Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Tes Kemampuan Dasar (TKD) CPNS-ASN: Nasionalisme

Tes Kemampuan Dasar (TKD) ASN

Semangat Pagi Pejuang NIP!

Kali ini saya akan mencoba membagikan informasi tentang kisi-kisi Tes Kemampuan Dasar (TKD) untuk seleksi Calon PNS terbaru. Yup, ini kisi-kisi terbaru saat ini sesuai dengan Permenpan No.27 Tahun 2021 tentang Pengadaan Pegawai Negeri Sipil. Jadi, kisi-kisi ini selalu diperbarui ya guys, nggak persis sama dari tahun ke tahun, tergantung kebijakan pemerintah.

Seleksi Kemampuan Dasar (SKD)

Seleksi Kemampuan Dasar adalah salah satu rangkaian tes untuk menjadi PNS atau PPPK. Dalam tahap SKD ini, terdapat tiga jenis subtes yaitu:

  • Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
  • Tes Intelegensia Umum (TIU)
  • Tes Karakteristik Kepribadian (TKP)

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Sekarang kita bahas detail tentang Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Dalam Permenpan 27/2021,  Tes wawasan kebangsaan bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan: 
  • Nasionalisme
  • Integritas 
  • Bela Negara
  • Pilar Negara
Menurut saya, soal TKD ini paling tricky, mengecoh, materi yang harus dipelajari banyak banget. Ya walaupun materi pokoknya berkutat di empat topik di atas, tapi submaterinya banyak sekali guys.

Materi TKD - Nasionalisme

Materi nasionalisme menjadi bahan soal TKD yang pertama, yang akan kita bahas. Tujuan penilaian nasionalisme ini adalah  mampu mewujudkan kepentingan nasional melalui cita-cita dan tujuan yang sama dengan tetap mempertahankan identitas nasional.

Apa yang dimaksud dengan "nasionalisme"?

Nasionalisme adalah paham  atau ajaran  untuk mencintai  bangsa  dan  negara sendiri. Kesadaran keanggotaan suatu bangsa yang secara potensial maupun aktual bersama-sama mencapai, mempertahankan, dan mengabdikan jati diri, integritas, kemakmuran, dan kekuatan suatu bangsa. 

Jelaskan pengertian nasionalisme secara bahasa!

Nasionalisme secara  bahasa/etimologi  berasal  dari  kata  “nasional” dan  "isme",  yaitu  paham kebangsaan yang mengandung  makna kesadaran dan semangat cinta tanah air. 

Jelaskan pengertian nasionalisme menurut Hans Kohn!

Menurut  Hans  Kohn,  nasionalisme  merupakan   suatu  paham  yang  memandang   bahwa kesetiaan tertinggi  individu  harus diserahkan kepada negara kebangsaan

Apa yang dimaksud dengan nasionalisme Pancasila?

Nasionalisme Pancasila adalah pandangan atau paham kecintaan manusia Indonesia terhadap bangsa dan tanah airnya yang didasarkan  pada nilai-nilai  Pancasila. 

Jelaskan jenis-jenis nasionalisme!

Nasionalisme  dibedakan  menjadi  lima  jenis yaitu:
  • Nasionalisme  Humaniter
    Nasionalisme humaniter adalah nasionalisme yang mendasarkan pandangannya bahwa setiap bangsa berhak memperjuangkan  kesejahteraan  bangsanya berdasarkan caranya sendiri
  • Nasionalisme Jacobin
    Nasionalisme jacobin  adalah  nasionalisme  yang demokratis,  tetapi  doktriner  dan fanatik terhadap bangsa lain.
  • Nasionalisme Tradisional
    Nasionalisme tradisional adalah nasionalisme yang menekankan keunikan setiap bangsa dan mempertahankan  tradisi dan sejarahnya
  • Nasionalisme Liberal
    Nasionalisme  liberal  adalah  nasionalisme  yang menekankan  pentingnya  dunia  berpegang pada prinsip dimana setiap bangsa berhak menentukan  nasibnya sendiri.
  • Nasionalisme Integral 
    Nasionalisme integral adalah nasionalisme yang menekankan kepentingan nasional ada di atas kepentingan individu, berdasarkan  prinsip tersebut semua warga negara harus sepenuhnya setia kepada negara.  

Jelaskan sejarah nasionalisme pada abad ke-18 dan ke-19!

Nasionalisme  muncul sebagai ide baru di Benua Eropa dan Amerika pada akhir abad ke-18  sampai dengan awal abad ke-19. Kemunculan  ide ini dilanjutkan dengan proses integrasi kerajaan-kerajaan  serta pembentukan  negara nasional. 

  • Ide nasionalisme pada bangsa Amerika didorong oleh semangat kebebasan dan persamaan melawan sistem kekuasaan yang menindas dan diskriminatif terhadap ras tertentu. Nasionalisme  bangsa Amerika  ini  berhasil  menciptakan  negara  nasional  pertama di dunia pada tahun 1776. 
  • Ide nasionalisme di Benua Eropa yang menonjol adalah nasionalisme di Prancis dan Jerman. Nasionalisme pada bangsa Prancis erat kaitannya dengan gerakan revolusi Prancis. Ide  nasionalisme  di Prancis berhasil mengganti  sistem kerajaan dengan sistem demokrasi atau kedaulatan rakyat. Nasionalisme  pada  bangsa  Jerman  lebih  dekat  dengan  nasionalisme  yang  berkembang menjadi  chauvinisme. Hal ini karena bangsa Jerman  merasa sebagai  bangsa yang paling unggul di dunia melebihi ras bangsa lain. Nasionalisme  bangsa  Jerman  ini yang  diikuti dengan  gerakan  untuk menguasai dan menghapuskan  ras bangsa tertentu kemudian menjadi pemicu perang dunia II

Jelaskan sejarah nasionalisme pada abad ke-20 di Asia!

Nasionalisme di Asia sebagian   besar muncul  sebagai   reaksi perlawanan terhadap kolonialisme dan imperialisme.

Jelaskan titik balik sejarah nasionalisme di Indonesia!

Titik sejarah penting pertumbuhan dan perkembangan  nasionalisme di Indonesia terjadi pada saat Kebangkitan  Nasional, Sumpah Pemuda, dan Proklamasi  Kemerdekaan. 
  • Kebangkitan  Nasional yang ditandai dengan berdirinya organisasi  Budi Oetomo pada tahun 1908,  merupakan titik lahirnya  ide atau gagasan tentang  nasionalisme  Indonesia. 
  • Sumpah Pemuda tahun 1928 merupakan ikrar atau perjanjian untuk mewujudkan nasionalisme dalam ikatan satu bangsa, satu tanah air,  dan satu bahasa persatuan. 
  • Proklamasi  Kemerdekaan  Indonesia tahun  1945 adalah  sebuah  pernyataan  nasionalisme sebagai bangsa yang merdeka, berdaulat, dan bersatu dalam wadah negara nasional yang bernama Republik Indonesia

Jelaskan tantangan nasionalisme di Indonesia sesuai dengan periode sejarah!


No. Periode Tantangan dan Permasalahan
1. Tahun 1908-1945 Melawan kolonialisme bangsa asing. Menjadi bangsa yang merdeka adalah sasaran nasionalisme pada periode ini.
2. Tahun 1945-1949 Mempertahankan kemerdekaan dari ancaman kembalinya kolonialisme bangsa asing
3. Tahun 1950-1965 Ancaman-ancaman terhadap keutuhan NKRI. Ancaman pada periode ini banyak datang dari dalam dan luar negeri.
4. Tahun 1966-1995 Kesenjangan kesejahteraan rakyat serta tantangan peningkatan pembangunan.
5. Tahun 1995-1998 Krisis multidimensi (utamanya pada sektor ekonomi) serta mencuatnya kasus-kasus integritas seperti KKN.
6. Tahun 1999-saat ini Bertumbuhnya sifat-sifat individualisme dan kebebasan yang berlebihan pada warga negara.

*Semoga Bermanfaat*

Posting Komentar untuk "Materi Tes Kemampuan Dasar (TKD) CPNS-ASN: Nasionalisme"