Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Training Writing Task 1 IELTS

 International English Language Testing System (IELTS)


Hallo ladies and fellas, karib online di mana pun kalian berada. 

Pada kesempatan kali ini, saya akan coba membagikan pengalaman saya mengikuti kursus/training IELTS secara offline dan online di salah satu tempat les IELTS di Kampung Inggris Pare Kediri. 

Apa itu IELTS?

Singkatnya IELTS adalah tes kemampuan bahasa Inggris, sejenis dengan TOELF tapi beda di teknis tes. Kalau di TOEFL ada tes listening, reading, grammar. Sedangkan di IELTS ada tambahan writing. By the way, IELTS itu akronim dari International English Language Testing SystemSkor IELTS digunakan sebagai syarat untuk bisa belajar/kuliah atau bekerja/tinggal di luar negeri (khususnya di negara persemakmuran Inggris, kayak Australia, New Zealand dan lain-lain). 

Dimana ya Kalau mau Tes IELTS? 

Tes IELTS di Indonesia secara resmi diselenggarakan oleh IALF (Indonesia Australia Language Foundation), IDP Education, dan British Council (kedutaan Inggris) yang ada di beberapa kota seperti Jakarta dan Surabaya.

Ada Trik atau Tips nggak untuk membuat tulisan di Writing Task 1 IELTS?

Ada dong. Awalnya saya juga bingung mau nulis apa di writing task IELTS. Setelah diberi tahu tutor, ternyata ada beberapa section writing yaitu writing task 1 dan writing task 2. Kita bahas writing task 1 dulu ya guys.

Menurut sang tutor, ada beberapa ketentuan yang wajib diketahui oleh calon peserta tes IELTS di bagian writing task 1, yaitu:

  1. Penuhi jumlah kata minimal dan maksimal dalam tulisan yaitu 150-180 kata;
  2. Writing task 1 biasanya memunculkan chart atau diagram seperti bar chart, pie chart, tabel, line graph, combine diagram, flow chart atau map;
  3. Durasi pengerjaan writing task 1 dikerjakan dalam 20 menit;
  4. Bobot nilai writing task 1 IELTS sebesar 35%;
  5. Buat empat-lima paragraf dengan metode parafrase yang menggambarkan diagram atau chart yang ada di soal, dengan rincian:
    • Paragraf 1: Introduction
      Ambil data dan deskripsikan tabel, chart, diagram dengan membuat statement "nama tabel/diagram/chart, topik, tahun", tidak boleh copy-paste, pakai paraphrase. Satu kalimat juga cukup.
    • Paragraf 2: General Overview
      Buat kalimat yang menggambarkan kenaikan atau penurunan (fluktuasi) yang terjadi pada tabel/chart/diagram secara umum. Jika hanya ada 1 tahun, maka nggak perlu dibahas perubahan/perbedaannya. Tidak perlu memunculkan angka spesifik (general aja), misalnya tertinggi di bulan apa, tanpa nilai spesifik. Cukup 2 kalimat/sentences.
    • Paragraf 3: Main Feature
    • Paragraf 4: Main Feature
      Main feature berisi informasi detail, memunculkan angka spesifik, detail informasi, ceritakan gambar paling mencolok (highest-lowest). Bisa juga menyebutkan angka di range "sedang". Jika datanya banyak, tidak perlu dijelaskan semuanya karena ada batas maksimal kata. 
    • Paragraf 5: Conclution (optional)
      Tidak mengulang/repetisi kalimat, berbentuk overview dan parafrase (paraphrase)

Contoh Soal dan Jawaban Writing Task 1 IELTS (180 words)

The line graph illustrates us about the information of tourist visiting Caribbean Island over the period of 2010 and 2017 in millions of visitors.

Regarding that graph, we can see that the number of tourists who staying on cruise ships and staying on island were fluctuating. Overall, the number of tourists visiting a Caribbean Island increase steadily.

From the line graph, we find that the number of visitors who stay on cruise ships increase gradually, except in 2012 and 2013. Meanwhile, the number of visitors who stay on island also increase gradually, except in 2011 and 2016. Since 2010, amount of visitor staying on island was always more than visitors staying on ships about 0,75 million people. Only, in 2016 and 2017, the visitor staying on cruise ship surpass the visitor staying on island with 1,5 million people and 2 million people respectively. In 2017, total of tourists visiting Caribbean Island was 3,5 million visitors which become the highest over the period.

It is clear from the graph that the number of tourists visiting Caribbean increase over the period 2010 to 2017.

*Good Luck*

Posting Komentar untuk "Training Writing Task 1 IELTS"