Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wajib Tahu! Lima Cara Memilih Jurusan Kuliah

Langkah Memilih Jurusan Kuliah

Semangat pagi teman-teman! Tes masuk perguruan tinggi sudah mau ke babak akhir. Terus semangat berjuang mencapai tujuan kalian ya. Nah, bagi teman-teman yang masih galau merana apa sih jurusan yang tepat bagi saya si kaum rebahan, eh rajin, berikut ini 5 hal atau tips yang bisa kalian lakukan. Skuy diintip!

KENALI POTENSI DIRI

Nggak cuma saat memilih pasangan, saling mengenal juga penting saat kalian milih jurusan kuliah. Pertama kenali diri kalian sendiri. Gampangnya sih ikut tes potensi bakat, tapi biasanya berbayar. Intinya teman-teman harus mengenal apa minat, bakat, kesukaan yang teman-teman miliki saat ini. Apakah jurusan yang diambil nanti bikin teman-teman senang saat mempelajarinya. Diskusi dengan teman sekolah, orang tua, atau guru BK semoga bisa sedikit memberi pencerahan. Misalnya ya, saya anaknya ekstrovert, suka bergaul dan nge-MC. Nah, jurusan yang cocok bisa ambil komunikasi dst. Atau bisa juga kalian ngebet masuk jurusan kedokteran, ternyata hasil try out atau nilai kalian jauh dari standar nilai yang diterima di kedokteran. Please, wake up! Sadar dan tahu diri ya hehe...Minta saran dari orang lain mungkin bisa membantu, kalau kalian masih bingung. 

PERTIMBANGKAN LOKASI KAMPUS, BIAYA PENDIDIIKAN DAN BIAYA HIDUP

Ngikutin passion penting, tapi nggak usah diglofikasi atau dibikin heboh sebagai yang utama. Teman-teman juga harus bijak memperhatikan kemampuan finansial orang tua atau keuangan untuk membiayai UKT atau biaya kuliah, biaya kosan (kalau ngekos), ongkos pulang-pergi, dan biaya hidup (cost of living). Jangan kuliah di tempat yang elit cuma karena gengsi, padahal orang tua kalian nggak mampu. Cari kampus yang sesuai dengan kriteria kalian, misalnya orang tua nggak melarang jauh, ya ambil kampus yang terdekat. Cari kampus negeri dengan biaya yang relatif terjangkau bagi kalian dan pilih kota dengan biaya hidup murah, seperti daerah di Jateng dan Jatim kalau biaya jadi kendala.

JANGAN MALAS! CARI TAHU JURUSAN YANG KALIAN INGINKAN

Riset riset riset! jangan malas bertanya ke guru, orang tua, alumni, kakak senior di jurusan tersebut. Cari tahu kurikulumnya gimana, mata kuliah apa yang akan dipelajari, siapa dosennya dst. Tanamkan jiwa kepo sebesar gunung kalau kalian memang menginginkan kuliah di jurusan tersebut. Jangan cuma bilang pengen ke jurusan X tapi nggak tahu apa-apa ya gengs. Informasi bisa dicari  juga di internet, buanyak banget asal sabar dan pintar milih kata kuncinya.

CEK AKREDITASI KAMPUS DAN JURUSAN KAMPUS

Akreditasi kampus dan jurusan juga penting lho sobat. Sedikit berbeda dengan akreditasi sekolah, akreditasi kampus dan jurusan terbilang masih cukup ketat. Jadi, nggak sembarangan BAN-PT memberi akreditasi "A" atau unggul. Untuk mengecek akreditasi institusi dan jurusan, teman-teman bisa ngecek di situs ban-pt. Akreditasi ini juga biasanya berpengaruh ketika kalian akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, daftar menjadi CPNS atau ikut beasiswa.

CARI TAHU PROSPEK JURUSAN TERSEBUT

Nggak kalah penting, teman-teman harus mencari tahu prospek atau peluang pekerjaan setelah lulus, apakah arah kariernya menjadi entrepreneur, pegawai atau gimana? Sebenarnya poin ini terkait juga dengan rencana hidup teman-teman, visi hidup kalian ke depan. Kalian bisa mencari tahu seluk beluk dunia pekerjaan lulusan jurusan X kepada orang tua, kakak senior secara langsung, atau melalui grup media sosial atau mencari sendiri di internet. Kenapa? Supaya teman-teman tidak salah memilih jurusan yang ternyata "sulit" bekerja atau bahkan populasi lulusannya sudah melimpah ruah alias banyak saingannya. 

Segitu dulu tips singkat dari admin. Semoga bermanfaat. Ada yang sudah menentukan jurusan impiannya? Yuk share di kolom komentar dan apa alasannya kalian milih jurusan tersebut. 

***

Prasetyaji
Prasetyaji An Overthingker, Fighter, Teacher Wanna be

Posting Komentar untuk "Wajib Tahu! Lima Cara Memilih Jurusan Kuliah"