Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SMA Islam Terbaik di Indonesia

Sekolah Islam Terbaik di Indonesia di Tingkat SMA/MA/sederajat

Pendidikan anak menjadi hal yang cukup disoroti saat ini karena masyarakat mulai paham bahwa pendidikan penting bagi masa depan anak. Sebagai negara dengan mayoritas muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki sejumlah sekolah menengah atas (SMA) Islam atau sederajat terbaik yang memiliki visi dan misi mendidik generasi muda berlandaskan nilai-nilai Islam. Sekolah-sekolah ini tidak hanya menawarkan pendidikan umum yang berkualitas, namun lebih dari itu, berusaha menanamkan nilai-nilai moral dan agama Islam. Dalam artikel ini, kita akan membahas sepuluh SMA Islam/Madrasah Aliyah (MA) terbaik di Indonesia berdasarkan pemeringkatan nilai UTBK tahun 2022 oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Kemendikbud.

1. MAN Insan Cendekia Serpong

Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Serpong merupakan sekolah tingkat menengah berbasis Islam terbaik di Indonesia saat ini, menggungguli sekolah-sekolah Islam lain termasuk sekolah-sekolah umum. MAN Insan Cendekia Serpong menjadi sekolah nomor satu di Indonesia berdasarkan raihan skor UTBK tertinggi beberapa tahun ke belakang. Hasil UTBK 2022 menempatkan MAN IC Serpong di posisi pertama sekolah terbaik di Indonesia (skor 666,4), disusul SMA Katolik ST.Loius 1 Surabaya di posisi kedua (skor 641,4), dan SMA Pradita Dirgantara Boyolali di Posisi ketiga (640,7).
Banyak prestasi yang sudah ditorehkan oleh civitas MAN IC Serpong. Dikutip dari laman resminya, sebanyak 78% lulusan MAN IC Serpong lulus SNBT tahun 2023, yang berarti bahwa mayoritas lulusannya diterima di Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. Sekolah ini berlokasi di Jalan Cendekia, BSD, Sektor XI, Serpong,Tangerang Selatan, Banten.

2. MAN Insan Cendekia Pekalongan

Pembentukan MAN Insan Cendekia oleh Kementerian Agama telah melahirkan sekolah yang unggul dari segi akademik dan juga karakter Islam. MAN Insan Cendekia Pekalongan menjadi sekolah Islam terbaik kedua berdasarkan skor UTBK tahun 2022, dengan raihan total 637. Mempunyai slogan “Kampus Islami, Mandiri, Prestasi”, MAN Insan Cendekia Pekalongan menjadi sekolah tingkat menengah atas kedua terbaik di Provinsi Jawa Tengah, setelah SMA Pradita Dirgantara. Sekolah berasrama ini terletak di Jalan Mochamad Chaeron, Banyurip, Pekalongan Selatan, Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

3. MAN 2 Kota Malang

MAN 2 Kota Malang menjadi Madrasah Aliyah Negeri selain Insan Cendekia yang masuk ke dalam jajaran 10 besar sekolah tingkat menengah atas Islam terbaik di Indonesia. Raihan skor total UTBK tahun 2022 mencapai 617. MAN 2 Kota Malang mempunyai beberapa program unggulan yaitu program olimpiade dan riset, MAN 2 menjelajah dunia (MADU MANJA) dan program TOEFL preparation class dan TOEFL Test.

4. MAN Insan Cendekia Kota Batam

MAN Insan Cendekia Batam terletak di Jalan Hang Lekiu, Sambau, Nongsa, Batam, Kepulauan Riau. Sekolah yang mempunyai jas almamater berwarna biru terang ini menjadi sekolah Islam terbaik ke-4 dengan raihan skor total UTBK sebesar 616,5.

5. SMA Al-Irsyad Satya Bandung

Sekolah Menengah Atas Al-Irsyad Satya berlokasi di Jalan Raya Parahyangan KM 2,7 Kota Baru Parahyangan, Cipeundeuy, Kec. Padalarang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat. Sekolah yang berada di kawasan mandiri Kota Baru Parahyangan ini menorehkan skor UTBK sebesar 609,6 dan menempati peringkat kelima.

6. Pesantren Unggul Al Bayan Sukabumi

Pesantren Unggul Al Bayan berlokasi di Jalan Al Bayan No. 100, Cibadak, Kabupaten SukabumiPesantren unggul Al Bayan menempati posisi ke-6 sekolah tingkat menengah Islam terbaik se-Indonesia dan meraih peringkat ke-34 top 1000 SMA/sederajat terbaik di seluruh Indonesia. Raihan skor total UTBK siswa SMA PU Al Bayan adalah 604,4.

7. MAN Insan Cendekia Gorontalo

MAN Insan Cendekia Gorontalo menjadi salah satu MAN IC pertama yang didirikan, yakni dibangun tahun 1996. MAN IC Gorontalo berlokasi di Jalan Kasmat Lahay, Desa Moutong, Kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Prestasi terkini yang diraih oleh MAN IC Gorontalo di antaranya raihan medali emas, perak dan perunggu dalam Kompetisi Sains Madrasah tahun 2023. Raihan skor total UTBK siswa-siswi MAN IC Gorontalo adalah 603,2.

8. MAN Insan Cendekia Jambi

MAN Insan Cendekia Jambi menjadi salah satu MAN terbaik di pulau Sumatera. Salah satu prestasi siswa-siswi MAN Insan Cendekia Jambi tahun 2023 adalah perolehan dua medali dalam ajang Olimpiade Sains Madrasah di Kendari. MAN IC Jambi berlokasi di Jl. Lintas Jambi No.KM. 21, Pijoan, Kec. Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi. Raihan skor total UTBK siswa MAN IC Jambi adalah 602,4.

9. MAN Insan Cendekia Pasuruan

MAN Insan Cendekia Pasuruan didirikan pada tahun 2017. Lulusan MAN Insan Cendekia diharapkan dapat memiliki kompetensi ilmu pengetahuan dan teknologi serta iman dan takwa yang tinggi. MAN IC Pasuruan terletak di Dusun Kajarkuning, Kedawung Wetan, Kec. Grati, Pasuruan, Jawa Timur. Prestasi terbaru dari siswa MAN IC Pasuruan, salah satunya adalah perolehan Bronze Medal dalam IESO atau International Earth Science Olympiad tahun 2023. Raihan skor total UTBK siswa MAN IC Pasuruan adalah 600,5.

10. MAN Insan Cendekia Padang Pariaman

MAN Insan Cendekia Padang Pariaman terletak di Jalan Pendidikan, Kenagarian Sintuk Sintuk Toboh Gadang, Padang Pariaman, Sumatera Barat. Sekolah ini didirikan pada tahun 2016 dan sudah banyak melahirkan prestasi di kancah nasional dan internasional. MAN IC Padang Pariaman menjadi sekolah menengah atas Islam terbaik ke-10 dengan capaian skor total UTBK tahun 2022 sebesar 594,6.

Inilah 10 SMA Islam/MA terbaik di Indonesia yang telah berkontribusi dalam mendidik generasi muda berlandaskan iman dan takwa (Imtak) dan Iptek. Semoga sekolah-sekolah Islam semakin berkualitas, membentuk pemimpin masa depan yang berkomitmen pada nilai-nilai Islam dan kemajuan bangsa.

#Madrasah #SMATerbaik #UTBK

Posting Komentar untuk "SMA Islam Terbaik di Indonesia"