simak, tiga kampus di wilayah Sukabumi yang menyelenggarakan jurusan kesehatan. Seperti biasa, saya akan mencantumkan alamat, biaya kuliah, mekanisme seleksi, dan akreditasi BAN PT (lembaga akreditasi perguruan tinggi secara umum) dan LAMPT Kes (lembaga akreditasi perguruan tinggi kesehatan).

Kampus Kesehatan di Sukabumi

1. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Sukabumi - STIKESMI

Sumber: IG @Stikesmi

Sebelum berubah menjadi STIKES Sukabumi, kampus ini dahulu bernama Akademi Keperawatan Kota Sukabumi atau Akper Sukabumi. Jauh sebelum itu, kayaknya bernama SPK atau Sekolah Perawat Kesehatan. Saya pernah berkunjung ke kampus swasta ini, dulu sewaktu SMA. Lokasi STIKES Sukabumi atau sering disebut Stikesmi ini ada di Jl. Karamat No. 36 Kota Sukabumi, telepon (0266) 210215. Kampusnya tidak seluas kampus negeri, sesuai sama jumlah jurusannya yang sedikit. 

Terdapat empat program di STIKES Sukabumi/STIKESMI:

  1. S-1 Keperawatan - Akreditasi "B" BAN-PT & LAM PTKes
  2. D-3 Keperawatan - Akreditasi "B" BAN-PT & LAM PTKes
  3. D-3 Kebidanan - Akreditasi "B" BAN-PT & LAM PTKes
  4. Program Profesi Ners - Akreditasi "B" BAN-PT & LAM PTKes
Khusus program D-III Kebidanan, Stikesmi menjadi satu-satunya kampus yang mengadakan jurusan ini lho. Tapi ingat, jurusan kebidanan hanya bisa dipilih oleh perempuan.


Terdapat dua jalur seleksi, yaitu:

  • Program Sambar (tanpa tes tulis)
  • Ujian Tulis/jalur umum

Syarat pendaftaran jalur umum:

  • Lulusan SMA/MA/SMK/sederajat;
  • Batas usia maksimal 25 tahun saat mendaftar;
  • Tinggi badan minimal laki-laki 155 cm dan perempuan minimal 150 cm;
  • Tidak memiliki cacat fisik;
  • Fotokopi KTP atau Kartu Keluarga;
  • Fotokopi ijazah/SKL yang telah dilegalisasi;
  • Pas foto terbaru ukuran 4x6 dan 3x6 (latar belakang berwarna merah);
  • Biaya pendaftaran Rp300.000,-
Syarat pendaftaran jalur sambar hampir sama dengan jalur umum, namun ditambah dengan:
  • Nilai minimal 78 untuk semua mata pelajaran; dan
  • Melampirkan Surat Rekomendasi dari sekolah.
Biaya pendidikan yang harus dibayar langsung di awal pendidikan untuk tahun akademik 2022/2023 
  • Program D-III Keperawatan: Rp21.450.000,- dengan biaya pendidikan per semester Rp4.250.000,-
  • Program D-III Kebidanan: Rp21.050.000,- dengan biaya pendidikan per semester Rp5.750.000,-
  • Program S-1 Keperawatan: Rp22.890.000,- dengan biaya pendidikan per semester Rp5.000.000,-
  • Program Ners: Rp25.000.000,- (25 juta)

Jadwal Seleksi 

Berdasarkan informasi dari website resmi STIKESMI, pendaftaran program Sambar akan dibuka di bulan Januari-April 2022, sedangkan jalur tes tulis dibuka dalam dua gelombang. yaitu pendaftaran gelombang I dibuka tanggal 3 Januari-21 Mei 2022 dan pendaftaran gelombang II tanggal 30 Mei-1 Juli 2022.

So, bagi yang berminat berkuliah di STIKESMI, pendaftaran jalur Sambar (nilai raport semua mata pelajaran harus >78) dan jalur tes tulis sudah dibuka ya.

2. Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) 

Sumber: laman resmi ummi.ac.id

Universitas Muhammadiyah Sukabumi atau lebih dikenal dengan UMMI punya lokasi yang sangat strategis di pusat kota Sukabumi, di Jl. R. Syamsudin, SH. No. 50 Kota Sukabumi, telepon (0266) 218342-218345. Mahasiswa UMMI kayaknya nggak bakal takut mati gaya karena lokasi kampus dekat dengan tempat makan atau nongkrong di Sukabumi. Adapun jurusan kesehatan yang tersedia di UMMI adalah program D-III Keperawatan, S-1 Keperawatan dan program Ners.

Akreditasi 



Akreditasi jurusan kesehatan yang ada di UMMI versi BAN-PT dan LampPTKes adalah:

  • D-III Keperawatan: terakreditasi Baik atau "B"
  • S-1 Keperawatan: terakreditasi Baik atau "B"
  • Program Ners: terakreditasi Baik atau "B"

Biaya Pendidikan


Dikutip dari laman resminya, berikut biaya pendidikan S-1 dan D-III Keperawatan di Universitas Muhammadiyah Sukabumi (fakultas kesehatan):

  • Biaya semester awal/pertama kali:
    D-III Keperawatan: Rp16,95 juta
    S-1 Keperawatan: Rp18,5 juta
  • Biaya pendidikan semester berikutnya:
    D-III Keperawatan: Rp6 juta
    S-1 Keperawatan: Rp6,1 juta

Jadwal Seleksi

Berkaca dari penerimaan mahasiswa baru tahun sebelumnya (2021), UMMI membuka tiga gelombang penerimaan yaitu:

  • Gelombang I dibuka pada Januari-Maret
  • Gelombang II dibuka pada April-Juni
  • Gelombang III dibuka pada Juli-September
Berdasarkan informasi dari laman resminya, pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun akademik 2022-2023 telah dibuka lebih awal dari sebelumnya, yaitu sejak 1 November 2021 s.d. 25 Fenruari 2022. 

Biaya seleksi dipatok sebesar Rp300 ribu untuk pilihan jurusan di fakultas kesehatan dengan melampirkan fotokopi ijazah SMA/MA/SMK atau SKL. Pendaftar di jurusan Keperawatan dan Ners juga harus memiliki tinggi badan tertentu, yaitu untuk Laki-laki minimal 155 cm,  dan Wanita minimal 148 cm (Keperawatan) dan untuk Pendidikan Ners minimal tinggi badan 150 cm.  

Terdapat jalur nilai raport dengan rata-rata nilai raport semester 5 atau 6 adalah 75, jalur tahfiz Al-Quran, jalur nilai UN, dan jalur tes tulis.

3. Politeknik Kesehatan Yapkesbi Sukabumi

Kampus Politeknik Kesehatan Yapkesbi Sukabumi terletak di Jalan Subangjaya No 12-A, Ciaul Pasir, Kota Sukabumi, telepon (0266) 245256 - HP 083805873672. Kampus yang berdiri sejak 2004 ini lokasinya agak masuk ke daerah Ciaul Pasir, tapi nggak terlalu jauh dari pusat kota, di daerah yang cukup tinggi dan dingin. Yapkesbi merupakan singkatan dari Yayasan Pendidikan Kesehatan Bhakti Indonesia yang menaungi beberapa kampus kesehatan yang tersebar di Indonesia. 

Akreditasi Jurusan

Terdapat tiga jurusan yang tersedia di Politeknik Kesehatan atau Poltekkes Yapkesbi, yaitu:

  • D-III Keperawatan, terakreditasi "B" oleh BAN-PT dan LAMPTKes
  • D-III Kebidanan, terakreditasi "B" oleh BAN-PT dan LAMPTKes
  • D-III Kesehatan Lingkungan, terakreditasi "B" oleh BAN-PT dan LAMPTKes
Poltekkes Yapkesbi sepertinya menjadi satu-satunya kampus yang membuka program D-III Kesehatan lingkungan di Sukabumi. Dari laman FB Poltekkes Yapkesbi, sepertinya akan dibuka jurusan baru yaitu S-1 Keperawatan dan S-1 Farmasi. Tapi saya belum menemukan informasi akreditasinya di laman BAN-PT dan LamPTKes. Kalau informasi ini benar, berarti, untuk program S-1 Farmasi tersebut akan menjadi satu-satunya kampus Farmasi yang ada di Sukabumi ya teman-teman. Tapi sepertinya belum ada ya. Padahal jurusan farmasi ini menarik dan cukup menjanjikan banget sih saat ini.



Biaya Pendidikan

Sayang sekali, sepertinya informasi mengenai biaya belum ditampilkan di laman resmi Poltekes Yapkesbi Sukabumi. Bagi teman-teman yang berminat silakan hubungi kontak CP yang tertera di atas.

Jadwal Seleksi

Dikutip dari akun IG @poltekes_yapkesbi_sukabumi, terdapat tiga tahap penerimaan mahasiswa baru yaitu:

  • Program beasiswa: 1 Januari-12 Maret 2022 (Tahfiz dan nilai raport/ranking 5 besar)
  • Gelombang I: 13 Maret - 14 Mei 2022
  • Gelombang II: 15 Mei-31 Agustus 2022
***

Rekomendasi 

Semua keputusan ada di teman-teman. Kalau saya ditanya kampus mana yang akan dipilih, saya akan memilih S1-Keperawatan STIKESMI karena lokasinya relatif dekat dari pusat kota, dan dulu STIKESMI pernah dikelola oleh Pemda jadi mungkin jangkauan praktiknya lebih luas. Ditambah lagi, dulu saya memang pernah punya niat kuliah di sana hehe.. S-1 Keperawatan UMMI juga nggak kalah menarik untuk dicoba.

Oh iya, menurut saya kuliah di jurusan Kesehatan Lingkungan juga cukup asyik karena lulusan jurusan ini bisa bekerja tidak hanya di rumah sakit, tetapi juga bisa di pabrik atau perusahaan, di bagian pengelolaan lingkungan dan K3. Selain jurusan, perhatikan juga faktor biaya masuk dan biaya semesterannya ya. Memang sekolah jurusan kesehatan ini butuh dana yang tidak sedikit sehingga butuh support biaya yang kuat dari orang tua.

Selamat belajar dan menjadi calon petugas kesehatan yang melayani masyarakat. 

Posting Komentar untuk "Kuliah Jurusan Kesehatan dan Biaya Kuliah di Sukabumi"