Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Catat! Batas Waktu Simpan Data Permanen Akun LTMPT SNMPTN 2022

Sumber: Akun IG @ltmptofficial

Halo para pejuang PTN? Pasti masih semangat dong untuk berjuang menempati kursi sebagai mahasiswa-mahasiswi di perguruan tinggi idaman kalian. Nah, salah satu jalur penerimaan PTN adalah SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Walaupun jumlah yang diterima di jalur ini biasanya sedikit, tapi nggak ada salahnya dong kita coba.

Untuk bisa ikut SNMPTN atau dulu dikenal dengan jalur undangan,  siswa harus memiliki nilai yang masuk kategori terbaik di sekolah masing-masing (siswa eligible ditentukan sekolah). Prestasi akademik yang diraih menjadi nilai plus dan memberi peluang besar supaya kalian diterima. Tapi, meskipun kalian punya nilai rapor yang menjulang tinggi dan raihan prestasi yang luar biasa, kalian nggak akan lulus SNMPTN kalau kalian sendiri nggak mendaftar di akun LTMPTN atau Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Bener kan? Kalau pun kalian sudah daftar, tapi nggak simpan data secara permanen juga bakalan sama, nggak bisa ikut SNMPTN. Jadi, penting banget untuk melakukan simpan data permanen ya guys.

Sebenarnya informasi ini udah terpampang di akun IG @ltmptnofficial. Tapi, nggak ada salahnya kalau kita rangkum informasinya supaya lebih mudah dipahami :)

So, Kalau saya mau daftar SNMPTN harus ngapain dong?

Yang pertama, pihak sekolah kalian harus menginput data sekolah (termasuk nilai rapor siswa di dalamnya) di laman LTMPT. Sebenarnya poin ini bukan urusan siswa sih, tapi penting juga diketahui karena akan berdampak ke proses finalisasi akun siswa. Batas waktu finalisasi data oleh pihak sekolah (istilahnya PDSS) ditentukan sampai 11 Februari 2022 pukul 15.00 WIB. Siswa yang sekolahnya tidak melakukan finalisasi PDSS tidak akan bisa melakukan finalisasi data siswa. Artinya alur pendaftaran SNMPTN ini wajib dilakukan penginputan data oleh pihak sekolah, baru kemudian pengisian data secara mandiri oleh tiap-tiap siswa. Intinya, kalian nggak bakal bisa ikut SNMPTN kalau sekolah kalian nggak menyelesaikan administrasi PDSS. So, kalau sekolah kalian yang belum finalisasi data di LTMPT, buruan gih diingetin. Mumpung diperpanjang.

Sekolah Saya Sudah Finalisasi PDSS, Berarti Saya Bisa Langsung Buat Akun di Situs LTMPT ya?

Langkah yang harus kalian lakukan untuk menjadi peserta SNMPTN adalah:
  1. Membuat akun atau melakukan registrasi di situs LTMPT
  2. Catat email dan password akun kalian (supaya nggak lupa)
  3. Upload foto yang disyaratkan
  4. Cek kembali data kalian di akun siswa. Jika ada yang keliru cek cara memperbaiki data di FAQ Halo LTMPT (halo.ltmpt.ac.id)
  5. Finalisasi data
  6. Terakhir cetak/download bukti keikutsertaan kalian dalam SNMPTN 2022. Gampang kan!

Step by Step Registrasinya Gimana ya?

Langkah #1

Registrasi Akun Siswa LTMPT

Buka situs registrasi akun siswa di https://reg.ltmpt.ac.id/. Kemudian pilih daftar di gambar siswa "saya adalah siswa yang memiliki NISN"

Langkah #2

Registrasi Akun Siswa LTMPT

Isikan 10 digit Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), 8 digit Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), tanggal lahir dan kode captcha. Kalau kalian lupa NISN, NPSN, bisa tanya ke operator sekolah atau ke guru. 

Proses selanjutnya silakan diikuti aja ya manteman, insyaAlloh mudah. 
  • Catat email dan password
  • Unggah/upload foto dengan ketentuan:
    • Ukuran foto 4x6 berwarna, dengan latar bebas;
    • Ukuran foto maksimal 300 kb dengan dengan resolusi 200x300 pixels;
    • Format file hanya boleh png/jpg/jpeg;
    • Pas foto portrait, badan tegak, kepala menghadap kamera; 
    • Foto harus fokus dan tajam;
    • Foto bagian kepala tidak boleh tertutup ornamen apa pun
  • Cek kembali data yang sudah diisi

Kalau Pengen Cek NISN Sendiri Gimana ya? 

Kalau mau ngecek NISN sendiri juga bisa. 
  • Klik website ini "Cari NISN";
  • Akan muncul tampilan seperti di bawah, lalu isikan data dengan benar seperti nama,tempat lahir, tanggal lahir, dan nama ibu;
  • Klik captcha "I am not a robot" dan klik "Cari data". 
Pencarian NISN di Data Kemdikbud

Kalau Pengen Cek NPSN Gimana ya? 

Kalau mau ngecek NPSN juga mudah kok. Caranya: 
  • Klik website data referensi kemdikbud di sini "Cari NPSN";
  • Akan muncul tampilan seperti di bawah ini, lalu klik "Data Master Pendidikan" dan pilih "Pendidikan Dasar dan Menengah";

Pencarian NPSN di Data Kemdikbud
  • Setelah itu akan muncul tampilan seperti di bawah ini, lalu klik Provinsi dan Kota/Kabupaten sesuai dengan lokasi sekolah kalian. 
  • Untuk memudahkan, teman-teman bisa memasukkan nama sekolah di kolom pencarian. Tuliskan nama sekolah dengan benar dan kalau tidak menemukan nama sekolah kalian, cek kembali penulisannya. Misalnya ada nama sekolah yang ditulis "SMA Negeri 1 X" dan ada juga yang ditulis "SMAN 1 X". 

Pencarian NPSN di Data Kemdikbud

  • Jika berhasil, data NPSN dapat terlihat seperti di bawah ini (diberi tanda kuning)
Hasil Pencarian NPSN

Proses Finalisasi Data/ Simpan Data Permanen Akun Siswa LTMPT nya Gimana ya? 

Jadwal Simpan Permanen Data Siswa LTMPT

Jadi, pendaftaran SNMPTN tahun 2022 akan dibuka pada tanggal 14-28 Februari 2022. Untuk mendaftar, syaratnya teman-teman harus punya akun siswa LTMPT dan sudah melakukan penyimpanan data permanen/finalisasi data.  

Jadi simpan data permanen siswa penting karena menjadi syarat untuk ikut SNMPTN. Siswa dapat mulai melakukan simpan data permanen mulai tanggal 8 Februari 2022 s.d. 15 Februari 2022. Caranya tinggal klik simpan data secara permanen (ada tombolnya). Setelah data disimpan permanen, semua data dikunci dan tidak bisa diubah dengan alasan apapun ya.

Semoga Sukses. Siapkan strategi terbaik dalam memilih Prodi impian kalian ya!

***

Posting Komentar untuk "Catat! Batas Waktu Simpan Data Permanen Akun LTMPT SNMPTN 2022"