Thursday, 24 November 2011

MAN Insan Cendekia Serpong-Gorontalo

Informasi PPDB / PSB MAN Insan Cendekia Serpong-Gorontalo 2010/2011

     



 
MAN Insan Cendekia atau lebih tenar disingkat MAN IC merupakan Madrasah Aliyah (setingkat SMA) yang berada di bawah naungan Kementerian Agama. MAN yang didirikan karena prakarsa Bpk. B.J. Habibie ini cukup terkenal karena gratis biaya sekolah dan sering menorehkan prestasi akademik yang sangat bagus di kancah nasional dan internasional, Prestasi yang sering diraih siswa MAN IC diantaranya dalam ajang Olimpiade Sains Nasional dan Olimpiade Sains Internasional. Untuk tahun akademik 2011/2012, belum ada pengumuman resminya. Biasanya sekitar bulan Januari/Februari baru terbit. Apakah masih memberikan beasiswa atau tidak tunggu saja pengumuman resminya.

MAN IC merupakan sekolah islam berasrama yang terletak di dua wilayah yang berbeda. Untuk wilayah barat/Jawa, MAN IC berada di Serpong Tangerang Selatan, Banten. Sedangkan untuk wilayah luar Jawa (timur Indonesia) dapat memilih SMA IC Gorontalo. Copy-Paste dari blognya Chao di chaochao.wordpress.com, berikut ini informasi mengenai MAN Insan Cendekia.

A. Persyaratan
1. Mengisi formulir pendaftaran
2. Peserta Didik kelas IX MTs/SMP pada tahun pelajaran 2010/2011.
3. Berusia maksimal 17 tahun pada 1 Juli 2011
4. Pada semester 1 kelas IX tahun pelajaran 2010/2011 peserta didik yang bersangkutan berada pada peringkat terbaik (dengan melampirkan surat pernyataan kepala madrasah/sekolah yang dibuat secara kolektif sebagaimana contoh terlampir) pada madrasah/sekolah
dengan ketentuan sebagai berikut:


a) Peringkat terbaik 1 – 5 dari peserta didik yang beminat masuk MAN Insan Cendekia dalam satu sekolah/ madrasah bagi MTs/SMP yang memiliki rombongan belajar 1 – 3 kelas;
b) Peringkat terbaik 1 – 7 dari peserta didik yang beminat masuk MAN Insan Cendekia dalam satu sekolah/ madrasah bagi MTs/SMP yang memiliki rombongan belajar 4 – 5 kelas;
c) Peringkat terbaik 1 – 9 dari peserta didik yang beminat masuk MAN Insan Cendekia dalam satu sekolah/ madrasah bagi MTs/SMP yang memiliki rombongan belajar lebih dari 5 kelas.
Keterangan: rombongan belajar adalah jumlah total kelas IX pada madrasah/sekolah tahun pelajaran 2010/2011 termasuk di dalamnya kelas reguler, kelas unggulan, dan kelas akselerasi.
5. Menyerahkan surat keterangan peringkat terbaik pararel dari kepala madrasah/sekolah yang dibuat secara kolektif.
6. Menyerahkan fotokopi rapor lengkap sampai dengan kelas IX semester 1 yang telah dilegalisasi oleh madrasah/sekolah.
7. Menyerahkan pasfoto berwarna terbaru ukuran 3 x 4 cm sebanyak 4lembar.
8. Menyerahkan fotokopi akte kelahiran/kenal lahir
9. Melampirkan surat keterangan dari pimpinan pondok pesantren bagi peserta didik yang tinggal (menginap) dan belajar di MTs di Pondok Pesantren
10. Melampirkan surat pernyataan keabsahan data dan dokumen pendaftaran sebagaimana contoh terlampir
11. Mempunyai minat yang kuat untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi
B. Formulir Pendaftaran
Formulir pendaftaran dapat diperoleh di:
1. Direktorat Pendidikan Madrasah Kementerian Agama
2. Bidang Mapenda Kanwil Kementerian Agama Provinsi
3. MAN Insan Cendekia Serpong dan Gorontalo
4. Website : Kementerian Agama (www.kemenag.go.id
),
MAN Insan Cendekia Serpong (www.ic.sch.id
),
MAN Insan Cendekia Gorontalo (www.icg.sch.id
).

C. Waktu
Pendaftaran : 15 Maret – 9 April 2011 (cap pos)
Tes : Sabtu, 7 Mei 2011

D. Materi Tes
Materi tes penerimaan peserta didik baru MAN Insan Cendekia meliputi Tes
Bakat Skolastik (TBS) dan tes akademik mata pelajaran: Matematika, IPA,
Bahasa Inggris, Pendidikan Agama Islam, dan Bahasa Arab.

E. Tempat Tes
Tes penerimaan peserta didik baru MAN Insan Cendekia dilaksanakan di
Ibukota Provinsi. Jika jumlah peserta di provinsi tersebut kurang dari 30 orang,
pelaksanaan tes dilaksanakan di Ibukota Provinsi terdekat.

F. BIAYA
Selama proses seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) MAN Insan
Cendekia tidak dipungut biaya dan bagi peserta yang lulus seleksi akan
mendapatkan biaya pendidikan (bukan 100%) selama belajar di MAN Insan Cendekia dari
Kementerian Agama.

G. Pendaftaran
Berkas pendaftaran dapat dikirimkan ke:
1. MAN Insan Cendekia Serpong : Jl. Cendekia BSD Sektor XI, Serpong,
Tangerang, Banten 15310, Telp (021) 7563578 – 80


2. MAN Insan Cendekia Gorontalo: Jl. Tapa-Suwawa Ds. Moutong, Kec.
Tilongkabila, Kab. Bone Bolango, Gorontalo, Telp. (0435) 823692
Informasi mengenai penerimaan peserta didik baru Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia tahun 2011 dapat dilihat pada file-file berikut.
Jika komputer yang Anda gunakan tidak dapat membuka file-file di atas, silakan download dan instal aplikasi pembaca file PDF berikut: PDF Reader. Informasi lebih lanjut silakan menghubungi: Panitia Penerimaan Siswa Baru MAN Insan Cendekia Telepon: 021-7563578 Faks: 021-7563582 Email: ppdb@ic.sch.id


FAQ’s alias tanya jawab soal MAN IC :

T: Tempat tesnya di mana, ya?
J: Biasanya, tempat tes itu tergantung dari jumlah pendaftar yang diterima. Di kota-kota besar, pasti. Seperti Jogja, Jakarta, dll. Untuk pemberitahuan lokasi tesnya, masing-masing peserta nantinya bakal dikirimin surat dari Insan Cendekia yang mengabarkan kalo peserta itu lolos seleksi berkas. Nah, di surat itulah bakal ada pemberitahuan lokasi tesnya sekaligus jadwal dan nomor tes peserta tersebut. Jadi, sekarang nggak usah bingung lokasi tesnya di mana, yang penting sekarang kirim aja dulu berkasnya. Kalo keterima (amiin deh), tunggu aja suratnya dateng. Oke??

T: Tes bahasa Arabnya gimana?
J: Mmm… aku nggak tahu sih yang sekarang bakal gimana tesnya. Tapi, percaya aja deh kalo emang ‘ditakdirkan’ masuk IC, ntar lulus juga tesnya. Banyak kok temen-temenku yang kemampuan bahasa Arabnya nol waktu tes IC. Dan anak SMP Negeri banyak juga yang keterima di IC. Jadi jangan takut. Tapi, bagaimanapun juga ikhtiar (usaha) memang diperlukan. Jangan lupa doa juga ya…

T: Tes Bakat Skolastik itu apa, sih?
J: TBS itu kayak tes yang ngukur kemampuan kita sebenarnya dalam menerima pelajaran. Yaa.. sejenis tes IQ gitu. Tes kayak gini biasanya juga diperluin kalo kita mau daftar kerja ato masuk kuliah. Tesnya terdiri dari tes verbal/bahasa, tes numerik/angka, tes logika, dan tes spasial/gambar. Kalo penasaran gimana bentuk tesnya, banyak kok buku-buku tes bakat skolastik yang bisa jadi acuan. Liat-liat dikitlah, biar nggak kaget.

T: Lulusan tahun lalu boleh ikutan daftar buat tahun ini nggak?
J: Oh, boleh, boleh. Ada kok anak angkatan 16 (masuk tahun kemarin) yang kasusnya kayak gini. Jadi, yang berminat ikutan ajaa…

T: Apa sih hubungannya IC Serpong sama IC Gorontalo?
J: IC Serpong itu satu ‘yayasan’ istilahnya sama IC Gorontalo. Dua-duanya di bawah Depag. Dan IC itu aslinya cuma ada dua ini di Indonesia. Bedanya, IC Gorontalo itu dikhususkan untuk siswa yang berdomisili di Indonesia bagian timur, kalo IC Serpong untuk yang bagian barat. Kasarannya sih seperti itu. Tapi tergantung pilihan sih. Ntar di formulir pendaftarannya ada pilihannya, mau daftar buat IC Serpong doang, Gorontalo doang, ato IC Serpong dan IC Gorontalo sekaligus. 

T: Biaya?
J: Sudah empat angkatan ini, Insan Cendekia membebaskan biaya 100%. Semua gratis. Mulai dari biaya formulir pendaftaran, SPP, makan, sampai asrama juga gratis. Buku standarnya sih dipinjemin dari perpustakaan. Tapi kalo buat uang saku, transport, dan lainnya yaa, itu sih biaya sendiri. Tapi ternyata, sejak tahun ajaran 2010/2011 dimulai, biaya seragam dan study tour dibebankan kepada siswa, sehingga tidak lagi bebas biaya 100%. Besar biaya antara 3-5 juta rupiah. Untuk lebih jelasnya, silahkan hubungi humas IC dengan mengirim email di humas@ic.sch.id